Berani Hidup

0 Comments


Gambar: Dokumentasi pribadi


Beberapa waktu yang lalu, kita mendengar berita diberbagai media tentang bom bunuh diri yang dilakukan oleh seseorang, dengan meledakkan dirinya di sebuah gereja di kota Surabaya dan diberbagai tempat yang mengakibatkan tidak hanya korban jiwa dari pelaku bom bunuh diri tersebut, tetapi juga mengakibatkan belasan orang terluka dan harus dirawat rumah sakit. Kita diperlihatkan dengan sebuah realitas, tentang bagaimana seseorang atau sekelompok orang rela mengorbankan nyawanya demi sebuah tujuan dan keyakinan yang menurut mereka adalah benar.

Bagi orang-orang yang sepaham dengan mereka ini, kematian seperti itu adalah kematian layaknya seorang pahlawan yang membela tanah air di medan peperangan. Ia atau mereka dianggap manusia atau manusia-manusia yang pantas dihormati karena sudah berani mati untuk sebuah keyakinan. Walaupun keyakinan yang salah itu banyak ditentang oleh berbagai tokoh agama dan berbagai lapisan masyarakat, tetapi realita yang ada masih ada sekelompok orang yang masih punya keyakinan seperti itu. Daripada berani mati ada yang jauh lebih sulit dan lebih heroik daripada sekedar berani mati, yakni ” berani Hidup.

Pembaca yang hebat…!! Menjadi orang yang berani mati saja tidak cukup. Kita juga harus ” berani hidup “ karena dalam manjalani kehidupan yang semakin tidak mudah ini keberanian menjalani hidup dengan penuh semangat akan memberi kekuatan dalam menghadapi setiap masalah dan kesulitan yang harus dihadapi. “ Berani hidup merupakan aset yang sangat berharga, keberanian itu bisa menjadikan sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin, mejadikan sikap negatif menjadi positif, pesimis menjadi optimis “ Agar kehidupan bisa dijalani dengan baik maka kita harus mempunyai tujuan dan visi hidup yang positif. Visi dalam hidup akan mengubah cara pandang seseorang dalam  menentukan arah hidupnya kedepan, mulai dari persepsi, cara berpikir, bahkan cara bertindak dan merencanakan segala sesuatu sesuai dengan visi yang diyakininya. Seseorang yang mempunyai visi dalam hidupnya saat ada godaan, rintangan dan tantangan tidak akan mudah tergoda dan menyerah dalam menghadapinya, serta akan tetap dalam jalurnya karena mempunyai prinsip hidup sesuai visi yang di yakini. Tentu akan ada masalah dan tantangan yang harus dihadapi, tetap jangan pernah menyerah dengan kesulitan dan masalah dalam hidup ini, karena kesulitan dan masalah akan meningkatkan karakter dan iman kita menjadi semakin kuat dan selalu bertumbuh. Sebesar apapun kesulitan dan permasalahan yang harus dihadapi, kita akan tetap mampu bertahan jika kita yakin dan optimis bisa menyelesaikannya, serta tetap selalu bersyukur dan berserah pada Tuhan “

” Keberanian menjalani hidup dengan sikap positif dan optimis merupakan asset yang berharga dan kekuatan dalam menghadapi segala ujian maupun tantangan yang dihadapi untuk menggapai cita-cita yang diinginkan. ”  Keberanian itu bisa menjadikan sesuatu yang tadinya tidak mungkin menjadi mungkin. Keberanian itu bisa mejadikan sikap negatif menjadi positif, loyo menjadi semangat, takut jadi berani, pesimis menjadi optimis, miskin menjadi kaya, gagal menjadi sukses dan semua itu akan bisa terjadi jika dalam hidup yang kita jalani memiliki semangat juang dan pantang menyerah untuk menggapai apa yang menjadi cita-cita dan tujuan hidup yang ingin dicapai.

Setiap pencapaian usaha untuk berani hidup memerlukan keberanian menghadapi resiko dan tantangan yang lebih besar. Seberapa besar keberanian Anda menghadapi resiko, kesulitan dan tantangan yang datang akan menentukan seberapa besar kehidupan yang akan Anda capai. Dengan kata lain, semakin besar hidup yang Anda inginkan, semakin tinggi tangga kesuksesan yang Anda inginkan, memerlukan semakin besar keberanian menghadapi resiko dan tantangan yang mungkin datang.

” Hidup di dunia ini memang diwarnai dengan berbagai  permasalahan, tetapi orang yang berani menjalani hidup dengan penuh semangat akan memiliki kekuatan untuk menghadapinya. “ Dengan menyadari akan besarnya kekuatan keberanian untuk hidup , mari pastikan untuk memanfaatkan keberanian itu semaksimal mungkin dengan :

1..Berani menentukan cita-cita yang tinggi.

2..Berani menghadapi setiap kesulitan dan tantangan.

3..Berani bangkit dari kegagalan.

4..Berani belajar dari kelemahan dan kesalahan.

5..Berani membayar harga untuk keberhasilan.

6..Berani memastikan untuk berjuang sampai sukses.

Jadikan prinsip ” berani hidup “ sebagai pendorong untuk memaksimalkan setiap potensi yang ada pada diri anda agar dapat mejalani hidup dengan penuh semangat dan antusias dan tidak pernah berhenti berjuang untuk menggapai apa yang menjadi mimpi dan harapan anda, ” Seberapa besar kehidupan yang kamu inginkan, akan sama halnya dengan seberapa besar resiko dan tantangan yang kamu hadapi dalam menjalani kehidupan. “

” Seberapa besar hidup yang kamu inginkan, akan sama halnya dengan seberapa besar resiko dan tantangan yang kamu hadapi dalam menjalani kehidupan “

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung