Bergaullah Dengan Orang Berintegritas

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya sehari-hari , maka sudah menjadi kebutuhan setiap orang untuk bisa bergaul dan berinteraksi dengan orang lain dimanapun ia berada, baik itu dilingkungan rumah tinggal, di pekerjaan maupun di kelompok atau komunitas yang disukainya. Pergaulan seseorang dengan orang lain akan memberikan dampak baginya, baik dampak yang positif ataupun negative. Pada umumnya setiap orang tentu ingin pergaulan yang dipilihnya akan memberi dampak yang positif terhadap dirinya sendiri, tetapi pada kenyataannya tidak selalu seperti itu . Pengaruh lingkungan, tempat tinggal, tempat bekerja, kelompok atau komunitas yang dipilihnya untuk bergaul akan sangat besar pengaruhnya apakah memberi dampak yang positif atau negative.

Sejak kecil saya tinggal di lingkungan yang kurang sehat. Kampung tempat saya tinggal termasuk daerah yang dipenuhi oleh orang-orang yang terbiasa hidup keras. Perkelahian, mabuk, perjudian adalah hal yang sehari-hari saya lihat sejak kecil dan secara tidak langsung ikut membentuk karakter saya ikut menjadi keras dan penuh gejolak, terlebih sejak kecil saya sudah terbiasa mencari uang sendiri dan hidup  serta bergaul dengan banyak orang dari lingkungan yang keras maka kondisi tersebut tentunya berpengaruh juga terhadap saya. Sejak menginjak usia 13 tahun sampai remaja saya sudah terbiasa dengan perkelahian, minuman keras dan perjudian walaupun hanya kecil-kecilan.

Tetapi saya sangat beruntung mempunyai orang tua yang luar biasa terutama ibu saya , Ayah saya meninggal pada saat saya berusia 13 tahun sehingga ibu sayalah yang sangat berperan dalam membimbing saya dengan kondisi yang tidak mudah. Ibu memberi kebebasan kepada anak-anaknya dalam bergaul walaupun begitu ibu tetap memperhatikan pergaulan anak-anaknya. Setiap jam 21.00 saya selalu dicari jika belum pulang kerumah dan Ibu akan mencari kemana saja untuk menemukan saya sampai saya pulang kerumah. Ibu selalu mengajarkan budi pekerti, etika dan pendidikan moral yang baik untuk anak-anaknya. Walapun bergaul dalam kehidupan yang keras dan tidak mudah saya beruntung masih mempunyai pegangan moral yang baik berkat bimbingan ibu saya dan dukungan saudara-saudara saya.

Memasuki dunia kampus  pergaulan saya mulai berubah menjadi lebih baik karena bergaul dengan orang-orang yang berpendidikan tinggi dan punya integritas. Aktif dalam kegiatan kampus dan sering bertukar pikiran dengan para dosen semakin menambah pengetahuan dan wawasan. Perkelahian, mabuk, perjudian sudah ditinggalkan diganti dengan kehidupan berorganisasi di kampus dengan berbagai dinamikanya. Kehidupan menjadi lebih tertata dengan baik walaupun masih harus berjuang keras  mencari uang dengan berbagai cara yang penting halal, untuk membayar uang kuliah. Walapun akhirnya harus berhenti kuliah dan memilih bekerja untuk membantu orang tua, tetapi pergaulan yang lebih baik membuat cara berpikir, pendangan dalam hidup dan karakater menjadi jauh labih baik dibandingkan saat masih remaja.  

Memasuki dunia kerja berjumpa dengan orang-orang yang baik dan mempunyai pimpinan yang pandai serta mempunyai intergritas dan kerohanian yang baik. Berkat bimbingan pimpinan saya dalam pekerjaan maupun kerohanian membuat wawasan dan pengetahuan bertambah dan iman juga bertumbuh semakin kuat.  Mendapat kesempatan mengikuti berbagai kegiatan training  untuk menambah wawasan dan pengetahuan dan dilengkapi juga dengan mengikuti berbagai kegiatan kerohanian , semakin menambah pengetahuan, wawasan dan memperkuat iman . Semua itu sungguh merupakan suatu kebahagian tersendiri. Terlebih setelah mengalami banyak pengalaman spiritual yang sungguh luar biasa membuat hidup semakin bermakna . Telibat aktif dalam pelayanan sosial dan rohani serta banyak bergaul dan berdiskusi dengan para rohaniawan membuat semakin menemukan apa tujuan dalam hidup ini. 

Pembaca yang hebat…!! Pergaulan kita sangat menentukan masa kita , kalimat itu mungkin perlu direnungkan untuk kita semua. Sadar atau tidak pergaulan dengan orang-orang yang kita pilih akan mempengaruhi cara berpikir kita juga. Jika setiap hari kita  bergaul dengan orang yang sukanya bergosip ria, suka membicarakan kejelekan orang lain dan berbagai prilaku negative lainnya lama kelamaan kita bisa juga akan berperilaku seperti itu. Tetapi jika kita suka bergaul dengan orang-orang yang suka beribadah,  suka menolong orang, berwawasan luas, punya integritas yang baik maka kehidupan kitapun nantinya akan  seperti itu juga.

Bersahabatlah dengan banyak orang tetapi ‘’ bergaulah dengan orang berintegritas ‘’ bagi saya pribadi hal tersebut sangat penting. Pengalaman hidup  selama ini mangajarkan kepada saya bahwa ‘’ bergaul dengan orang berintegritas ‘’ membawa dampak positip dan perubahan hidup yang besar dalam hidup saya. Pergaulan sangat mempengaruhi dalam kehidupan seseorang karena itu ” Bergaul dengan orang yang mempunyai integritas akan membawa dampak positif dan perubahan besar terhadap hidup seseorang serta ikut berperan dalam dalam menentukan depannya. “  Bergaul dengan orang yang mempunyai integritas  akan memperoleh hal-hal sbb :

1.Memperoleh pengetahuan dan wawasan.

Pergaulan dengan orang yang berintegritas (  berpengalaman, berwawasan luas, punya standar yang tinggi , memiliki karakter dan perilaku yang baik ) akan menambah wawasan dan pengetahuan karena mereka adalah orang-orang yang sudah teruji dalam hidupnya dan kamu bisa belajar dari keberhasilan atau kesuksesan mereka.

2. Membuat lebih termotivasi & tertantang.

Jika orang di sekitarmu adalah mereka yang berintegritas, rajin, dan punya standar yang tinggi di hidupnya, maka akan memotivasi dirimu  untuk bisa sama dengan mereka dan secara tidak langsung akan tertantang dengan pencapaian mereka dan menantang dirimu sendiri untuk berusaha selalu meningkatkan diri menjadi lebih baik lagi.  

3. Mengexplore diri sendiri dan menyadari talenta terpendam yang kamu miliki.

Dengan menerapkan standar hidup yang lebih baik maka akan membuatmu mengexplore diri sendiri , bahkan bisa menjadi tahu bakat dan talenta yang mungkin selama ini terpendam dan melatih serta mengembangkannya sampai batas maksimal.

4. Kualitas hidup dan dirimu bakal makin naik kelas.

Ketika pergaulanmu dengan orang-orang yang berintegritas yang mempunyai standar tinggi dalam hidupnya maka akan membuat standar hidupmu juga meningkat  dan akan terus berkembang sampai pencapaian tertinggi dalam hidupmu.

‘’ Milikilah banyak teman  tetapi  bergaulah dengan orang yang mempunyai integritas dan bernilai, karena pergaulan kita akan mempengaruhi cara kita hidup dan masa depan kita ‘’ tentu kalimat tersebut bisa kita jadikan pedoman dalam bersosialiasi dengan orang-orang di sekitar kita, karena dimanapun kita berada disadari atau tidak lingkungan yang ada di sekitar kita dan dengan siapa kita bergaul secara tidak langsung akan turut mempengaruhi kehidupan kita, baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang. Walaupun ”  lingkungan atau orang lain berpengaruh pada kehidupan kita,  tetapi kehidupan kita sama sekali tidak ditentukan oleh orang lain, karena kita memiliki hak dan kekuatan untuk menentukan pilihan “ dan sebagai mahluk sosial  yang perlu berintraksi dengan orang lain tentu kita memerlukan banyak orang untuk bisa menjalin komunikasi dan membangun relasi, alangkah baiknya jika kita dapat memilih lingkungan yang baik, serta dapat memilih teman-teman yang baik yang dapat memberi perkembangan yang positif untuk kehidupan kita baik untuk saat ini maupun untuk masa yang akan datang.

” Milikilah banyak teman, tetapi bergaulah dengan orang yang  mempunyai integritas dan bernilai,  karena pergaulan kita akan mempengaruhi cara kita hidup dan masa depan kita ” 

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,267 Pengunjung