Bersikap Masa Bodo – Ada Seninya…!!

0 Comments


Gambar : Dokumentasi Pribadi

Belum lama ini saya membaca sebuah buku  pengembangan diri yang fenomenal yang berjudul ‘’Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat ‘’ yang ditulis oleh Mark Manson seorang bloger yang mewakili generasi saat ini dan diterbitkan oleh penerbit Grasindo. Dalam buku tersebut seorang bloger superstar menunjukkan pada kita  bagaimana kunci untuk menjadi orang yang lebih kuat, lebih bahagia adalah dengan mengerjakan tantangan dengan lebih baik dan keluar dari kebiasaan-kebiasaan yang normal dan dengan pendekatan-pendekatan yang berbeda. Tidak ada salahnya kalau Anda membaca buku ini. Tidak promosi lho…ya !!! Tetapi memang buku yang ditulis oleh Mark Markson ini menarik dan unik.

Sejak diterbitkan di Indonesia pada bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Juni 2019 sudah naik cetak ke XXVI dan sudah ratusan ribu exampler yang terjual, sungguh luar biasa. Manson melontarkan argument bahwa manusia tak sempurna dan terbatas. Begini tulisnya ‘’ tidak semua orang bisa menjadi luar biasa, ada para pemenang dan pecundang di masyarakat,dan beberapa diantaranya tidak adil dan bukan akibat kesalahan Anda ‘’ Manson mengajak kita untuk mengerti batasan-batasan diri dan menerimanya. Inilah sumber kekuatan yang paling nyata. Tepat saat kita mampu mengakrabi ketakutan, kagagalan, dan ketidakpastian.

Gambar : Dokumentasi pribadi

” saat kita mampu mengakrabi ketakutan, kagagalan, ketidakpastian dan berhenti melarikan diri serta berani menghadapi kenyataan yang menyakitkan, saat itulah kita mulai menemukan keberanian dan kepercayaan diri untuk mengatasi masalah apapun dalam hidup ini. “ Seringkali yang terjadi banyak orang lari atau menghindar dari masalah yang terjadi atau bahkan diam saja walaupun ada masalah di depannya. Sikap demikian tentu tidak menyelesaikan masalah justru akan menambah masalah baru, padahal masalah selalu akan ada selama kita masih hidup di dunia ini. Masalah baru akan hilang jika kita sudah tidak ada di dunia.

Pembaca yang hebat…!! Kebanyakan orang membayangkan mental masa bodo ini, tentang sikap seseorang yang cuek, acuh tak acuh, tidak peduli, dan hal-hal negative lainnya. Jika kita melihat sikap masa bodo dengan sudut pandang dan sikap yang benar ternyata masa bodo adalah sikap yang justru akan membuat kita mampu melihat masalah atau persoalan yang dihadapi dengan cara berpikir yang jernih dan merespon dengan sikap yang benar dalam mengatasi setiap masalah yang terjadi, karena masa bodo disini ada seninya yaitu :

Gambar : Dokumentasi pribadi
  • Seni yang 1 – Masa bodo bukan berarti menjadi acuh tak acuh, masa bodo berarti nyaman saat menjadi berbeda. Artinya Kesediaan untuk berani menghadapi kegagalan-kegagalan, tidak peduli dengan kerasnya perjuangan hidup, tidak peduli dengan kesulitan-kesulitan yang dihadapi, tidak malu dengan ejekan-ejekan orang. Orang-orang yang berani menertawakan diri sendiri dan kembali mengerjakan apa yang mereka yakini kalau mereka tahu hal itu benar. Karena itu lebih penting daripada diri mereka sendiri, lebih penting daripada perasaan mereka sendiri dan kebanggaan serta ego mereka sendiri. Mereka hanya peduli dengan teman-teman, keluarga, target hidup yang jelas dan peduli kepada hal-hal yang penting dan besar.
  • Seni yang ke 2 – Untuk mengatakan ‘’ bodo amat ‘’ pada kesulitan, petama-tama Anda harus peduli terhadap sesuatu yang jauh lebih penting dari kesulitan. Misal : Anda lebih peduli / terlalu peduli terhadap , foto baru mantan pacar anda di facebook, remote baterai anda yang cepat mati atau peralatan / perkakas mobil atau motor yang lupa menaruhnya dibandingkan hal-hal yang lebih prinsip dan lebih penting dan bermakna dalam kehidupan Anda, mungkin memikirkan bagaimana mencari cara yang paling produktif untuk memanfaatkan waktu dan tenaga  anda. Karena jika Anda tidak menemukan  sesuatu yang penuh arti, perhatian Anda akan tercurah untuk hal-hal yang tanpa makna dan sembrono.
  • Seni yang ke 3 – Entah Anda sadari atau tidak, Anda selalu memilih suatu hal untuk diperhatikan. Saat kita belia, semua hal terasa baru dan seru, dan semua tampak begitu berarti. Karena itu kita jadi peduli terhadap banyak hal. Peduli terhadap setiap apa yang dikatakan semua orang atas diri kita, tentang cowok/cewek kita mau membalas telephone / WhatsApp kita atau tidak , kaos kaki kita cocok atau tidak dst. Ketika kita beranjak dewasa dan didukung banyak pengalaman dan setelah menyadari bahwa banyak waktu terlewat begitu saja. Kita mulai memperhatikan bahwa sebagian besar hal semacam itu hanya membawa dampak yang kecil dalam hidup kita. Intinya kita semakin selektif terhadap perhatian yang rela kita berikan. Inilah sesuatu yang kita sebut kedewasaan. Kedewasaan muncul ketika seseorang belajar untuk peduli hanya pada sesuatu yang sangat berharga. Seiring bertambahnya usia dan memasuki paruh baya perubahan lain mulai terjadi. Energi kita mulai menurun. Identitas kitapun mulai menguat, kita tahu siapa kita dan kita menerima sepenuh hati , termasuk bagian-bagian yang sama sekali tidak kita banggakan. Kita tidak lagi perlu peduli setiap hal. Hidup berjalan apa adanya dan kita menerima dengan iklas entah baik atau buruk.
Gambar : Dokumentasi pribadi

Bersikap Masa Bodo bukan berarti tidak peduli atau tidak memikirkan dengan masalah atau persoalan yang dihadapi, tetapi bersikap masa bodo adalah sikap yang tidak larut atau tenggelam oleh masalah yang terjadi dengan tetap berpikir positif, karena ”  dalam setiap masalah yang harus dihadapi akan ada hikmah dan pembelajaran yang bisa diambil jika kita mampu melihatnya dengan cara pandang yang benar dan meresponnya dengan sikap yang benar juga “ Apapun problem persoalan yang Anda hadapi  saat ini  ‘’masa bodo ‘’ dengan semua hal itu karena jika Anda yakin dan percaya bahwa semua itu bisa diatasi terlebih jika Anda tahu bagaimana seni mengatasinya maka semua itu akan dapat diatasi dengan baik.

Masalah akan selalu ada karena dengan adanya masalah akan membuat kita semakin dewasa dalam bersikap dan membuat iman kita bertumbuh. ” Masalah apapun akan dapat diatasi, saat kita tidak lari dari kenyataan yang terjadi dan berani menghadapi setiap masalah dengan penuh keyakinan dan berjuang sampai batas maksimal kemampuan yang kita miliki “ karena kita semua pasti tahu bahwa dalam setiap masalah selalu beriringan dengan solusi. Tuhan tidak pernah mencobai umatnya melebihi kekuatannya, jadi masalah apapun akan bisa diatasi jika kita tetap mau berjuang untuk mengatasinya serta tetap bersandar sepenuhnya kepada-Nya. Silahkan mencoba untuk  ‘’ bersikap bodo amat ‘’ terhadap hal-hal yang tidak penting dan lebih focus untuk hal yang lebih bermakna dan lebih besar. Amin…

Sumber referensi : Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat, Mark Manson – Grasindo

” Saat kita mampu mengakrabi ketakutan, kagagalan, ketidakpastian dan berhenti melarikan diri serta berani menghadapi kenyataan yang menyakitkan, saat itulah kita mulai menemukan keberanian dan kepercayaan diri untuk mengatasi masalah apapun dalam hidup ini “

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,267 Pengunjung