Jangan Mudah Putus Asa

0 Comments


Gambar : Dokumentasi Pribadi


Saya mempunyai seorang teman dekat ,  anak perempuannya terkena penyakit Kanker Stadium IV dan sudah berlangsung lebih  dari 6 tahun. Teman saya tersebut hidupnya sederhana dan bukan orang yang kaya, tetapi perjuangannya  sungguh luar biasa dalam upayanya menyembuhkan anaknya yang sakit tersebut. Bekerja apa saja dilakukan agar mendapatkan uang untuk membiayai pengobatan anaknya , walaupun kadang harus  bekerja jauh dari keluarga.  Tentu tidak sedikit biaya , pikiran, waktu dan tenaga yang dikeluarkan agar anaknya sembuh dari sakitnya.

Sang anak pun orang yang luar biasa dengan kondisi sakit seperti itu, dia bisa menjalani kehidupan dengan tetap semangat dan terus berusaha menjadi pribadi yang mandiri dengan bekerja memasarkan produk secara online, baik produk jasa maupun barang jadi. Beberapa kali saya sempat bertemu dengan si anak,  tidak nampak sedikitpun  seperti orang sakit, dia masih tetap semangat, ceria dan banyak bercanda. Walaupun ada anggota didalam tubuh yang harus diangkat / dioperasi karena penyakit yang dideritanya dan kemungkinan besar sulit untuk punya anak .

Perjuangan teman saya dan semangat untuk sembuh si anak yang tidak mudah putus asa, membuat  Tuhan  menggerakkan orang-orang yang bersimpati kepada mereka sehingga  si anak sempat menjalani pengobatan ke Singapura bahkan pernah sampai  kenegara China dengan bantuan biaya dari orang – orang yang bersimpati kepadanya.  Sampai sekarang si anak masih menjalani hidup seperti biasa dan masih melakukan pengobatan baik secara medis maupun pengobatan herbal secara rutin.  Saya selalu berdoa agar si anak disembuhkan dari sakit yang dideritanya. Merekalah pemenang kehidupan sesungguhnya, orang-orang yang tidak mudah putus asa.

Pembaca yang hebat…!! setiap orang tentunya tidak akan pernah luput dari cobaan hidup. Didalam aktifitasnya setiap hari akan ada berbagai masalah yang harus kita hadapi, mulai dari masalah keluarga, di sekolah,  di tempat kerja, masalah kesehatan, hingga masalah finansial. Terkadang masalah-masalah tersebut datang bertubi-tubi kedalam hidup Anda, dan membuat merasa lelah menghadapinya. Namun suka atau tidak suka, Anda harus tetap menghadapinya.

Lari atau menghindari masalah bukanlah penyelesaian, apalagi  putus asa dan memilih mengakhiri hidup. Seolah-olah dengan mengakhiri hidup masalah sudah selesai. Padahal jika betul-betul mengakhiri hidup pilihan yang diambil kita semua sudah tahu apakah nantinya masuk surga atau neraka, silahkan disimpulkan sendiri. Belum lagi keluarga  yang ditinggalkan tentu ikut menderita akibat keputusan bodoh yang diambil, baik menderita secara materiil maupun beban moral menjadi pergunjingan orang. Sebagai orang beriman jangan sampai Anda putus asa dan mengambil jalan pintas bahkan mengkhiri hidup hanya karena masalah yang Anda hadapi. Seberat apapun masalah yang Anda hadapi, Jangan pernah meremehkann Tuhan seakan Tuhan tidak mampu menyelesaikan masalah Anda.

Gambar : Dokumentasi Pribadi

Mungkin saat ini beban hidupmu begitu berat, sehingga merasa bingung, kuatir dan hampir putus aa dan seolah ingin menyerah dalam menghadapi cobaan hidup, ingatlah selalu 6 hal ini :

1..Tuhan tidak pernah memberikan cobaan di luar batas kemampuanmu.

Walaupun masalah datang silih berganti dalam hidupmu seolah tidak ada habisnya, dan merasa bahwa seakan tidak sanggup lagi menghadapi cobaan hidup ini, jangan pernah menyerah dan putus asa!! Karena sesungguhnya kita diberi kemampuan untuk menghadapinya. Ingatlah bahwa Tuhan tidak pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan hambanya dan pasti ada jalan keluar yang telah disediakan.

2.. Tidak ada orang  yang tidak pernah mengalami cobaan hidup.

Setiap orang pasti pernah mengalami cobaan hidup. Seberapa besarpun penderitaan yang saat ini kamu alami, masih banyak orang yang jauh lebih menderita dari pada kamu. Jangan beranggapan seolah dirimu adalah orang yang paling menderita di dunia ini. Setiap cobaan hidup yang saat ini sedang kamu alami akan membentukmu menjadi pribadi yang tangguh dan tahan uji serta akan mendewasan iman dan karaktermu.

3.. Ingatlah selalu ada orang-orang yang selalu menyayangimu.

Seringkali cobaan yang terasa berat  membuatmu menjadi putus asa dalam menjalaninya. Namun sebelum rasa putus asa itu membuatmu melakukan hal-hal yang bodoh, ingatlah bahwa diluar sana ada orang-orang yang sayang dengan dirimu. Ada orang tua, kakak atau adik, teman-teman, pacar, suami, istri atau anak yang selalu ada untuk untukmu. Bersama mereka kamu bisa berbagi beban, jika  merasa beban itu sudah terlalu berat untuk kamu pikul sendiri.

4..Tuhan selalu ada kapan dirimu membutuhkan-Nya.

Terkadang semua usaha sudah kamu lakukan  belum ada jalan keluar , bahkan kamu  merasa orang-orang yang terdekat ( misal : keluarga ) tidak mendukung, seolah kamu merasa seperti sendirian menanggung beban . Kalaupun itu terjadi jangan mudah putus asa dan menyerah. Cobalah untuk mengevaluasi dan introspeksi diri dari semua yang sudah kamu lakukan mungkin ada hal perlu diluruskan atau dibereskan dan serahkan semua masalah dan persoalanmu kepada Tuhan . Bersujudlah di hadapan-Nya, dan berdoalah mohon petunjuk-Nya. Ingatlah Tuhan selalu ada kapanpun kamu membutuh bantuan-Nya.

5..Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

Kita semua tahu gembok diciptakan pasti ada kunci untuk membukanya. Kecuali kuncinya hilang atau dihilangkan . Demikian juga masalah dan cobaan dalam hidup pasti ada kunci atau jalan keluarnya. Kecuali dirimu sendiri yang menutup jalan keluarnya dengan lari dari masalah yang dihadapi. Tuhan adalah pencipta kita,  Tuhan pasti punya jalan keluar untuk setiap masalah yang terjadi pada pada kita.

6..Kesabaran selalu berbuah manis.

Cobaan yang terjadi sebetulnya juga melatih dirimu untuk menjadi pribadi yang sabar, karena kesabaran adalah salah satu kunci kesuksesan . Seberat apapun masalah yang saat ini dihadapi, belajarlah bersabar untuk menghadapinya sampai menemukan solusi yang tepat dan menunggu pertolongan Tuhan pada waktunya. Suatu saat semua kesabaran dan ketabahanmu dalam menghadapi cobaan-cobaan itu pasti akan membuahkan hasil yang manis.

Selama kita hidup masalah atau cobaan akan selalu ada , tetapi seorang pemenang akan selalu siap untuk menghadapinya serta tidak mudah menyerah dan tidak  putus asa, sebaliknya seorang pecundang akan mudah menyerah dan putus asa. Pilihan ada ditanganmu, mau menjadi seorang pemenang atau pecundang.  ‘’ Jika ingin menjadi pemenang, jangan mudah putus asa, jangan lari dari masalah serta siap selalu menghadapi apapun yang terjadi dalam menjalani kehidupan. ‘’

Seberat apapun masalah yang kamu hadap jangan mudah putus asa, jangan pernah meremehkann Tuhan seakan Tuhan tidak mampu menyelesaikan masalahmu ”

( F. Kristiono )

F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung