Mas Adi Yang Adaptif

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Kondisi saat ini sangat tidak mudah dan itu semua tentu dialami hampir semua orang. Pandemi covid 19 membawa perubahan dari berbagai aspek kehidupan. Walaupun saat ini kondisi sudah mulai membaik tetapi untuk mereka yang menempuh pendidikan ( sekolah atau kuliah ) dan yang bekerja atau mencari nafkah harus menyesuaikan dengan keadaan. Tidak hanya karena akibat pandemic covid 19, tetapi digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan menuntut setiap orang harus menyesuaikan diri dengan keadaan itu jika tidak ingin ketinggalan dan agar bisa bertahan. Ada orang yang bisa tetap eksis karena ‘’ bertahan dengan sikap adaptif ‘’ tetapi tidak sedikit juga yang mengalami kejatuhan dan akhirnya menyerah karena tidak siap menyesuaikan diri dengan kondisi yang ada akibat pandemi covid 19 dan karena adanya digitalisasi.

Pengertian ‘’ Adaptif ‘’ dalam KBBI adalah ‘’ mudah menyesuaikan diri dengan keadaan ‘’ Dalam situasi seperti saat ini mereka yang mempunyai sikap adaptif  mampu menyesuaikan diri dan melihat adanya peluang serta mengoptimalkannya. Sikap adaptif, fleksibel dan mampu berpikir positif menjadi pemandu agar mampu melewati krisis dengan baik. Adaptasi dan sikap fleksibel menjadi kunci untuk bisa melalui pandemi covid 19 dengan baik. Segala keterbatasan yang ada justru dipakai sebagai peluang untuk berubah dan keluar dari permasalahan yang dihadapi dan menggunakan setiap peluang yang ada sebagai kesempatan untuk mengembangkan diri. Mereka yang bersikap adaptif akan bisa bertahan dengan perubahan apapun yang tejadi dan dengan cepat bisa menyesuaikan dengan situasi yang ada dengan berbagai perubahannya.

Istri saya mempunyai langganan seorang penjual sayur yang setiap hari berkeliling menggunakan sepeda motor dalam menjual dagangannya di komplek perumahan tempat saya tinggal, ‘’ mas Adi ‘’ kami biasa memanggil namanya. Mas Adi berusia 26 thn dan sudah berkeluarga,  mempunyai 2 anak usianya 4 tahun ( laki-laki ) dan 6 bulan ( perempuan ) dan bertempat tinggal Grabag – Jambu ( 40 Km dari kota Yogyakarta ). Jam 05.30 mas Adi biasanya sudah sampai di perumahan dan langsung melayani warga yang membutuhkan sayur, buah, ikan dll. Sekitar jam 08.00 mas Adi sudah keluar dari perumahan dan memasarkan dagangannya ketempat lain. Sekitar jam 12.00 biasanya dagangannya sudah habis dan pulang kerumah. Sampai dirumah jam 14.00 berkumpul dengan istri dan anak-anaknya terus beristirahat. Jam 00.00 dini hari mas Adi menuju pasar Muntilan ( 60 menit dari rumahnya ) untuk membeli sayur, buah, ikan dll untuk kebutuhan para pelanggannya. Setelah selesai berbelanja, sekitar jam 03.00 mas Adi meluncur menuju ke kota Yogyakarta dan sampai di kota Yogyakarta jam 05.00 pagi langsung menawarkan daganganya kepada para pelanggannya yang sudah bangun tidur atau yang sudah janjian sebelumnya.    

Perjuangan mas Adi mencari uang sungguh tidak mudah. Setiap hari, jam 00.00 dini hari  harus sudah keluar rumah menuju pasar Muntilan untuk berbelanja sayur, buah dll, setelah itu langsung menuju ke Yogyakarta untuk menjual hasil belanjaannya dan baru kembali ke rumah sekitar jam 14.00. Musim hujan dan kadang disertai angin kencang adalah kondisi yang paling berat, terlebih jika masih diperjalanan, karena akan sangat membahayakan naik motor dengan kondisi semacam itu. Kepanasan atau kehujanan adalah hal yang biasa dihadapi, tetapi itu semua dijalaninya dengan semangat karena wujud tanggung jawabnya kepada keluarganya. Saya sering ngobrol dengan mas Adi, memang orangnya ramah dan menyenangkan. Yang membedakan mas Adi dengan penjual sayur yang lain adalah mas Adi ‘’ mempunyai sikap yang adaptif ‘’. Dalam menjual dagangannya dia memanfaatkan aplikasi yang ada di handphonenya. Mas Adi tidak mau kalah dengan toko-toko retail modern, dia melayani pelanggannya dengan menggunakan aplikasi whatsapp ( WA ) dengan metode  PAB ‘’ Pesan Antar Bayar ‘’. Setiap hari pada saat bertemu pelanggannya atau melalui pesan WA, mas Adi akan menanyakan kepada para pelanggannya , apa yang mau dipesan untuk esok hari…?( sayuran, buah, ikan dll ). Besok paginya pesanan para pelangganya akan dikirim langsung ke rumah. Dengan cara semacam itu dagangan mas Adi lebih cepat terjual habis dibandingkan para penjual sayur yang lain dan barang yang terjual juga jauh lebih banyak. Mas Adi adalah orang yang ‘’ mempunyai sikap yang adatif ‘’ dan bisa dengan cepat menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi sehingga dapat mengatasi perubahan yang terjadi dalam hidup dengan baik.

Pembaca yang hebat…!! ‘’ Ketika perubahan terjadi dan membuat hidup juga berubah, cara pandang dan kebiasaan kita yang lama juga harus berubah dan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi saat ini ‘’ karena itu setiap orang harus  ‘’ Mempunyai sikap yang adaptif ‘’ jika ingin berhasil dalam menjalani hidup. Kemampuan untuk beradaptasi sangatlah diperlukan, karena setiap hari kita dihadapkan pada situasi yang mudah berubah dan berisiko yang menuntut kita untuk cepat mengambil keputusan yang terbaik. Kondisi saat ini membuat banyak hal berlangsung secara berbeda dalam keseharian kita, baik  sesuatu yang rutinitas  dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi sehari-hari. Karena itu, satu kemampuan yang harus kita bangun agar selalu siap menghadapai situasi yang tidak mudah kita prediksi ini adalah ‘’ mempunyai sikap yang adaptif ‘’ atau mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar kita. Dengan bersikap adaptif perubahan apapun yang terjadi tidak akan membuat diri kita terpuruk dan bisa tetap bertahan bahkan bisa berkembang menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. ” Sesuatu yang pasti dalam hidup ini adalah perubahan, karena itu kita harus mampu memahami dan menyesuaikan diri dengan setiap perubahan yang terjadi dan menjalaninya dengan sikap optimis “

‘’ Mempunyai sikap adaptif ‘’ sangat diperlukan setiap orang agar bisa mengatasi setiap perubahan yang terjadi, terlebih dalam kondisi yang tidak mudah seperti sekarang ini. Untuk mengembangkan sikap adaptif setiap orang harus membiasakan diri dengan hal-hal berikut ini :

1.. Tidak menyerah dengan keadaan.

‘’ Kondisi apapun yang terjadi jangan pernah menyerah dengan keadaan, walaupun untuk itu harus menghadapi berbagai masalah, kesulitan dan tantangan. ‘’ Selama masih punya semangat pantang menyerah, apapun masalah yang harus dihadapi pasti akan ada solusi dan jalan keluar, karena dalam setiap masalah selalu beriringan dengan solusi.

2..Memiliki tanggung tanggung jawab dalam tugasnya.

Memiliki tanggung jawab adalah sikap yang harus dimiliki oleh setiap orang yang mau berhasil dalam hidupnya. Orang yang memiliki tanggung jawab tidak akan mudah menyerah menghadapi situasi atau perubahan apapun yang terjadi di sekitarnya. ‘’ Orang yang memiliki tanggung jawab akan melakukan berbagai cara agar bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan benar serta tidak menyerah  oleh perubahan yang terjadi. ‘’ 

3..Mampu memahami dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi.

‘’ Sesuatu yang pasti dalam hidup ini adalah ‘’ perubahan ‘’ karena itu kita harus mampu memahami dan menyesuaikan diri dengan setiap perubahan yang terjadi.  ‘’ Dengan memahami bahwa perubahan selalu akan terjadi maka kita akan terbiasa dengan kondisi itu dan dapat mengerti, memahani serta dapat bertindak menyesuaikan keadaan, bersikap fleksibel dan kreatif  dengan  tidak meninggalkan etik, norma dan aturan yang berlaku. 

4..Berani mengambil keputusan

‘’ Untuk dapat menghadapi segala perubahan dan situasi apapun yang terjadi, kita harus berani menghadapinya dan jangan menghindar, serta berani mengambil keputusan .’’ Keputusan yang diambil tentu dengan mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang terjadi , tetapi tetap dipikirkan juga alternatif solusi yang bisa dilakukan jika terjadi hal yang tidak kita inginkan.

5..Tinggalkan kebiasaan lama yang tidak tepat dan coba seseuatu yang baru.

‘’ Kebiasaan lama bukanlah sesuatu yang buruk, tetapi jika kebiasaan lama itu menjadi hambatan untuk maju dan berkembang, jangan ragu untuk meninggalkannya dan mencoba dengan sesuatu yang baru yang tepat dengan kondisi saat ini ‘’. Kita bisa memulainya dari hal-hal kecil. Walaupun mungkin ada kekurangan atau kegagalan dalam mencoba sesuatu yang baru, tetapi kita bisa belajar dari kekurangan dan kegagalan itu dan mencoba terus memperbaikinya sampai mendapatkan hasil yang paling baik dan tepat. Ingatlah untuk mencapai keberhasilan selalu ada proses yang tidak mudah yang harus dilalui, tetapi percayalah semua itu akan indah pada waktunya.

‘’ Perubahan adalah sesuatu yang alami dan pasti terjadi , karena itu memahami dan membiasakan diri dengan perubahan yang terjadi, juga adalah sesuatu yang alami dan jangan takut untuk  menghadapinya. ‘’ Seorang yang memiliki karakter pemenang adalah mereka yang mampu beradaptasi, menyesuaikan diri dengan  perubahan yang terjadi, mempertahankan norma hidup yang benar, kreatif dan pantang menyerah oleh karena itu  setiap orang yang selalu berpikir positif akan bersikap adaptif, berjuang terus sampai batas maksimal kemampuannya dalam  menghadapi situasi sesulit apapun dalam hidupnya.  Amin….

‘’ Ketika perubahan terjadi dan membuat hidup juga berubah, cara pandang dan kebiasaan kita yang lama juga harus berubah dan menyesuaikan dengan perubahan yang terjadi saat ini ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,349 Pengunjung