Buanglah Sampah Dalam Hidupmu

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Setiap orang pasti pernah berurusan dengan sampah, baik itu sampah yang ada dirumah, di luar rumah, di tempat kerja dan dimanapun berada selalu pasti ada sampah disekitar kita. Bedanya ada sampah yang dibiarkan berserakan dan ada juga sampah yang dibuang ditempat yagn sudah disediakan. Bahkan ada sampah yang bisa dipilih dan bisa dijual kembali, bahkan ada juga yang bisa dijadikan atau diolah sehingga bisa bermanfaat, misal : bisa jadi kompos, bisa menjadi barang-barang kerajinan tangan dsb. Sampah itu akan menjadi berguna dan bermanfaat jika ditangani oleh orang-orang yang rajin dan kreatif, tetapi jika berada ditangan orang yang malas maka sampah bisa menjadi sarang penyakit karena dibiarkan menumpuk begitu saja.

Jika sampah yang diluar rumah dibiarkan menumpuk begitu saja bisa mejadi sarang penyakit apalagi jika ada sampah didalam hati kita, tentu dampaknya akan lebih parah lagi. Apa saja sampah dalam hati kita, yaitu : kebencian, akar kepahitan, dendam, iri dan dengki, rasa bersalah yang berkepanjangan, trauma masa lalu yang tidak mudah dilupakan dsb, semua itu bisa menjadi sampah dalam hati yang tidak saja bisa membuat sakit hati tetapi juga membuat tubuh kita ikut mersakan sakit dan akhirnya membuat hidup kita tidak bahagia serta tidak mendapatkan ketenangan dan kedamaian.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Beberapa  waktu yang lalu ada seorang teman saya ( A ) yang curhat kepada saya, dia merasa sakit hati karena difitnah oleh teman baiknya ( B ) yang membuat isu bahwa A berselingkuh dengan orang yang disukai oleh B. Isu selingkuh itu dihembuskan karena orang yang dicintai B tidak membalas cintanya dan justru berteman baik dengan A. Padahal hubungan A dengan orang yang disukai B hanya sebatas sahabat baik saja, tetapi karena rasa iri dan cemburu yang berlebihan kepada A, walaupun A adalah sahabat baiknya, B tega menyebarkan isu yang tidak benar. Padahal selama ini A sebetulnya banyak membantu B jika membutuhkan bantuan apapun juga .

Mendengar cerita teman saya A , saya hanya berkata  ‘’ ampuni dan maafkan saja temanmu B ‘’ yang penting kamu tidak melakukan apa yang dituduhkan oleh temanmu B. Waktu nanti yang akan membuktikan bahwa kamu tidak seperti yang dituduhkan. Jangan dendam dan sakit hati ‘’ buanglah sampah dalam hidupmu ‘’ daripada menimbulkan kebencian dan penyakit dan jika dipikirkan hanya menghabiskan energi dan tidak membawa manfaat apapun. Lebih baik gunakan energimu untuk hal-hal yang positif dan membawa kebaikan serta manfaat untuk dirimu sendiri, keluarga dan sesama. Walaupun tidak mudah A akhirnya mencoba melakukan seperti yang saya sarankan dan dia bisa menjalani hidup dengan tenang dan damai karena tidak ada rasa benci dan sakit hati lagi dalam dirinya.

Dilain kesempatan saya juga mendapat curhat dari seorang teman yang merasa diperlakukan tidak adil oleh atasan dan teman kerjanya karena, teman kerjanya menjelek-jelekkan hasil kerjanya didepan atasannya dan ternyata atasannya menerima begitu saja informasi itu  tanpa melakukan klarifikasi. Karena infromasi te rsebut teman saya tersebut ditegur atasannya dan walaupuan teman saya mencoba menjelaskan tetapi penjelasannya tidak dihiraukan. Karena hal tersebut membuat teman saya tidak semangat dalam bekerja . Mendengar cerita tersebut saya berkata kepada teman saya‘’ justru kamu harus tunjukkan kepada atasanmu bahwa kamu tidak seperti yang dituduhkan temanmu dengan tetap meunjukkan hasil kerja yang baik dan tetap semangat dalam bekerja. Dengan bekerja  baik dan tetap semangat kamu bisa menunjukkan diri kepada atasanmu bahwa laporan negative mengenai kamu itu tidak benar ‘  Akhirnya teman saya merubah sikapnya dan bekerja dengan baik dan tetap semangat sampai akhirnya atasannya kembali mempercayainya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat…!! ” Hidup ini terlalu berharga bila diisi dengan kepahitan dan sakit hati, buanglah semua itu dan dapatkan suka cita, kedamaian dan hal-hal yang baik lainnya. “  Dalam.menjalani hidup ini tanpa disadari mungkin ada  banyak sampah dalam hidup yang sampai saat ini bersemayan dalam hati dan pikiran . Sampah itu mungkin masih terus tersimpan dalam hatimu sehingga membelenggu hidupmu menjadi tidak nyaman bahkan mungkin bisa menjadi penyakit hati atau penyakit secara fisik. Jangan biarkan sampah itu bersemayan terus menerus dalam hidupmu . ‘’ Buanglah sampah dalam hatimu ‘’ sehingga hatimu menjadi bersih, pikiranmu menjadi jernih , sehingga akan memunculkan energi positif yang membuat hidupmu menjadi lebih tenang dan damai. ” Hilangkan segala perasaan dendam, sakit hati, rasa cemburu, akar kepahitan dan trauma masa lalu yang membuat hidupmu tertekan dan tidak ada kedamaian, mulailah dengan lembaran baru dengan suka cita dan kebahagiaan ” 

‘’ Buanglah sampah dalam hidupmu ‘’ bagaimana caranya  …? Tentu harus memeriksa dalam hati dan pikiran kita serta mengevaluasi apakah :

1.Masih adakah perasaan dendam dan sakit hati terhadap seseorang. Apakah itu keluarga atau orang terdekatmu, sahabatmu atau siapapun yang pernah menyakiti hatimu sehingga sampai saat ini perasaan sakit hati itu masih ada atau kadang timbul kembali jika mengingat orang tersebut.

2. Masih adakah perasaan iri hati dan cemburu terhadap seseorang . Mungkin karena orang tersebut lebih baik darimu dalam beberapa hal, atau dia lebih disukai dan disenangi  seseorang dibandingkan dirimu atau hal-hal lain yang membuat dirimu selalu merasa tidak lebih baik dibandingkan dirinya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

3. Masih adakah akar kepahitan dan trauma masa lalu. Kondisi tersebut membuat dirimu tidak bisa berkembang dan selalu merasa ketakutan untuk melakukan sesuatu hal karena selalu teringat kejadian-kejadian buruk masa lalu.

4. Masih adakah hal-hal lain yang membuat dirimu selalu diliputi rasa cemas dan kuatir. Karena selalu diliputi rasa cemas dan kuatir membuat hidupmu selalu gelisah dan tidak tenang sehingga  hidupmu tidak mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan.

Itulah mungkin sampah dalam hidupmu oleh sebab itu ” Buanglah segala pikiran negatif dan bebaskan dirimu dari belenggu masa lalu yang membuat hati, pikiran dan jiwamu tertekan serta mulailah mengisi hidupmu dengan sesuatu  yang membawa manfaat , kebaikan, kedamaian dan kebahagiaan. “ Kalau masih ada sampah dalam hidupmu, buanglah semua sampah dalam hidupmu itu, karena semua itu tidak membawa manfaat dan kebaikan dalam hidupmu, baik saat ini maupun saat yang akan datang. Maafkan dan ampuni orang-orang yang pernah menyakitimu dan bebaskan hati, pikiran dan jiwamu dari segala hal-hal yang negative dan isilah dengan hal yang positif. Mohon kekuatan dan kemampuan kepada Tuhan agar bisa  menghapuskan semua sampah-sampah negative dalam hidupmu. Bebaskan dirimu dari belenggu masa lalu yang membuat hati, pikiran dan jiwamu tertekan dan mulailah mengisi hidpmu dengan sesuatu yang membawa manfaat, kebaikan, kedamaian dan kebahagiaan. Amin…

” Buanglah segala pikiran negatif dan bebaskan dirimu dari belenggu masa lalu yang membuat hati, pikiran dan jiwamu tertekan serta mulailah mengisi hidupmu dengan sesuatu  yang membawa manfaat , kebaikan, kedamaian dan kebahagiaan “

( F. kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,031 Pengunjung