Jangan Takut Dengan Perubahan

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Perubahan adalah sesuatu yang pasti sampai kapanpun, tetapi sebagai manusia, terkadang kita berharap tidak ada yang berubah dalam hidup kita. Apalagi jika selama ini kita hidup dalam kondisi nyaman, serba kecukupan, terkenal, dihormati banyak orang, menduduki jabatan bergengsi, dalam keadaan sehat dan memiliki keluarga yang suportif, harmonis dan hal-hal menyenangkan lainnya. Rasanya kita tidak ingin semua yang indah dan baik itu harus berlalu dan sebisa mungkin hal itu akan terus berlangsung selama mungkin, tetapi apakah hal itu bisa terjadi…? Kita semua pasti sudah tahu jawabannya, bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini dan pasti perubahan akan selalu terjadi dalam hidup ini, apakah kita siap atau tidak siap menghadapinya dan bisa menerimanya atau tidak. “Perubahan tidak bisa dihindari.” – Perubahan itu konstan ( Benjamin Disraeli )

Setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan ini pasti akan membawa dampak. Perubahan itu bisa saja membuat kehidupan kita menjadi lebih baik, namun bisa pula sebaiknya. Itulah mengapa, kita harus selalu siap dengan perubahan, karena perubahan bisa terjadi kapan saja. Kita tak bisa melawannya dengan menghindarinya, tetapi kita bisa beradaptasi dengannya. Jadi, kita tak perlu cemas dan mengkhawatirkan perubahan, ‘’ jangan takut dengan perubahan ‘’ karena perubahan itu sesuatu yang alami jika kita bisa menyikapinya dengan sikap positif dan adaptif. Perubahan tidak selalu berakibat buruk bahan bisa membawa kebaikan untuk kita. Karena itu perubahan apapun yang terjadi dalam hidup ini jika kita siap menghadapinya semua itu akan bisa dijalani dengan baik.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Anak saya yang paling besar ( Vina ) di awal tahun ini mengalami perubahan besar dalam hidupnya. Pada saat dalam posisi puncaknya sebagai wanita karier yang memimpin salah satu cabang  Perusahaan Pembiayaan bersekala nasional di Jakarta, dia harus memilih apakah harus tetap bekerja atau mengasuh anaknya yang saat itu masih berusia 1 tahun. Jika memilih bekerja maka dia harus siap setiap hari pulang diatas jam 21.00 dan hari liburpun kadang masuk kerja, akibatnya hampir  tidak ada waktu untuk anaknya. Tetapi jika dia memilih mengasuh anaknya dan memberi ASI sacara rutin pada anaknya dia terpaksa harus berhenti kerja. Memang pilihan yang tidak mudah, tetapi Vina mengambil pilihan keluar dari pekerjaan dan lebih baik mengasuh anaknya yang sedang dalam masa pertumbuhan dan butuh pendampingan. Pilihan yang diambil tentu membawa perubahan besar terjadi dalam hidupnya dari seorang wanita karier yang masih muda dan sukses menjadi seorang ibu rumah tangga. Saya percaya perubahan itu akan bisa dijalani dengan baik oleh Vina, karena memang sejak awal dia sudah tahu dan siap dengan resiko yang harus dihadapi.

Anak saya yang ke 2 ( Vani ) juga mengalami perubahan besar dalam hidupnya. Sejak kecil, remaja dan menjadi dewasa selalu hidup bersama orang tua, dibawah naungan dan bimbingan orang tua sekarang harus berpisah dengan orang tua dan harus hidup mandiri di Jakarta, karena akhir tahun lalu dia diterima bekerja di suatu perusahaan dan harus menetap di Jakarta. Kondisi kota Yogyakarta yang sangat berbeda dengan kota Jakarta dan harus berpisah dengan oang tua yang selama ini menjaga dan mendampinginya tentu membawa perubahan besar dalam hidupnya, tetapi saya yakin Vani pasti bisa menghadapi perubahan itu karena sejak awal memang dia sudah mempersiapkan diri dengan kondisi itu dan sudah menyadari konsuekensi dari setiap keputusan yang diambil. Walaupun terjadi perubahan besar dalam hidupnya tetapi dia yakin dan optimis dengan pilihan yang diambil, karena semua itu untuk menggapai masa depan yang diimpikannya.

Pembaca yang hebat..!! Dalam menjalani hidup ini, kita akan selalu dihadapkan dengan berbagai perubahan. Perubahan dalam hidup akan terus terjadi kapan saja dan dapat menimpa siapapun. Misalnya, pergantian pimpinan di kantor, tugas kantor yang berubah atau bertambah, jabatan yang berubah, pindah kerja, pindah ke kota lain, perubahan status dalam hubungan asmara, perubahan kebiasaan sehari-hari, dan lain sebagainya. ‘’ Sesuatu yang pasti dalam hidup ini adalah perubahan, karena itu jangan takut dengan perubahan, karena semua orang pasti mengalaminya, hanya cara menyikapinya yang mungkin berbeda.’’ Kita tahu bahwa hidup ini bersifat dinamis. Perubahan menjadi sesuatu yang tidak terelakkan dan harus kita lalui. Kalau kita takut dengan perubahan, lalu bagaimana kita bisa berkembang? Padahal dari perubahan, kita bisa terus belajar dan menggali berbagai pengalaman berharga.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pola hidup yang stagnan dan tidak pernah berubah tentu akan sangat membosankan dan perubahan adalah bumbu penyedap dalam hidup, meskipun kadang menimbulkan goncangan emosional, tetapi  Jika kita bisa menghadapinya dengan bijak kita bisa memanfaatkan perubahan itu menjadi sesuatu yang baik untuk kita. Ketakutan dengan perubahan hanya akan membuat kita stress dan menjadi tidak bersemangat dan pada akhirnya kita juga yang akan menderita kerugian. Sebaliknya, kita bisa menjadikan perubahan sebagai sebuah pembelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Ada berbagai alasan kenapa kita tidak boleh takut dengan perubahan :

1..Perubahan itu pasti akan terjadi.

Selama kita hidup perubahan itu pasti akan terjadi dalam hidup ini dan kita tidak mampu untuk menolak atau menghindarinya. ‘’Perubahan adalah hal yang alami dan pasti terjadi, karena itu kita  harus menyikapinya dengan sikap bijak dan positif, percayalah Tuhan pasti memberi kemampuan kepada kita  mengatasi setiap perubahan yang terjadi dalam hidup ini.’’

2.. Perubahan belum tentu buruk bahkan bisa berdampak baik

‘’ Perubahan yang terjadi tidak selalu berakibat buruk, bahkan bisa jadi perubahan tersebut membawa pengaruh yang positif dan membawa kebaikan untuk kita, jika kita menyikapinya dengan baik dan benar .‘’ Setiap perubahan akan membuat kita berpikir bagaimana caranya menyesuaikan dan beradaptasi dengan perubahan itu, dengan demikian membuat kita akan berpikir dan bekerja lebih kreatif dalam segala hal, dengan demikian akan menambah wawasan dan pengetahuan kita juga akan semakin meningkat dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3.. Perubahan pasti bisa kita atasi

‘’ Perubahan apapun pasti bisa kita atasi jika punya niat dan semangat untuk mengatasinya, karena rasa cemas, kuatir dan ketakutan itulah yang menghambat kita dalam mengatasi perubahan yang terjadi ‘’. Kita seringkali  kuatir dan ketakutan terlebih dahulu menghadapi perubahan, bahkan sebelum perubahan tersebut benar-benar terjadi, padahal sejak kecil sampai sekarang kita sudah melalui banyak perubahan dari yang kecil sampai yang besar dan semua bisa kita atasi. Hal tersebut menandakan apapun perubahan yang terjadi bisa dilewati. 

Gambar : Dokumentasi pribadi

Perubahan merupakan hukum alam, seperti siang yang berganti malam, kemarau berganti musim hujan, demikian seterusnya akan terjadi.  Bahkan disadari atau tidak, kita selalu berubah dari waktu ke waktu dan umur semakin bertambah hitungannya. Perubahan adalah hal yang alami dan akan terjadi pada semua manusia dan Tuhan pasti memberi kemampuan kepada setiap insan-Nya untuk dapat mengatasi setiap perubahan yang harus terjadi, karena  ‘’ perubahan itu alami, Jangan takut untuk menghadapinya karena kita mempunyai kemampuan untuk mengatasinya, pikiran kita yang membatasinya seolah kita tidak mampu menjalaninya ‘’   Kita mungkin merasa khawatir atau was was dengan adanya perubahan, bahkan sebelum perubahan tersebut benar-benar terjadi. Dalam hal ini, kita akan cenderung memikirkan hal-hal buruk dibandingkan hal-hal baik yang diakibatkan oleh sebuah perubahan. Padahal, hal-hal buruk tersebut belum tentu terjadi dan mungkin hanya buah pikiran kita semata sehingga kita tidak perlu takut menghadapinya.  

Memang sangat manusiawi bila kita bersikap defensif atau waspada terhadap suatu perubahan, tetapi, sikap defensif yang berlebihan hanya akan menghalangi kita dalam menerima setiap perubahan yang terjadi dalam hidup. Karena itu, tanamkan pikiran positif saat akan menghadapi perubahan. ‘’ Hanya mereka yang siap dengan perubahan yang akan bertahan, tetapi mereka yang terlena dan puas dengan keadaan sekarang, berpeluang lebih menderita kala perubahan itu datang. ‘’ Perubahan bisa datang secara perlahan, juga bisa datang secara tiba-tiba, karean itu bersiaplah selalu dengan perubahan yang pasti akan datang.

‘’ Sesuatu yang pasti dalam hidup ini adalah perubahan, karena itu jangan takut dengan perubahan, karena semua orang pasti mengalaminya,hanya cara menyikapinya yang mungkin berbeda ’’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,349 Pengunjung