Berani Mengejar Mimpi

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Setiap orang pasti punya mimpi atau cita-cita. Ada yang mimpinya atau cita-citanya terwujud, tetapi ada juga yang belum bisa terwujud mimpinya atau cita-citanya. Tetapi sebagai insan ciptaan Tuhan yang mulia, semua orang harus berani mengejar mimpi atau cita-citanya. Tetapi untuk mengejar mimpi itu harus butuh perjuangan dan pengorbanan yang besar. Bahkan kadang melalui peroses yang tidak mudah, bahkan mungkin sampai jatuh bangun berkali-kali untuk mewujudkan mimpi itu. Walaupun begitu janganlah berhenti berjuang untuk berani mengejar mimpi.

Bila kita mau menyadari dan meneliti dengan cermat,  sebenarnya banyak prestasi spektakuler dari abad sebelum  masehi sampai abad milenium ini. Semuanya lahir dan dimulai dari sebuah embrio yaitu berani mengejar mimpi.

  • Karena impianlah sebuah pesawat terbang tercipta.
  • Karena impianlah kita bisa menikmati kecanggihan komputer
  • Karena impianlah kita bisa berkomunikasi dengan telephone tanpa kabel
  • Karena impianlah manusia bisa terbang kebulan
  • Karena impian pula kehidupan kita bisa kita ubah menjadi lebih berkualitas.
Gambar : Google image

Tentu untuk merealisasikan setiap impian ini, kita membutuhkan kekuatan yang lain. Kekuatan itu hanya ditumbuhkan dari dalam diri kita sendiri, yaitu berani mencoba, berani gagal, dan berani sukses.

Untuk mengejar mimpi atau cita-cita yang harapakan kita bisa belajar dari seekor rajawali atau elang. Rajawali dalam memilih sarang tidak pernah di tempat yang rendah, biasanya dipuncak pohon yang tinggi atau dipuncak bukit yang tinggi. Pada saat anak rajawali lahir induk rajawali akan mendidik anaknya dengan keras untuk bisa terbang, yaitu dengan cara dibawa terbang tinggi lalu dilepaskan sehingga anak rajawali harus belajar mengepakkan sayapnya dengan sekuat tenaga agar tidak jatuh ketanah dan bisa terbang. Jika belum bisa terbang anak rajawali akan ditangkap oleh Induknya tetapi selanjutnya akan dibawa terbang lagi di ketinggian dan dilepaskan lagi dan begitu seterusnnya sampai anak rajawali bisa terbang sendiri dan bertumbuh menjadi dewasa dan bisa mencari makan sendiri.

Rajawali memiliki beberapa keistimewaan yang seringkali diangkat untuk dijadikan gambaran penting bagi kehidupan manusia. Dari semua jenis unggas, rajawalilah yang bisa mencapai usia paling panjang. Rajawali bisa mencapai usia puluhan tahun, tetapi usia sepanjang itu tidak didapatkan begitu saja. Ada tahap di mana seekor rajawali harus membuat keputusan penting demi kelangsungan hidupnya. Keputusan itu tidak mudah, bisa dibilang menyakitkan, tetapi itulah yang harus ia lakukan jika ingin bertahan hidup lebih lama. Dengan paruh yang semakin panjang dan juga bengkok kearah tubuhnya, lama-kelamaan paruh tersebut akan menyentuh dadanya. Begitu pula dengan cakar-cakarnya tidak sekuat dulu lagi karena termakan usia. Bulu-bulu sayapnya menebal tak beraturan dan menjadi berat, sehingga sulit baginya untuk terbang dengan lincah. Jika ini dibiarakan begitu saja, maka yang akan terjadi kematian. Mau tidak mau ia harus menentukan pilihan. Mati atau melalui sebuah proses panjang yang menyakitkan selama seratus lima puluh hari.

Umumnya rajawali memilih melalui proses menyakitkan tersebut dengan berusaha sekuat tenaga terbang kepuncak gunung. Disana ia membuat sarang di sebuah tebing yang cukup tinggi dan memulai proses panjang yang akan mendatangkan pembaruan baginya. Proses pembaharuan dimulai dari paruhnya yang sudah  terlalu panjang dan bengkok akan di patuk-patukan pada batu karang sampai akhirnya paruh tersebut lepas. Setelah paruh lepas, ia akan berdiam diri lagi selama beberapa waktu hingga tumbuh paruh baru. Dengan paruh yang baru itu ia akan mencabut cakar-cakarnya. Selanjutnya, ia akan menunggu lagi sampai tumbuh cakar baru. Setelah cakar baru tumbuh, maka ia akan mencabut bulu-bulunya dengan cakar baru itu. Setelah seratus lima puluh hari atau sekitar lima bulan, bulu-bulu yang baru akan tumbuh. Rajawali kini bisa terbang kembali dengan kekuatan dan penampilan yang sudah diperbaharui. ( Sumber – Wikipedia )

Gambar: Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat..!! Masa depan seseorang bukan tergantung dari orang lain, tetapi tergantung dari dirinya sendiri sejauh mana berjuang sampai batas maksimal kemampuannya memperjuangkan apa yang menjadi harapannya. “ Dari kisah rajawali itu kita bisa belajar banyak. Bahwa untuk mengejar mimpi atau mencapai cita-cita yang diinginkan semuanya pasti diperlukan pengorbanan yang tidak ringan, baik pengorbanan waktu, tenaga, pikiran perasaan bahkan kadang harus melalui proses-proses yang sangat menyakitkan. Ada saat-saat tertentu pula  didalam kehidupan ini dimana kita perlu berdiam diri dan membuat suatu pilihan penting yang akan mendatangkan transformasi atau perubahan hidup. Kita menginginkan perubahana hidup yang lebih bermakna, yang beda dengan kehidupan yang lama. Suatu perubahan sikap, hati, cara berpikir, dan tindakan yang akan menjadikan kita manusia-manusia rajawali seperti yang Tuhan harapkan. Proses menuju perubahan itu terkadang menyakitkan karena kita harus rela membuang kebiasaan-kebiasaan lama dan mengenakan sifat-sifat baru sebagaimana Tuhan inginkan.

Seringkali terjadi, ” penghambat kesuksesan seseorang bukan disebabkan oleh kekurangan yang dimilikinya, tetapi lebih karena tidak adanya cita-cita yang diyakini dengan kuat dan diperjuangkan dengan sikap pantang menyerah “ Karena seringkali gagal atau mendapat cemoohan atau kritik orang lain membuat seseorang kehilangan semangat untuk menggapai apa yang menjadi impiannya. Cemoohan atau kesangsian orang lain terhadap cita-cita yang tinggi sebenarnya juga selalu dihadapi oleh orang-orang besar didunia ini. Tetapi orang-orang besar tidak pernah berhenti hanya karena ejekan atau kesangsian orang banyak atas impian-impian besarnya. Ejekan dan cemoohan adalah vitamin gratis yang justru mereka perlukan sebagai cambuk dan pemacu untuk berusaha lebih keras lagi.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Sebab itu jika ada orang yang mengejek atau mencemooh mimpi-mimpi kita, jangan pernah berkecil hati. Hanya satu jawabannya, kuatkan tekad dan semangat, lalu berjuang dengan sekuat tenaga, dan buktikan bahwa kita mampu dan berhak untuk mendapatkan yang tebaik bagi hidup kita. Tetapi kita juga harus mohon bimbingan dan petunjuk kepada Tuhan YME agar kita tidak salah dalam mengambil tindakan dan agar kita mampu untuk mengatasi segala persoalan yang kita hadapi sehingga kita akan bisa seperti Rajawali yang terbang tinggi  melintasi bukit, gunung, ngarai, badai dan gelombang kehidupan yang sebesar apapun. ” Dalam setiap tujuan dan harapan yang diinginkan selalu ada proses yang harus dilalui, jika harapan itu dipercepat maka Tuhan ingin kita bersyukur, jika diperlambat Tuhan ingin kita bersabar, tetapi jika tidak tercapai Tuhan ingin kita introspeksi diri “

Sebagai manusia berakal budi, bukannya kita tidak memiliki kemampuan. Tetapi seringkali kemampuan itu tidak muncul di permukaan hanya karena kita tidak menyadari potensi dalam diri kita. Kemampuan itu tenggelam karena kita tidak memiliki keberanian untuk mencoba. Sukses adalah hak semua orang, hak anda dan hak siapa saja yang mau berjuang untuk itu. Mari kita gali, temukan, dan kembangkan potensi yang ada didalam diri kita! Niscaya kita akan mendapati betapa luar biasanya diri kita. Jangan mudah menyerah dan jangan takut mengejar mimpi . Karena Tuhan memberikan potensi yang besar dan luar biasa pada kita semua, yang kita perlukan adalah menggali dan melatih terus potensi yang ada pada diri kita sehingga potensi itu bisa muncul dan berkembang sesuai yang kita harapkan. Amin.

” Penghambat kesuksesan seseorang bukan disebabkan oleh kekurangan yang dimilikinya, tetapi lebih karena tidak adanya cita-cita yang diyakini dengan kuat dan diperjuangkan dengan sikap pantang menyerah “

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung