Jalani Hidup Apa Adanya

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Jalani hidup apa adanya tentunya sangatlah baik sekali jika bisa diterapkan, karena dengan menjalani hidup apa adanya, bisa membuat kita semakin memahami makna kehidupan. Hidup apa adanya dan syukuri semua yang sudah dipunya, itu akan lebih menenangkan diri, tidak perlu banyak pencitraan hanya agar disukai orang dan juga tak perlu banyak berpura-pura untuk menutupi kekurangannya. ‘’ Kita akan merasa capai jika hidup hanya untuk pencitraan dan penuh dengan kepura-puraan, menjadi diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan akan membuat  hidup tenang dan damai. ‘’ Tetapi faktor lingkungan, sosial dan perkembangan teknologi yang begitu cepat serta adanya informasi dari berbagai sumber yang bisa masuk kapan saja tanpa diminta tentu membuat tidak mudah menjalani hidup apa adanya. Yang juga tidak boleh ditingggalkan adalah  terus mengasah kemampuan diri dan membuat pencapaian-pencapaian baru dalam hidup agar kita bisa bersaing dengan kondisi yang ada, sehingga pada saat kita sudah sukses nantinya, kita tak akan lagi pusing berlagak sok sukses. 

Saya mempunyai teman lelaki yang ‘’ menjalani hidup tidak apa adanya ‘’ dia berusaha betul membangun pencitraan/citra diri bahwa keluarganya adalah keluarga yang harmonis, rukun dan bahagia. Kemesraan dan perhatian terhadap istri dan anak-anaknya selalu ditunjukkan di depan orang, baik pada saat bertemu dengan teman-temannya, saudara-saudaranya atau pada saat acara-acara tertentu. Tetapi pada kenyataannya tidaklah demikian. Karena saya akrab dengan keluarganya , beberapa kali saya sempat ngobrol berdua dengan istri teman saya. Istri teman saya sering mengeluh kepada saya bahwa, dia bosan dengan hidup yang dijalani dan sudah tidak tahan hidup dengan kepura-puraan. Selama ini suaminya hanya membangun pencitraan saja didepan orang dan hidup dalam kepura-puraan dengan menunjukkan seolah-olah keluarganya harmonis dan penuh kebahagiaan. Padahal kenyataannya tidak demikian.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Selama ini ternyata teman saya asyik dengan dunianya sendiri dan kurang membangun kebersamaan dengan keluarga. Liburan atau rekreasi bersama yang seharusnya bisa dilakukan dengan keluarga juga jarang dilakukan karena waktu libur biasanya digunakan untuk berkumpul dengan teman-teman di komunitasnya. Berpergian sekeluarga hanya dilakukan jika ada acara berkumpul dengan keluarga besarnya. Istri dan anak-anaknya lebih banyak dirumah dan hanya bertemu dengan teman saya jika sudah larut malam dan itu sudah berlangsung bertahun-tahun sejak punya 1 anak sampai anak yang ke 3. Walaupun segala kebutuhan hidup dan materi tercukupi, istri dan anak-anak teman saya seperti hidup dalam sangkar emas. 

Mendengar cerita istri teman saya tentu saya ikut prihatin dan menyarankan untuk membangun komunikasi dengan suaminya dan bila perlu bisa konsultasi dengan orang-orang yang bisa dipercaya ( orang tua, pembimbing rohani ataupun psikolog keluarga ) agar masalah keluarganya bisa diselesaikan dengan baik dan hidup keluarganya menjadi harmonis, tidak hidup dengan kepura-kepuraan. Karena sungguh capai kalau setiap hari hanya hidup dengan kepura-puraan.  ‘’ Jalani hidup apa adanya ‘’  tentu akan sangat  membahagiakan karena semuanya berjalan dengan alami, dijalani dengan ikhlas, terbuka apa adanya tanpa ada yang ditutup-tutupi sehingga menjadikan hidup terasa tenang, damai dan bahagia.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat ..!! Roda kehidupan selalu berputar, kadang di atas kadang di bawah. Sebagai manusia tentu harus selalu bersyukur sekecil apapun yang kita dapatkan, tentunya tanpa mengeluh. Sebagai manusia Kita tidak bisa menyenangkan semua orang, tetapi yang penting jalanilah semua dengan ikhkas dan selalu berusaha hidup tanpa kepura-puraan, menjadi diri sendiri dan jangan terlalu membangun pencitraan yang berlebihan. Sungguh capai jika menjalani hidup penuh dengan kepura-puraan dan pencitraan. “ Jalani hidup apa adanya ‘’ dan tidak perlu iri dengan kesuksesan orang lain, bangunlah kesuskesan sendiri tanpa harus membuang-buang waktu dan energy untuk memikirkan citra yang kita tampilkan di dapat ndepan orang lain. ‘’ Jika ingin hidupmu bahagia, jalani hidup apa adanya, tanpa kepura-puraan apalagi hanya pencitraan semata, karena kunci bahagia itu sederhana, yaitu bisa menikmati hidup apa adanya ‘’

Dalam menjalani kehidupan, tentu banyak sekali pelajaran hidup yang sudah didapatkan, ambillah pelajaran yang baik dan buanglah yang tidak baik. Jalani hidup dengan rasa syukur.  Tetap menjadi diri sendiri dan tak perlu malu dan takut dengan kondisi dan keadaan kita seperti apa, karena yang menjalani adalah kita bukan orang lain. Jujur dan simpel untuk bisa menikmati hidup dengan cara yang menyenangkan. Kunci kebahagiaan adalah menjalani hidup apa adanya. Agar kita bisa menjalani hidup apa adanya tidak ada salahnya mencoba langkah-langkah sbb :

1..Bersyukur dengan apa yang ada padamu saat ini.

Manjalani hidup apa adanya adalah menjalani hidup ini dengan rasa syukur walaupun harus mengalami berbagai lika-liku kehidupan yang harus dijalani. Sesulit apapun cobaan yang dihadapi, besar kecilnya rezeki yang diperoleh tetaplah bersyukur karena kunci kebahagiaan adalah pada jiwa yang bersyukur dalam segala keadaan dan situasi. Bersyukurlah selalu, karena bukan bahagia yang menjadikan kita bersyukur, tetapi bersyukur yang menjadikan kita bahagia.

Gambar : Dokumentasi pribadi

2..Terapkan gaya hidup sesuai dengan kemampuanmu

Kalau mau hidup apa adanya maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengabaikan gengsi. Hal itu bisa dimulai dengan cara menerapkan gaya hidup apa adanya  sesuai dengan kemampuanmu dan jati dirimu sendiri, dengan demikian kita tidak perlu mengikuti gaya hidup orang lain. Justru dengan menjadi diri sendiri dan menjalani hidup apa adanya, orang lain akan lebih nyaman berteman dan dekat dengan kita. Kita sendiri bisa menjalani hidup dengan tenang, damai dan bahagia.

3.. Fokus pada kebahagian sesuai  standarmu sendiri.

Menjalani hidup apa adanya adalah mencoba untuk selalu menjalani hidup ini dengan hati bahagia. Kebahagiaan dalam menjalani hidup ini adalah tergantung pada diri kita sendiri dan bukan pada orang lain, karena itu fokuslah pada kebahagiaan berdasarkan standar dirimu sendiri bukan bahagia berdasarkan standar orang lain, tetapi kebahagiaan yang memang murni dari hatimu sendiri. Jika kamu fokus pada kebahagiaanmu sendiri maka dengan sendirinya kamu pun juga akan hidup secara apa adanya dan tidak  memusingkan apa kata orang tentang apa yang kamu lakukan karena yang penting dirimu bahagia. 

4.. Jalani pilihan hidup yang menurutmu benar

Setiap orang mempunyai pilihan hidup yang bebeda, karena itu menjalani hidup apa adanya ialah dengan menjalaninya berdasarkan keyakinanmu terhadap pilihan hidup yang menurutmu benar. Dengan kata lain kamu hanya perlu menjalani hidup dengan mengikuti prinsipmu sendiri. Karena yang tahu apa yang terbaik untuk hidupmu ya dirimu sendiri, dengan demikian  dirimu bisa hidup secara apa adanya sebagai dirimu sendiri karena memang kamu tahu jalan hidup yang kamu pilihan merupakan yang terbaik. 

5.. Jangan terlalu memusingkan komentar orang lain

Menjalani hidup apa adanya harus mempunyai prinsip yang kuat dan tidak mudah terpengaruh oleh komentar orang lain, apalagi yang berniat menjatuhkan. Jadi mulai sekarang belajarlah untuk bersikap masa bodo dengan kritik dan komentar yang tidak membangun atau berniat menjatuhkanmu.  Yakin dan banggalah  terhadap dirimu sendiri dan jalanilah hidup apa adanya dan tidak ada kepura-puraan atau  pencitraan semata.   

6.. Buat rencana hidupmu sendiri sesuai dengan standarmu.

Masa depanmu ada ditanganmu sendiri , karena itu menjalani hidup apa adanya dengan cara membuat rencana kedepan sesuai dengan standar dan kemampuanmu bukan berdasarkan standar atau eskpektasi orang lain. Dengan demikian kamu jadi tahu arah tujuan hidupmu dan menjalaninya dengan apa adanya saja. Mengejar kebahagiaan serta kesuksesan bukan untuk memenuhi ekspektasi orang, tapi demi dirimu sendiri.

Gambar : Dokumentasi pribadi

‘’ Ketika kita bisa mengucap syukur, maka kita bisa menjalani dan menikmati hidup apa adanya  dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kita punya. “ Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, hal tersebut adalah takdir yang harus kita pahami dan mengerti maknanya. Maka dari itu jangalah pernah iri dan mencoba untuk menjadi seperti orang lain.   ‘’ Jadilah dirimu sendiri apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihanmu, karena potensi dan kekuatanmu akan muncul jika kamu bangga dengan dirimu sendiri. ‘’ Dengan memiliki jati diri maka kita akan dapat  ‘’ Jalani hidup apa adanya ‘’ Mungkin tidak mudah dan terlihat sulit di tengah hiruk pikuk masyarakat yang terus berkembang akibat modernisasi, karena  setiap hari selalu ada hal-hal baru, teknologi canggih dan pembaharuan dalam berbagai bidang yang sulit untuk ditinggalkan, tetapi percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa menjalni hidup apa adanya.  Setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi memang ada baiknya kita juga perlu mengetahui, tetapi yang paling penting kita tidak larut oleh perubahan yang terjadi dan tetap mempunyai prinsip sendiri sesuai dengan jati diri yang dimiliki. Menambah wawasan dan pengetahuan tentu tetap diperlukan tetapi menjadi diri sendiri akan memampukan kita untuk menghadapi setiap perubahan yang terjadi dalam hidup ini. Amin…

‘’ Jika ingin hidupmu bahagia, jalani hidup apa adanya, tanpa kepura-puraan apalagi hanya pencitraan semata, karena kunci bahagia itu sederhana, yaitu bisa menikmati hidup apa adanya ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,349 Pengunjung