Pribadi Yang Tangguh

0 Comments



Kondisi saat ini dengan pandemi covid 19 yang sudah berlangsung cukup lama tentu sangat mengkhawatirkan kita semua, apalagi jumlah korban yang positif terkena covid 19 semakin banyak dan dampak yang ditimbulkan tidak hanya menyangkut masalah kesehatan tetapi juga juga berdampak ke masalah ekomomi. Saat ini Indonesia bahkan  sudah  masuk dalam resesi ekonomi. Banyak perusahaan yang sudah merumahkan karyawannya dan yang tidak mempunyai modal yang besar terpaksa harus menutup usahanya. Untuk perusahaan bermodal besar terpaksa harus memotong gaji karyawannya dan kalaupun tetap beroperasi harus merubah pola bisnisnya labih banyak menggunakan sarana media sosial dan semua itu harus dilakukan agar bisa bertahan.

Dampak krisis ekonomi tentu saja berdampak juga kepada ekonomi dalam keluarga, karena penghasilan pasti menurun atau berkurang, apalagi untuk mereka yang terkena PHK dan tidak bekerja tentu akan semakin pusing memikirkan jalan keluarnya. Walaupun mungkin ada bantuan dari pemerintah tetap tidak bisa menutupi kebutuhan semuanya. Untuk bertahan hidup semua cara tentu harus dilakukan. Untuk menghadapi situasi yang tidak mudah ini setiap orang  harus bisa menjadi ‘’pribadi yang tangguh ‘’ agar bisa tetap bertahan dan bahkan keluar dari setiap masalah dan kesulitan yang dihadapi, karena semua juga tidak tahu kapan pandemi covid 19 ini akan berakhir dan pemulihan ekonomi terjadi.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Menjadi ‘’ pribadi yang tangguh ‘’ adalah menjadi pribadi yang kuat dan tidak mudah menyerah terhadap segala sesuatu yang menimpanya. Seseorang yang memiliki kepribadian yang tangguh melihat segala permasalahan yang terjadi dengan bijak dan melihat dari sisi positifnya. Ia meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi tidak ada yang kebetulan dan ada skenario Tuhan dalam hidup ini. Oleh sebab itu walau apapun yang terjadi dia akan tetap kuat dan siap untuk menghadapinya serta  tetap berpikir positif dan optimis. Dia menyadari bahwa dalam hidup ini segala sesuatunya bisa berubah begitu cepat dan kadang diluar nalar pikiran manusia, tetapi apapun yang terjadi dia menyadari bahwa setiap orang pasti diberi kekuatan untuk menghadapi situasi apapun yang terjadi dalam hidup ini.   

Ada teman saya yang mengalami hal yang tidak mudah dengan situasi yang terjadi saat ini. Sebagai karyawan gajinya berkurang cukup besar karena dipotong oleh perusahaan. Suaminya yang mempunyai usaha kecil juga menutup usahanya karena hampir tidak ada customer yang datang sehingga penghasilan keluarganya berkurang banyak bahkan tidak bisa menutup biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan, belum lagi ada tanggungan yang masih harus perlu diselesaikan, tetapi teman saya dan suaminya itu dengan berbagai cara tetap berjuang agar kehidupan keluarganya harus tetap berjalan. 

Sambil bekerja, diwaktu senggangnya teman saya mencari tambahan penghasilan dengan  berjualan secara online berbagai produk apa saja yang bisa dijual, demikian juga suaminya tidak berdiam diri , dengan dibantu anaknya membuat makanan atau minuman yang bisa dijual serta memproduksi sirup dari hasil karyanya sendiri dan dipasarkan oleh teman saya dan melalui para resaler yang ikut memasarkan sirupnya . Karena usahanya yang keras akhirnya kesulitan ekonomi yang terjadi bisa diatasi bahkan usaha pembuatan sirupnya semakin berkembang dan mempunyai potensi untuk terus dikembangkan dalam sekala yang lebih besar. Kalau semua itu bisa terjadi saya percaya   teman saya dan suaminya adalah ‘’ pribadi yang tangguh ‘’ yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi  situasi sesulit apapun dalam hidup ini.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat..!! Apa sih… yang menentukan sejauh mana seseorang bisa menjalani kehidupan ini..? atau bagaimana ia dapat bertahan dan mampu mengatasi segala permasalahan hidup dan menjadi seorang pemenang bukan pecundang. Kita semua tentu memahami bahwa menjalani hidup dengan baik dan selaras dengan apa yang kita inginkan bukanlah perkara yang mudah serta  diperlukan usaha yang ekstra dan kerja keras. Apa yang yang kita harapkan kadang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Situasi dan kondisi kadang membuat kita tidak tahu apa lagi yang harus dilakukan. Untuk menjadi seorang pemenang kita harus menjadi  ‘’ pribadi yang tangguh ‘’ dan tahan uji agar siap menghadapi setiap tantangan , rintangan bahkan persaingan yang begitu keras.

” Untuk menghadapi segala perubahan dan situasi apapun yang terjadi, kita harus menjadi pribadi yang tangguh, berani menghadapi tantangan, jangan lari dari masalah, serta berani mengambil keputusan “ Bagaimana caranya agar bisa menjadi ‘’ pribadi yang tangguh ‘’ yang selalu siap menghadapi tantangan dan kesulitan yang melanda hidup ini :

1..Jangan pernah menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan dan masalah yang terjadi. 

Kita seringkali menjadi lemah dan lumpuh melihat masalah dan kesulitan yang kita hadapi. Seseorang yang berkepribadian pribadi tangguh harus yakin dan percaya  bahwa apapun masalah yang terjadi dalam hidup ini tidak akan melebihi kekuatannya. Masalah itu selalu beriringan dengan solusi dan setiap orang yang mau berusaha dengan sungguh-sungguh dan berserah kepada-Nya pasti akan dibukakan jalan oleh Tuhan . Jangan pernah menyerah atau merasa kalah dahulu oleh masalah yang  dihadapi tetapi berjuanglah terus sampai menemukan jalan keluar dan percayalah semua itu akan indah pada waktunya.

2..Hadapi masalah dan jangan lari. 

Dalam menghadapi masalah yang terjadi, pribadi yang tangguh akan tetap tenang dan tidak panik apalagi menghindar dan lari dari masalah, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah justru menambah masalah. Semua masalah akan dihadapi dengan pikiran yang jernih dan tetap waspada dalam menyikapi situasi yang terjadi serta dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dan  bijak. Kita seringkali dikalahkan oleh masalah bukan karena kita terlalu lemah, atau masalahnya terlalu berat, tetapi karena kita panik, gugup, cemas , kuatir dan takut. 

3..Tetap optimis dan realistik. 

Menjadi pribadi yang tangguh harus mempunyai sikap optimis dan realistik dalam menghadapi setiap masalah dan dalam menggapai tujuan yang ingin dicapai. Kedua hal itu harus tertanam dalam pikiran serta harus disadari dan dimengerti  bahwa akan ada berbagai kesulitan yang harus dihadapi dalam menggapai tujuan yang ingin dicapai serta harus bersedia membayar harga dengan bekerja keras dan tetap optimis bahwa apa yang diharapkan dapat tercapai walaupun harus menghadapi berbagai rintangan. 

4..Mampu mengontrol diri. 

Menjadi pribadi yang tangguh harus bisa mengontrol diri dalam segala situasi. Situasi dan keadaan bisa berubah setiap saat, kadang perubahan-perubahan yang terjadi diluar kendali dan diluar perkiraan, karena itu kita harus ada kontrol diri yang kuat dalam menghadapi semua itu. Dalam hal ini pengendalian diri menjadi kata kunci, karena dengan pengendalian diri yang kuat akan membuat segala sesuatu bisal dilakukan dengan tepat dan terukur.

5..Mau belajar dari kesalahan dan kegagalan. 

Setiap orang pasti penah melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan, teapi pribadi yang tangguh akan belajar dari kesalahan dan kegagalan yang dialami dan selalu mengevaluasi diri serta belajar dari kesalahan dan kegagalan yang dialami untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik lagi dan tidak pernah takut untuk selalu mencoba dan mencoba lagi.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Dalam menjalani kehidupan saat ini yang penuh dengan kesulitan dan tantangan yang tidak mudah setiap orang harus mempunyai kepribadian yang tangguh karena ‘’ pribadi yang tangguh memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya mampu bertahan melewati masa-masa sulit, karena meyakini tujuan yang ditetapkan akan terasa manis jika didapat dengan perjuangan ‘’ Setiap orang tentu  menginginkan apa yang diharapkan dapat tercapai, tetapi semuanya itu tentu memerlukan perjuangan serta pengorbanan dan semuanya itu dapat dilakukan oleh mereka yang mempunyai kepribadian yang tangguh, karena ‘’ menjadi pribadi yang tangguh tidak dihasilkan melalui kemudahan dan kenyamanan, tetapi dibentuk melalui masalah, kesulitan, tantangan, keringat dan air mata ‘’

‘’ Menjadi pribadi yang tangguh tidak dihasilkan melalui kemudahan dan kenyamanan, tetapi dibentuk melalui masalah, kesulitan, tantangan, keringat dan air mata ’’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,267 Pengunjung