Bekerja dengan Senyum dan Ceria

15 Comments


Foto : Dokumentasi pribadi


Sudah 1 tahun lebih saya bekerja di Kota Makasar. Karena lokasi kerja saya ada di beberapa Mall di kota Makasar ( Mall Panakkukang, Mall Ratu Indah dan Trans Studio Mall ) otomatis aktifitas saya sehari-hari lebih banyak ada di mall-mall tersebut. Bekerja di dalam mall tentu cukup menyenangkan karena bisa setiap hari bertemu dengan berbagai orang dari berbagai lapisan masyarakat. Dari anak-anak, remaja, pemuda sampai dengan  dewasa. Dan tentu saja dari berbagai jenis profesi dari berbagai daerah yang ada di kota Makasar dan sekitarnya. Jika bosan didalam kantor saya sering kali berjalan-jalan di area mall untuk melihat-lihat tenant atau toko-toko yang ada, maupun melihat berbagai kegiatan atau acara yang diadakan pihak mall tersebut.

Karena sudah setahun lebih saya bekerja di mall-mall tersebut diatas, maka banyak juga karyawan di mall tersebut yang saya tahu dan saya kenal, dan salah satunya yang saya kenal cukup baik adalah Ibu Sarinah ( 43 thn ) yang bekerja sebagai cleaning service/petugas kebersihan yang tugasnya berjaga di salah satu toilet di Trans Studio Mall Makasar. Kebetulan toilet tersebut satu lantai dengan lokasi tempat saya bekerja, sehingga sering kali saya bertemu Ibu Sarinah waktu saya akan ke toilet. Ibu Sarinah seorang yang sangat sederhana sekali dan sudah bekerja sebagai petugas kebersihan selama 5 tahun dengan jam kerja dari jam 07.00  s/d jam 15.00. Suaminya bernama Bp. Haris, bekerja sebagai seorang buruh dan mereka mempunyai dua orang anak. Anaknya yang pertama beberapa waktu yang lalu meninggal dunia, dan yang masih ada sekarang seorang anak wanita berusia sekitar 7 tahun bernama Aprilia. Karena belum memiliki rumah sendiri, Ibu Sarinah masih hidup menumpang di orang tuanya di daerah Galesong, Makasar.

Foto : Ibu Sarinah ( kanan )

Jika melihat kehidupan Ibu Sarinah, saya melihat beliau bukan orang yang berkecukupan bahkan mungkin kekurangan secara ekonomi. Bahkan kalau saat ini handphone ( HP ) sudah menjadi barang yang hampir setiap orang memiliki, ternyata untuk sebuah HP yang paling murah pun Ibu Sarinah tidak memilikinya. Tetapi dibalik kesederhanaan dan segala kekurangannya tersebut, ada satu hal yang sangat saya kagumi dari beliau yaitu “Keramahan dan senyum yang selalu terpancar dari wajahnya, serta ucapan terima kasih yang selalu mengalir keluar dari bibirnya.” Setiap orang yang selesai menggunakan toilet atau keluar dari toilet tempat dia berjaga, selalu dia sapa dengan ucapan “Terima kasih bapak/ibu/kakak/adik.” Ucapan itu selalu muncul dari bibirnya setiap hari selama dia bertugas dengan wajah yang selalu tersenyum. Selama lebih dari 1 tahun setiap saya pergk ke toilet dan dalam sehari bisa 3 atau 4 kali, saya mendengar ucapan terima kasih selalu keluar dari bibirnya untuk setiap orang yang keluar dari toilet, tanpa membedakan usia atau latar belakang orang tersebut. Baik itu pengunjung ataupun karyawan yang bekerja di area mall Trans Studio Makasar. Ibu Sarinah konsisten mengucapkan itu tiap hari. Dia melayani customernya dengan hati yang tulus iklas dan penuh dengan ucapan syukur.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Atas sikapnya itu saya sering kali sharing-kan/infokan kepada karyawan-karyawan dimana tempat saya bekerja, agar mereka juga bisa belajar dari Ibu Sarinah bagaimana melayani dengan senyum, suka cita, dan selalu berterima kasih atas setiap kunjungan customer ke toko. Saya sungguh kagum dengan Ibu Sarinah. Lebih dari 30 tahun saya bekerja dengan lokasi kerja dari satu mall ke mall lain dan di berbagai kota, belum pernah saya menjumpai seorang karyawan yang kebetulan berprofesi sebagai cleaning service, yang mempunyai jiwa yang melayani dengan sungguh-sungguh dan tulus seperti itu. Padahal saya tahu persis hidup Ibu Sarinah secara ekonomi mungkin berkekurangan. Tetapi hati dan sikapnya dipenuhi dengan kekayaan.

Pembaca yang hebat! Bagaimana dengan Anda? Mungkin Anda lebih beruntung dibandingkan Ibu Sarinah secara ekonomi, mungkin sebagai karyawan jabatan anda juga lebih tinggi, mungkin  problem dan masalah dalam keluarga Anda tidak seberat Ibu Sarinah. Tetapi apakah Anda mempunyai hati dan sikap seperti Ibu Sarinah? Hati yang tulus dan bersyukur dalam segala keadaan. Ibu Sarinah, jabatannya memang tidak tinggi, keluarganya juga secara ekonomi  berkekurangan, masalahnya juga tidak ringan karena belum lama anaknya yang pertama meninggal dunia, bahkan mungkin untuk makan sehari-haripun masih kurang. Tetapi seberat apapun masalah yang dihadapinya, pada saat dia bekerja didalam melayani customernya, dia tetap konsisten dan tidak berubah. ”Melayani dengan hati yang tulus dan ikhlas”.

” Dimanapun kamu bekerja dan apapun pekerjaanmu, jalanilah dengan ikhlas, semangat dan penuh rasa syukur, karena pekerjaan itulah yang  saat ini dipercayakan Tuhan kepadamu ”  Apapun profesi cdan jabatanmu saat ini, melayani dengan tulus dan ikhlas tentu hal yang wajib yang harus dilakukan, seberat apapun masalah yang saat ini sedang dihadapi, customer atau pelanggan tidak tahu dan tidak harus tahu masalahmu, sehingga kamub harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik yaitu, “melayani dengan hati yang tulus dan ikhlas.” Semua itu bisa dilakukan jika kita mempunyai sikap dan hati yang selalu bersyukur dalam segala keadaan. Kadangkala hal yang buruk diijinkan Tuhan menimpa hidup kita untuk mengajar kepada kita betapa perlunya kita bersyukur. Tuhan juga mungkin mengijinkan kita mengalami kegagalan agar kita tidak lupa diri dan menjadi sombong, bahwa kalau selama ini kita mengalami kesuksesan dan keberhasilan tidak lepas dari campur tangan Tuhan. Sehingga kita akan menyadari bahwa kita adalah pribadi yang penuh dengan kekurangan dan kelemahan. Sebab seringkali kita lupa, bahkan tidak pernah menyadari bahwa Tuhan telah melakukan hal-hal yang indah dan luar biasa bagi kita. Dengan masalah yang terjadi, barulah kita sadar bahwa selama ini Tuhan telah menyatakan kebaikan-Nya kepada kita. Seringkali kita menganggap semua berkat Tuhan itu memang sudah semestinya, hingga lupa untuk bersyukur.

Kita lupa bersyukur untuk kesehatan kita. Lupa bersyukur untuk keluarga kita. Lupa bersyukur umtuk kehidupan pernikahan kita yang manis. Lupa bersyukur untuk pekerjaan kita dan berkat-berkat yang mengalir dalam hidup kita. Kita lupa bersyukur untuk banyak hal. Jadi ketika hal yang buruk terjadi, justru biarkanlah itu menyadarkan kita betapa selama ini kita selalu mengecap kebaikan-kebaikan Tuhan. Bagaimana kehidupanmu saat ini ? Sudahkan bersyukur untuk kehidupan sekarang ini? Adalah baik jika kita mengucap syukur didalam segala keadaan. Jangan sampai hal yang buruk terjadi, baru kita tersadar untuk belajar mengucap syukur untuk anugerah yang sudah Tuhan berikan atas hidup kita selama ini. Amin.

Oleh : F. Kristiono

” Dimanapun kamu bekerja dan apapun pekerjaanmu, jalanilah dengan ikhlas, semangat dan penuh rasa syukur, karena pekerjaan itulah yang saat ini dipercayakan Tuhan kepadamu ” 

( F. Kristiono )

15 Replies to “Bekerja dengan Senyum dan Ceria”

  1. Pelayanan sepenuh hati, ikhlas melayani tanpa membeda bedakan, inspirasi yg sangat luar biasa…. Salam Inspirasi…

  2. Bersyukur, melakukan hal2 dgn tulus dan ikhlas, kadang terlupakan saat menjalani rutinitas sehari… smga tulisan ini mjd pengingat terutama utk saya agar mjd lbh baik lagi.amin

    1. Semoga kita bisa selalu bersyukur dalam segala keadaan dan selalu tulus dan iklan dalam menjalankan segala sesuatu. Amin..

  3. *TETAPLAH DI SINI SAHABAT*
    Karena banyak hikmah yang didapat selama ini :

    “Hikmah Berteman dan bersaudara dengan Berbagai Karakter.

    *1. Ada TEMAN yang bersifat keras*,
    dialah sebetulnya yang mendidik kita untuk berani dan bersikap tegas.

    *2. Ada TEMAN yang lembut,*
    dialah yang mengajarkan kepada kita cinta dan kasih sayang terhadap sesama.

    *3. Ada TEMAN yang cuek dan masa bodoh,* dialah sebetulnya yang membuat kita *berpikir bagaimana agar kita bersikap perhatian terhadap orang lain.*

    *4. Ada TEMAN yang tidak bisa dipercaya dan kata-katanya sulit dipegang kebenarannya,* sebetulnya dialah yang membuat kita *berpikir dan merasa betapa tidak enaknya dikhianati*, maka belajarlah untuk menjadi orang yang dapat dipercaya.

    *5. Ada TEMAN yang jahat & hanya memanfaatkan kebaikan orang lain,*
    sebenarnya dia adalah orang yg membuat *kita bertindak bagaimana bisa berbuat banyak kebaikan namun tetap waspada.*

    _Setiap karakter manusia di atas akan selalu baik & mendidik kita_

    Perlu kita tau
    *(Besi menajamkan besi dan manusia menajamkan sesamanya).*

    Tanpa orang-orang seperti itu kita akan selalu terlena dalam *Zona nyaman & tidak Berkembang.*

    Bersyukurlah kepada TUHAN dalam setiap keadaan dan terimalah setiap orang dalam hidup kita.

    *Karena TUHAN tidak pernah keliru mempertemukan kita dengan siapa pun, tinggal bagaimana cara kita menyikapinya.*

    Karena karakter orang seperti diatas tadi secara tidak langsung selain melatih kesabaran kita, juga membuat kita semakin _*DEWASA & BIJAKSANA*_

    Ketika ada *orang bicara mengenai kita di belakang,* itu adalah *tanda bahwa kita sudah ada di depan mereka*

    Saat *orang bicara merendahkan diri kita,* itu adalah *tanda bahwa kita sudah berada di tempat yang lebih tinggi dari mereka*

    Saat *orang bicara dengan nada iri mengenai kita,* itu adalah *tanda bahwa kita sudah jauh lebih baik dari mereka.*

    Saat *orang bicara buruk mengenai kita, padahal kita tidak pernah mengusik kehidupan mereka,* itu adalah tanda bahwa kehidupan kita sebenarnya lebih indah dari mereka.

    “`☂Payung tidak dapat menghentikan hujan tapi Dengan Payung membuat kita bisa berjalan menembus hujan untuk mencapai Tujuan.✊“`

    Orang pintar bisa gagal,
    Orang hebat bisa jatuh,
    Tetapi orang yang _*RENDAH HATI, SABAR DAN IKHLAS*_
    dalam segala hal akan selalu mendapat jalan untuk menempatkan diri dengan seimbang karena kokoh pijakannya..

    *BETAPA INDAHNYA KEBERSAMAAN KITA BILA KITA KOMPAK DAN BERSATU*

    🙏🏻🙋🏼‍♂👫👭👬👍🏼👍👍👌👌😍😍😍😍🙏🙏

  4. We are proud to have such an wonderful employees with smile and delivering the job with passions.
    All ATALIAN management is also proud of you!

    1. Mrs. Sarinah have inspired many people, behind her simplicity and smile. Congratulations to ATALIAN Management who have employees who are really hospitable..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,031 Pengunjung