Menjalani Hidup Harus Semangat

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Menjalani hidup harus Semangat, kalimat itu saya dengar dari seorang petugas parkir berusia 72 tahun yang sering saya jumpai pada saat saya mengantar istri beerbelanja di pasar Godean – Sleman Yogyakarta. Pak Kojak namanya, walapun sudah lanjut usia, tetapi semangatnya luar biasa dalam menjalankan tugasnya sebagai petugas parkir. Suara pak Kojak masih terdengar lantang, gerakannya masih lincah, bahkan dalam menjalankan tugasnya sambil berlari-lari kecil kadang masih dilakukan jika ada customernya yang membutuhkan bantuan dan kebetulan dia masih ada ditempat yang cukup jauh. Semangat dan stamina pak Kojak tidak menunjukkan kalau usianya sudah 72 tahun.

Saat ada kesempatan ngobrol dengan pak Kojak, saya bertanya…’’ sudah berusia lanjut kenapa masih bekerja keras mencari uang dengan menjadi petugas parkir, apakah tidak kecapaian…? ‘’ dengan Semangat pak Kojak menjawab ‘’ menjalani hidup harus semangat, dengan begitu bekerja jadi tidak terasa capai, walaupun harus bekerja sebagai petugas parkir dari jam 05.30 sd 12.30. Dengan selalu bersemangat maka hati juga menjadi senang dan pelanggan saya juga ikut senang ‘’  demikian jawaban pak Kojak. Waktu saya bertanya, sehari dapat berapa duit dan duitnya untuk apa pak Kojak…? dan mau bekerja sampai kapan…? Pak Kojak menjawab  ‘’ sehari dapat Rp. 50.000 sd 75.000, uang hasil bekerja buat bantu anak dan cucu dan akan bekerja sampai sekuatnya, selama badannya sehat dan masih kuat akan tetap terus bekerja ‘’ Sungguh luar biasa semangatnya pak Kojak, semoga sehat selalu ya pak, demikian kata saya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pak Kojak sungguh luar biasa, selain semangat dalam bekerja, dia juga sangat ringan tangan dan sering membantu pelanggannya membawakan belanjaannya ke motor atau mobil pelanggannya dan membantu menyeberangkan pelanggannya atau orang lain yang mau menyebrang jalan. Untuk seorang yang berusia 72 tahun semangat dan daya juangnya memang layak untuk ditiru. Melihat semangat pak Kojak membuat saya perlu belajar banyak darinya. Semoga saja banyak orang yang mempunyai semangat yang sama seperti pak Kojak sehingga membuat hidup terasa dinamis dan berarti. Terima kasih pak Kojak untuk pembelajaran hidup yang sangat berharga.

Pembaca yang hebat…!! Saya sering bertemu dan berbincang-bincang dengan beberapa orang seperti pak Kojak, bahkan ada beberapa ibu-ibu yang sudah berusia lebih dari 80 tahun masih memiliki semangat bekerja mencari nafkah, dengan menyusuri jalan untuk berjualan makanan seadanya untuk menghidupi keluarganya. Mereka adalah orang-orang yang luar biasa yang memiliki prinsip ‘’ menjalani hidup harus semangat. ‘’ Dengan segala keterbatasannya mereka mempunyai semangat pantang menyerah dalam menjalani hidup ini.  Walaupun harus menghadapi cuaca panas atau hujan, bahkan kadang ada yang harus beristirahat / tidur di emperan toko dan dihadapkan dengan berbagai kesulitan dan penderitaan mereka tetap berjuang sampai batas maksimal kemampuannya.

Bagaimana dengan Anda…? Apakah Anda masih punya semangat seperti pak Kojak dan mereka-mereka yang sudah berusia lanjut, tetapi tetap semangat berjuang dengan segala keterbatasannya. Kalau saat ini, anda mungkin lebih muda dan diberikan tubuh yang sehat , apakah juga mempunyai semangat seperti pak Kojak dan yang lainnya, yang walaupun berusia 72 tahun dan bahkan lebih dari itu, masih mempunyai semangat yang luar biasa untuk menafkahi keluarganya. Atau justru sebaliknya….. ? Walaupun masih muda, mempunyai tubuh sehat tetapi mudah sekali mengeluh bahkan gampang menyerah dan tidak mau berusaha dengan maksimal . 

Gambar : Dokumentasi pribadi

Dalam menjalani hidup, setiap orang selalu diperhadapkan dengan berbagai macam tantangan dan kesulitan. Menghadapi berbagai macam persoalan yang begitu kompleks, kadang-kadang membuat kita bingung, sepertinya jalan yang kita temui buntu, tidak mengerti lagi apa yang harus dilakukan, tetapi jangan pernah kehilangan semangat. Agar semangat itu terus menyala dalam menjalani hidup maka ada beberapa hal yang harus kita lakukan :

1..Jangan padamkan semangatmu.

‘’ Seberat dan sesulit apapun masalah yang dihadapi, jangan pernah padamkan semangatmu, karena seberat dan sesulit apapun masalahmu akan bisa diatasi jika masih ada semangat dalam menjalani hidup ‘’ karena semangat itu seperti api yang menghidupkan, seperti air yang menyegarkan dan seperti angin yang menggerakkan. Semangat  akan menghasilkan kemauan untuk kita bergerak meraih harapan. Karena itu nyalakan terus api semangat dalam hidupmu selama kita masih bernafas. 

2..Jangan bediam diri.

‘’ Ketika menghadapi persoalan jangan berdiam diri dan menunggu, tetapi teruslah berusaha untuk menemukan solusi dan jalan keluar ‘’ Kita harus berusaha dan berdoa ( ora et labora ) memohon pertolongan kepada Tuhan sesuai dengan keyakinan kita dan berseru dengan iman melalui doa. Kita juga bisa meminta petunjuk atau berkonsultasi kepada mereka yang kita anggap mempunyai kemampuan untuk membantu kita. Yang penting jangan hanya berdiam diri dan terus berusaha semaksimal mungkin agar ada jalan keluar atau solusi dari permasalahan yang dihadapi. 

3..Jangan terpengaruh oleh keadaan.

‘’ Seringkali kita bingung bahkan sampai putus asa, karena kita hanya fokus pada persoalan dan keadaan yang terjadi, karena itu jangan terpengaruh oleh keadaan , tetapi fokuslah pada solusi bukan pada  besarnya persoalan dan masalah yang dihadapi. ‘’  Jika kita terpengaruh oleh keadaan yang harus dihadapi akan membuat kita menjadi  lemah tak berdaya, lelah, capek, marah, patah semangat dan kecewa. Seberat apapun persoalan yang  sedang kita hadapi  percayalah Tuhan akan memberi jalan keluar selama kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh dan berserah kepada-Nya. Melalui doa akan mampu menutup mata jasmani kita sehingga kita tak mudah terpengaruh oleh keadaan dan kenyataan pahit yang sedang terjadi dalam hidup kita.           

4..Jangan menyerah.                                       

‘’ Jangan ada kata menyerah, tetap semangat dan teruslah berjuang, karena sikap pantang menyerah adalah jalan yang akan membawa kepada perbuatan iman untuk menerima pertolongan dari Tuhan. ‘’ Orang  yang pantang menyerah tetap kuat pada pendiriannya, dan  tidak putus-putusnya untuk tetap berusaha dan berdoa memohon pertolongan-Nya. Orang  yang pantang menyerah dapat menarik perhatian Tuhan.  Apapun yang  sedang anda alami saat ini, jangan menyerah,  tetap berharap pada  pertolongan Tuhan. Karena Dia  tidak akan meninggalkan orang  yang selalu berharap kepada-Nya.

5..Jangan lupa selalu bersyukur. 

Kehidupan ini akan selalu berputar kadang di atas suatu saat di bawah. Ada kegembiraan tetapi juga ada kesedihan. Selalu ada dua sisi yang akan terjadi. Tetapi apapun kondisi yang Anda hadapi saat ini tetaplah mengucap syukur, karena ‘’ dibalik ucapan syukur ada kekuatan dahsyat yang akan memampukan kita untuk mengatasi apapun persoalan yang dihadapi, karena itu tetaplah bersyukur sesulit apapun kondisi yang kita hadapi. ‘’ Ketika kita bisa mengucap syukur, maka kita bisa menjalani dan menikmati  hidup apa adanya dengan segala kelebihan dan kekurangan.

Gambar : Dokumentasi pribadi

‘’ Hidup di dunia ini memang diwarnai dengan berbagai permasalahan, tetapi orang yang mempunyai semangat akan memiliki kekuatan untuk menghadapinya. ‘’ Karena sesulit apapun tantangan dan masalah yang harus dihadapi, akan bisa diatasi jika masih ada semangat dalam menjalani hidup ini. Berapapun usia kita sekarang, seberat dan sebesar apapun persoalan hidup yang harus dihadapi, jangan pernah padamkan api semangatmu dalam menjalani hidup, karena ‘’ walaupun kekehidupan yang kita jalani terasa berat, selama kita tetap punya semangat berjuang, tetap percaya dan berserah pada Tuhan, pasti semua akan dapat kita jalani dengan baik ‘’ Amin…

‘’ Hidup di dunia ini memang diwarnai dengan berbagai permasalahan, tetapi orang yang mempunyai semangat akan memiliki kekuatan untuk menghadapinya ‘’

(.F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,194 Pengunjung