Tak Berproses Maka Tak Berprogress

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Setiap manusia dikaruniai oleh Tuhan beragam potensi yang berbeda-beda. Dengan adanya potensi Yang dimiliki itulah, tinggal bagaimana caranya kita sebagai manusia memanfaatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki untuk menggapai mimpi dan cita-cita yang diharapkan. Untuk menggapai apa yang diharapkan tentu harus melalui proses yang panjang dan berliku serta perlu pengorbanan. Tetapi jika semua proses itu berhasil dilalui maka akan ada progress yang didapat karena itulah untuk mencapai suatu progress maka harus ada proses, dengan kata lain ‘’ tak berposes maka tak berprogress ‘’ 

Untuk mendapatkan progress tantangan yang dilaluipun beraneka ragam. Kekurangan yang dimiliki individu itu juga termasuk tantangan dalam menggapai mimpi dan cita-cita, namun itu bukanlah halangan jika kita dapat memaksimalkan potensi yang kita miliki sehingga dapat menutupi kekurangan-kekurangan tersebut. Oleh karena itu, kita tidak boleh hanya berfokus pada kekurangan yang kita miliki saja, tetapi lebih berfokus pada cara meningkatkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Di samping kekurangan individu, masih terdapat faktor lain yang menjadi tantangan untuk berproses dan berprogress meraih mimpi dan cita-cita, salah satunya rasa malas dan kurangnya semangat yang timbul dari diri sendiri.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pada saat anak saya Aurellia memasuki Perguruan Tinggi dihadapkan pada kondisi adanya virus covid 19 yang menyebabkan kuliah tidak bisa diadakan di dalam kelas sehingga harus melalui perkuliahan online. Padahal dia bercita-cita ingin menyelesaikan kuliahnya ( S1 ) sebisa mungkin maksimal hanya 4 tahun, setelah itu akan melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi ( S2 ). Tetapi dengan konidisi seperti itu tentu akan banyak hambatan yang harus dihadapi. Sebagai orang tua kami tetap memberi semangat agar harapan Aurellia dapat terwujud. Dengan semangat dan disiplin Aurellia mengikuti semua perkuliahan yang diadakan, bahkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan Aurellia tidak hanya mengikuti perkuliahan online dari kampus saja, tetapi menambah wawasan dan pengetahuannya dengan mengikuti berbagai seminar baik yang diadakan kampusnya maupun yang diadakan instansi/lembaga lain diluar kampus.

2 Tahun lebih tidak terasa Aurellia bisa menjalani perkuliahan dengan hasil yang baik dan juga mempunyai berbagai sertifikat/penghargaan dari berbagai kegiatan/seminar yang diikuti secara online baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, yang tentu saja akan menambah wawasan dan pengetahuannya untuk bekal nanti meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Sekarang perkuliahan sudah mulai bisa dilakukan di dalam kelas demikian juga kegiatan-kegiatan lain bisa dilakukan dengan bertatap muka langsung. Proses menempuh pendidikan tinggi masih berjalan dan sudah ada progress yang baik. Jalan masih panjang dan tantangan juga masih menghadang, tetapi saya percaya Aurellia akan bisa menggapai mimpi dan cita-citanya karena semua proses dapat dia lalui dengan penuh semangat dan perjuangan yang maksimal. Proses yang dilakukan dengan baik tentu akan menghasilkan progress yang baik juga.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat..!! ‘’ tak berproses maka tak berprogress ‘’ tentu akan berlaku bagi mereka yang malas dan tidak sungguh-sungguh dalam menggapai mimpi dan harapannya, tetapi tidak akan berlaku bagi mereka yang dengan sungguh-sungguh memperjuangkan apa yang menjadi mimpi dan harapannya. Setiap orang yang ingin mendapatkan progress yang baik tentu harus berjuang ekstra keras dengan mengalahkan rasa malas dan berani menghadapi kesulitan dan tantangan yang menghadang baik tantangan dari dalam diri sendiri ataupun tantangan dari luar, serta harus memiliki semangat pantang menyerah dalam memperjuangkan apa yang menjadi mimpinya dan semua itu tentu melalui proses yang tidak mudah.

‘’ Proses itu bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan, ia seperti nafas kehidupan, seperti nyawa yang menghidupkan jiwa, menumbuh-kembangkan akal, juga menggerakan hati dan meluaskan rasa. ‘’ Selama manusia masih mempunyai semangat dalam memperjuangkan apa yang menjadi mimpi dan harapannya maka ia pasti akan berproses. Agar kita bisa melewati semua proses yang harus dihadapi maka kita harus mempunyai sikap mental sbb :

1.. Sabar dan Ikhlas.

‘’ Untuk mencapai suatu keberhasilan tidak ada yang serba instan, bahkan kadang harus melalui jalan yang panjang dan berliku, untuk itu kita harus tetap ikhlas dan sabar dalam menjalaninya. ‘’Apapun kondisi yang dihadapi tetaplah bersabar. Jadikanlah kesabaran itu sebagai teman sejatimu  dalam mengatasi semua tantangan dan rintangan yang harus dihadapi

2.. Lawan rasa malas.

“ Rasa malas menjadi tantangan yang dapat menghambat seseorang dalam menggapai mimpi dan cita-citanya, karena itu kita harus bisa melawan rasa malas. ‘’ Sebuah sikap menutupi kekurangan dengan potensi yang dimiliki merupakan salah satu cara seseorang untuk berproses dan berprogres untuk menggapai mimpi dan meraih cita-cita.

3..Yakin dan Optimis 

‘’ Apapun masalah yang terjadi, hadapi dan jalani dengan penuh keyakinan dan sikap optimis maka kita pasti mampu mengatasinya. ‘’ Keyakinan dan optimisme akan memberi kekuatan iman, pikiran dan fisik kita untuk dapat mengatasi masalah sesulit apapun dalam hidup ini, karena setiap masalah dan kesulitan yang kita hadapi tidak akan melebihi kekuatan kita. Kalau Tuhan ijinkan masalah terjadi dalam diri kita, tentu Tuhan sudah tahu bahwa kita pasti akan mampu mengatasinya.

4..Miliki keberanian.

Berproses tidak seringan membalikkan telapak tangan. ‘’ Kunci berproses ada tiga, berani menghadapi tantangan, berani untuk berjuang, dan berani menjadi pemenang. ’’ Keberanian adalah senjata pamungkas dalam menjalani proses, dan berani ialah satu-satunya cara untuk membunuh ketakutan dan rasa malu. Berproseslah agar engkau tetap hidup dan Beranilah agar engkau terus berproses.

5.. Jangan mudah mengeluh dan menyerah.

‘’ Setiap masalah yang terjadi pasti ada maksud yang baik dibalik semua itu, oleh sebab itu jangan mudah mengeluh, apalagi putus asa dan menyerah seolah tidak ada jalan keluar ’’ Jangan meremehkan Tuhan seakan tidak bisa menyelesaikan masalahmu, yang diperlukan adalah tetap berjuang semaksimal mungkin dan serahkan semua itu pada Tuhan. 

Untuk meraih apa yang di cita-citakan diperlukan sikap optimistis dalam menjalani kehidupan ini serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup. ‘’ Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan merupakan pembentukan pola kehidupan yang akan menentukan masa depan kita,  karena itu  biasakanlah menghadapi kehidupan ini dengan optimis dan jalani prosesnya dengan kesabaran, ikhlas dan penuh rasa syukur ‘’ untuk itu apapun masalah yang terjadi   Jalani saja prosesnya,  karena di balik proses kehidupan yang sulit dan berat pasti ada kebaikan yang luar biasa, pasti ada rencana yang indah dibalik semua itu dan yakinlah bahwa semua itu akan indah pada waktunya. ‘’ Apapun proses hidup yang dialami, jalani dan nikmati saja setiap proses, jangan banyak protes, miliki sikap optimis dan raihlah progress ‘’

Gambar : Dokumentasi pribadi

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, semua orang pasti menginginkan untuk bisa meraih semua harapan dan impiannya, namun pasti ada hambatan dan tantangan yang harus dihadapi, karena itu ‘’ Jalani setiap proses dengan sabar dan ikhlas, lawan rasa malas, yakin dan optimis, jangan menyerah dan dapatkan progressnya. ‘’ Jangan mudah mengeluh, milikilah kesabaran, keyakinan dan optimisme bahwa dengan perjuangan dan usaha yang keras dan selalu mohon petunjuk dan pertolongan dari Tuhan maka impian yang diharapkan pasti akan dapat tercapai. Amin…  

‘’ Apapun proses hidup yang dialami, jalani dan nikmati saja setiap proses, jangan banyak protes, miliki sikap optimis dan raihlah progress ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,031 Pengunjung