Berdamai Dengan Keadaan

0 Comments


Gambar diambil dari : Dokumentasi Pribadi


Dirumah kami sekeluarga mempunyai kebiasaan mengkonsumsi buah. Hampir setiap hari selalua ada buah untuk dikonsumsi, baik untuk langsung dimakan maupun untuk di buat jus. Buah  yang selalu ada adalah buah pisang, buah jeruk dan pepaya karena berbuahnya tidak tergantung musim dan harganya terjangkau . Kalau buah favorite saya adalah buah mangga.  Sedangkan istri dan anak-anak saya ada yang menyukai buah jeruk, anggur ataupun buah pir.

Pada suatu hari saya, istri  dan anak-anak sama –sama makan buah jeruk. Setelah kami kupas dan kami makan ternyata jeruknya tidak terlalu manis, cenderung agak masam. Saya langsung berkomentar ‘’ jeruknya tidak enak karena tidak manis.’’ Saya mengatakan hal tersebut karena saya suka jeruk yang manis. Istri saya tidak mau kalah ikut berkomentar ‘’ jeruknya enak rasanya manis-manis agak asam ‘’, istri saya memang menyukai jeruk yang manis-manis asam. anak  saya ikut berkomentar “ jeruknya lumayan enak rasanya asam dan tidak terlalu manis.” Sesuai dengan selera anak saya, suka jeruk yang rasanya dominan asam dari pada manis.

Saya, istri dan anak saya masing-masing berkomentar sesuai dengan selera masing-masing dan mempertahankan pendapat masing-masing . Saya berpendapat jeruk itu tidak enak rasanya masam karena saya menyukai rasa jeruk yang manis. Istri saya mengatakan jeruknya enak karena menyukai jeruk yang rasanya asam dan manis, sedangkan anak saya mengatakan jeruknya lumayan enak karena menyukai rasa jeruk  yang dominan rasa asamnya. Akhirnya saya menyudahi perdebatan dan mengatakan “ ya sudah semua pendapat masing-masing benar, yang penting jeruknya dimakan saja, karena apapun rasa jeruknya kalau dimakan pasti menyegarkan dan menyehatkan .’’

Pembaca yang hebat…!! Ada suatu pelajaran yang penting dari hal tersebut diatas, bahwa setiap orang didalam menilai suatu persoalan pasti punya sudut pandang dan  pendapat yang berbeda-beda tergantung dari selera dan pengalaman masing-masing orang. Oleh sebab itu sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran kita tidak boleh memaksakan diri bahwa kita yang paling benar atau kita yang paling baik karena setiap orang punya alasan masing-masing dalam menilai suatu masalah. Bersikap tidak emosional dan bijak dalam melihat situasi apapun yang terjadi merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani hidup ini.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Demikian juga Ketika permasalahan sedang melanda hidup Anda , mungkin saat ini Anda sedang mengalami masa-masa sulit, segalanya terlihat tidak menjanjikan, banyak kegagalan dan kekecewaan, jangan cepat berkesimpulan bahwa Tuhan tidak adil dan tidak mengasihi Anda. Jangan pula menyalahkan diri dan berkata bahwa Anda tidak mampu, bodoh dan bernasib sial. Di tangan Tuhan hidup Anda berarti, tidak ada istilah “nasib sial” bagi orang beriman. Anda hanya perlu bersabar menunggu waktu Tuhan dan belajar memahami dan mengerti rencana Tuhan dalam hidup Anda.

Didalam kehidupan ini memang kadang berjalan tidak selalu sesuai dengan yang kita harapkan. Ada masanya kita menjalani semuanya dengan lancar, baik dan membahagiakan, tapi kadang kita juga suatu saat akan mengalami masa-masa sulit yang tidak kita harapkan . Kehidupan ini seperti roda yang berputar, kadang posisinya ada diatas dan kadang juga posisinya berputar kebawah itu adalah sesuatu yang juga terjadi didalam kehidupan ini. ” Walaupun harapan tidak sesuai dengan kenyataan yang dialami, berusahalah untuk berdamai dengan keadaan yang terjadi agar tetap dapat menjalani hidup dengan optimis dan penuh rasa syukur “

Gambar : Dokumentasi pribadi

Dalam menjalani kehidupan ini seperti roda yang berputar. Pada suatu saat Anda berada di atas, tetapi saat lain bisa juga Anda berada dibawah, tetapi dari semua itu, yang perlu Anda tahu bahwa :

  • Kalau saat ini Anda diijinkan harus berada dibawah atau sedang mengalami berbagai masalah, kesulitan dan cobaan hidup jangan cepat mengambil kesimpulan yang negatif, tetapi yang diperlukan adalah melakukan :  introspeksi diri, bersikap tenang, mengambil hikmah dari semua yang terjadi dan berpikir positip serta libatkan Tuhan dalam setiap permasalahan yang sedang Anda hadapi sehingga Anda bisa mengatasi masalah itu dengan bijak dan tidak mengambil langkah yang keliru, dan Anda harus percaya dalam setiap masalah yang terjadi  pasti ada sesuatu yang baik yang Tuhan rencanakan untuk hidup Anda.
  • Kalau saat ini posisi Anda sedang berada diatas, semuanya seolah-olah tampak lancar, baik dan membahagiakan jangan sampai lupa diri dan terlena. Anda harus selalu tetap waspada dan menjaga diri agar tidak jatuh dalam dosa dan tetap melibatkan Tuhan dalam setiap apapun yang sedang Anda jalani, karena tidak sedikit orang  justru jatuh dalam dosa justru pada saat posisinya sedang diatas.
Gambar: Dokumentasi pribadi

Apapun kondisi yang Anda hadapi saat ini belajarlah selalu untuk berdamai dengan keadaan Anda, tidak emosional dalam menyikapi apapun itu dan tetap bijaksana dalam mengambil sikap, karena ” Masalah apapun yang terjadi akan mendatangkan kebaikan, jika kita mampu melihatnya dengan cara pandang yang benar dan meresponnya dengan sikap yang benar juga. ” Sebagai insan ciptaan-Nya, kita semua harus menyadari, kalau segala sesuatu terjadi dalam hidup kita, semua itu atas seijin Tuhan, karena itu apapun yang terjadi dalam hidup yang Anda alami saat ini, harus mencoba selalu berpikir positif dalam menyikap apapun yang terjadi baik sesuatu yang menyenangkan ataupun sesuatu yang buruk, karena itu adalah kunci kebahagiaan diri. Tuhan tidak pernah menempatkan dan meletakkan sesuatu yang bukan pada tempatnya . Pasti ada kebaikan dalam setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup Anda.

Sebagai manusia yang penuh dengan segala kekurangan kita memang harus perlu belajar dan selalu belajar terus agar menjadi manusia yang lebih baik kedepannya. Melakukan introspeksi diri agar mengenal siapa diri kita sesungguhnya dengan segala kelemahan dan keunggulan yang dimiliki. ” Mengenal diri sendiri dan selalu belajar berdamai dengan keadaan adalah hal yang penting agar kebahagiaan yang kita inginkan dapat terwujud. ” Memahami dan belajar untuk mengerti rencana Tuhan dalam hidup Anda adalah kunci sejati dari kebahagiaan itu sendiri. Karena jika Anda sudah dapat melakukan itu maka  apapun yang Anda alami dalam hidup ini, Anda akan selalu tetap  berysukur dalam segala keadaan. Amin….

‘’ Mengenal diri sendiri dan selalu belajar berdamai dengan keadaan adalah hal yang penting
agar kebahagiaan yang kita inginkan dapat terwujud ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,031 Pengunjung