Indahnya Kebersamaan

0 Comments


Gambar diambil dari : Dokumentasi Pribadi


Beberapa hari yang lalu saya dan teman-teman kerja di sibukkan selama 2 hari didalam ruangan untuk mengevaluasi hasil kerja yang sudah dilakukan selama  semester 1  dan membahas rencana kerja berikutnya di semester 2 disalah satu hotel di kota Solo . Setelah semuanya selesai dan sebelum pulang ke kota masing-masing saya dan teman-teman di wilayah kerja Regional Jateng, Jogja, Cirebon, Tasikmalaya dan Madiun sepakat untuk bersama-sama makan siang didaerah Karanganyar, Jawa Tengah sambil menghirup udara segar pegunungan di  sekitar Gunung Lawu .

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam sampailah kami di salah satu rumah makan dengan  pemandangan alam yang begitu indah . Hamparan sawah yang menghijau dengan pemandangan perbukitan dan gunung lawu yang menjulang tinggi diiringi  langit biru yang cerah dengan awan putihnya yang begitu indah, benar – benar membuat pikiran dan hati begitu tenang. Menunggu makanan yang dipesan sambil ngobrol-ngobrol dengan teman-teman membahas berbagai topik yang ringan-ringan diselingi dengan tawa canda dan tak lupa berfoto ria bersama, berselfie ria dan bergaya seperti anak remaja sungguh membuat suasana begitu cair, asyik dan menyenangkan.

Setelah selesai makan siang kami menuju Candi Sukuh sebuah komplek Candi Hindu yang terletak dikabupaten Karanganyar , jawa Tengah. Sampai ditempat tujuan  kegiatan yang paling favorite adalah menikmati pemandangan sambil ber foto ria dengan berbagai gaya bak model yang kehilangan gaya, karena gayanya ya hanya itu – itu saja tetapi tetap Percaya Diri ( PD ) sungguh sesuatu yang menggelikan, menggembirakan dan menghibur kami semua. Tidak ada batasan pimpinan dan bawahan, tidak ada keseriusan dan kekakuan yang ada hanya kebersamaan, kegembiraan dan keceriaan. Sungguh betapa indahnya itu kebersamaan membuat kami semua gembira dan bahagia.

Gambar diambil dari : Dokumentasi Pribadi

Pembaca yang hebat…!! Dalam dunia yang bergerak begitu cepat ditengah persaingan yang begitu keras  karena dikejar target yang harus dipenuhi dan tuntutan kerja yang begitu tinggi, kebersamaan kadang sulit untuk dilakukan, mungkin karena faktor tidak ada waktu atau karena ada jarak serta sekat-sekat yang membatasi sehingga untuk bisa bersama – sama sejenak lepas dari rutinitas kerja sulit untuk dilakukan , belum lagi mungkin kepentingan-kepentingan pribadi satu sama lain yang menjadi hambatan kebersamaan dapat terjadi.

Sebuah kebersamaan tak dapat dipaksakan oleh apapun. Meskipun dalam suatu hubungan pasti ada hubungan timbal balik, seperti sebuah simbiosis tapi harus atas dasar kerelaan sehingga tidak akan ada harapan untuk mendapatkan balas budi. Karena dalam menjalin hubungan sosial kita harus belajar bagaimana pentingnya saling memahami, mendengar dan harus ada saling pengertian juga saling tenggang rasa serta selalu mau berbagi dan perduli. Karena dengan begitu kita akan dapat memaknai sebuah kebersamaan untuk mencapai kebahagiaan bersama, sehingga hidup pun akan indah dalam satu ikatan baik ikatan keluarga, sahabat juga pertemanan.

Dalam dunia kerja, akan selalu adanya hal baru yang terjadi baik antara pekerja dengan atasan atau antar pekerja. Tak jarang pula yang terjadi adalah hal yang kurang menyenangkan. Persaingan, beda pendapat atau gesekan lain sangat mungkin terjadi bahkan mampu menimbulkan masalah yang lebih besar lagi. Sebagai penyeimbang hal negatif tersebut, tentu diperlukan sikap yang bijak dari semua pihak. Secara sederhananya, yakni dengan menciptakan rasa kekeluargaan yang erat antar satu dengan yang lain. Masalah bisa saja terjadi, namun dengan rasa kebersamaan yang tinggi, maka semua masalah tersebut cepat atau lambat akan bisa teratasi. Inilah salah satu peran penting mengapa kita harus menciptakan atmosfir kebersamaan di lingkungan kerja.

Gambar diambil dari : Dokumentasi Pribadi

Ada beberapa hal yang penting mengapa kebersamaan itu diperlukan :

  1. Membangun keakraban
  2. Meningkatkan kepercayaan satu sama lain
  3. Menghilangkan sekat-sekat yang membatasi
  4. Menciptakan suasana santai
  5. Meringankan beban kerja
  6. Meningkatkan produktifitas
  7. Menghilangkan stress akibat beban kerja
  8. Membuat hati gembira

Kebersamaan tidak membutuhkan biaya besar. Makan bersama, menikmati pemandangan bersama, jalan-jalan pagi bersama, nonton bersama, ngopi bersama di kafe/warung  dsb, bisa dilakukan sewaktu-waktu . Kalaupun memerlukan biaya bisa patungan atau bergantian membiayainya. Yang lebih dibutuhkan adalah keinginan bersama bahwa kita semua  saling memperhatikan dan saling membutuhkan. Kebersamaan  itu sendiri bukan berarti kita selalu bersama-sama  secara fisik, tapi lebih pada hubungan psikologis. Tidak selamanya kita akan selalu bertemu dan bersama, karena kita pasti mempunya kesibukan dan kepentingan sendiri, bahkan mungkin suatu saat kita akan berpisah. oleh karena itu sangat penting adanya komunikasi dalam menjalin dan menjaga kebersamaan itu agar tetap ada.

Bekerja layaknya berada dalam satu keluarga tentu akan sangat menyenangkan kalau kebersamaan itu akan selalu ada. Walaupun setiap individu mempunyai berbagai kakarkter. Ada yang memiliki sifat  cerewet, ngayomi, humoris, bijak, atau hal-hal lain yang mereka miliki, namun perbedaan itulah saling bisa menutupi kekurangan satu sama lain. dengan berbagai karakter masing-masing membuat perbedaan ini menjadi lebih berwarna. Kebersamaan itu menjadi indah dengan berbagai hal tersbut.

Kebersamaan menjadi suatu hal penting dalam membina sebuah hubungan. Jelas kita tak pernah bisa benar-benar hidup sendiri dalam kehidupan ini. Kita tidak bisa menjadi manusia yang egois, yang merasa bisa melakukan segalanya sendirian, yang merasa tak membutuhkan orang lain. Dengan kebersamaan itulah kita bisa saling berbagi, menyelesaikan masalah bersama, berjuang bersama dan yang pasti adalah bahagia bersama. Semoga apapun hubungan yang sedang kita jalani saat ini, selalu bisa membawa kebahagiaan dalam kebersamaan yang sebenarnya. Amin…

‘’ Dengan kebersamaan kita bisa saling berbagi, menyelesaikan masalah bersama, berjuang bersama dan yang pasti adalah bahagia bersama ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,326 Pengunjung