Jangan Terbelenggu Masa Lalu

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Kehidupan setiap orang pasti tidak pernah lepas dari kenangan masa lalu, karena masa lalu itulah yang membangun kehidupan saat ini. Berkat masa lalu kita juga bisa belajar menjadi lebih baik dimasa kini, karena sebaik-baiknya guru bagi seorang manusia adalah pengalamannya dan pengalaman itu terjadi dimasa lalu. Tetapi sayang sekali masih banyak orang yang hidup dengan bayang-bayang masa lalunya, sehingga kehidupan masa lalunya selalu menghantuinya hingga saat ini dan abai dengan kehidupan masa depan yang justru perlu dihadapi sekarang yang tentu saja sangat berbeda dengan kehidupan di masa lalunya baik situasinya maupun tantangan yang harus dihadapi. Jika kenangan masa lalu terus dipelihara maka tanpa disadari masa depan yang masih harus perlu diperjuangkan justru terlupakan.

Setiap orang mempunyai karakter dan kepribadian yang berbeda dalam menghadapi masa lalunya maupun kehidupan di masa mendatang. Ada orang yang dengan cepat dapat melupakan masa lalunya, ada pula yang lambat dan tidak mudah melupakan masa lalunya, tetapi yang paling penting dari semua itu adalah bagaimana mengambil sikap dari masa lalu yang pernah dialaminya dan menyongsong masa depannya dengan sikap optimis. Orang yang berjiwa besar tidak pernah hidup dari bayang-bayang masa lalu. Hidup adalah sebuah perjalanan dan masa lalu adalah bagian perjalanan yang sudah dilalui. Peristiwa yang pahit mungkin masih menyisakan kedukaan dan peristiwa suka cita masih terasa kegembiraannya.  Tetapi semua peristiwa  masa lalu itu adalah kenangan yang harus mulai kita tinggalkan. Jangan sampai kita terpenjara oleh masa lalu, sehingga tidak menyadari bahwa tantangan didepan harus juga perlu kita pikirkan. Pepatah bijak mengatakan “ Hari kemarin telah berakhir tadi malam,  sukses atau gagal itu sudah berakhir tadi malam. Masa lalu adalah sebuah sejarah, jadikan masa lalu sebagai tempat bercermin bukan tempat tinggal ‘’ 

Gambar : Dokumentasi pribadi

Saya mempunyai seorang teman yang sampai sekarang belum menikah hanya karena dia tidak bisa melupakan masa lalunya yang pernah dikhianati oleh kekasihnya dan itu terbawa terus dalam pikirannya sehingga dia sulit menjalin hubungan serius dengan seseorang karena takut kalau kembali dikhianati. Masa lalunya betul-betul membelenggu hidupnya. Saya sering menasehati ‘’ jangan terbelenggu masa lalu ‘’ tetapi berpikirlah untuk masa depan yang lebih baik. Tetapi rupanya kenangan masa lalunya sulit untuk dilupakan, sehingga teman saya  memutuskan untuk tetap hidup sendiri dan tidak menikah karena dia tidak bisa melupakan masa lalunya.

Ada juga teman saya dahulunya hidup sukses tetapi sekarang mengalami kesulitan dalam hidup karena salah dalam melangkah. Dia sering bercerita kepada saya tentang masa lalunya yang sukses ,  tetapi saat ini  untuk keluar dari kesulitan hidupnya susah sekali karena dia terbelenggu oleh masa lalunya sehingga tidak siap dan sulit menghadapi tantangan yang dihadapinya saat ini dengan kondisi dan situasi yang berbeda dengan masa  lalunya. Saya dengan halus menyampaikan  dan berkata ‘’ jangan terbelenggu masa lalu ‘’ lihatlah realita saat ini, karena itu yang harus perlu dipikirkan dan diperjuangkan. Walaupun sudah sering saya ingatkan agar ‘’ jangan terbelenggu masa lalu ‘’ tetapi memang tidak mudah bagwi teman saya untuk melupakannya.

Pembaca yang hebat..!! ” Hidup kita saat ini adalah untuk masa depan dan bukan masa lalu, karena itu fokus dalam hidup ini adalah bagaimana mempersiapkan diri untuk menyongsong masa depan dan tidak terbelenggu oleh masa lalu. “ Masih banyak orang yang hidup dalam bayang-bayang masa lalu, mereka tidak pernah bisa melupakan bahkan tidak bisa bangkit. Kondisi itu tentu sangat mengkhawatirkan karena  akan melemahkan karakter, bahkan imannya. Jangan sampai hidup kita terbelenggu oleh masa lalu sehingga tidak fokus untuk menatap masa depan yang masih harus perlu diperjuangkan. Kita memang tidak harus melupakan kenangan masa lalu. Sesuatu yang baik tentu bagus untuk kita kenang tetapi jangan sampai tenggelam didalamnya dan sesuatu yang tidak baik dapat kita jadikan pembelajaran agar dalam melangkah kedepannya dapat membuat kita menjadi lebih baik lagi.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Setiap orang pasti mempunyai kenangan masa lalu, tetapi jangan sampai kenangan masa lalu justru menjadi hambatan untuk kehidupan mendatang.” Jangan sampai hidup kita dibayang-bayangi oleh masa lalu, biarlah itu semua menjadi kenangan manis dan menjadi pembelajaran agar kedepannya bisa menjadi lebih baik serta mengambil hikmah yang positip atas semua yang pernah terjadi di masa lalu. “ Ketika seseorang yang ingin maju harus selalu melihat kedepan dan jangan selalu melihat kebelakang serta tidak terbelenggu oleh masa lalunya. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu di ingat ;

1..Lepaskan dari belenggu masa lalu.

Kita harus sanggup melepaskan belenggu masa lalu, baik itu sesuatu hal yang menyenangkan ataupun yang tidak menyenangkan. Jangan sampai hidup kita dibayang-bayangi oleh masa lalu. Biarlah itu semua menjadi kenangan manis dan menjadi pembelajaran   agar kedepannya agar menjadi lebih baik dan mengambil hikmah yang positip atas semua yang pernah terjadi di masa lalu. 

2.. Hidup ini adalah untuk masa depan dan bukan masa lalu.

Ingatlah hidup kita saat ini adalah untuk masa depan dan bukan masa lalu, karena itu fokus dalam hidup ini adalah bagaimana memepersiapkan diri untuk menghadapi masa dengan dengan berbagai masalah dan tantangan yang harus dihadapi agar tercapai tujuan yang diharapkan dan semua itu tentu butuh kerja keras dan perjuangan oleh sebab itu tinggalkanlah masa lalu dan berpikirlah ke masa depan.

3..Buka pikiran untuk saran dan kemajuan

Hati dan pikiran kita harus terbuka dengan sesuatu yang baru dan memberi harapan, karena itu terbukalah untuk saran dan masukan yang membangun dan membawa kemajuan. Jangan menutup diri dan beranggapan bahwa kita bisa menyelesaikan semua masalah tanpa petolongan orang lain. Ingatlah bahwa kemampuan manusia itu terbatas dan tetap memerlukan masukan dan saran dari orang yang kita anggap mampu dan kompeten untuk memberi saran dan masukan. 

4..Yakinlah bahwa kita sanggup dan sukses untuk menata masa depan.

Masa depan kita ada ditangan kita sendiri bukan orang lain, karena itu kita harus yakin dengan diri kita sendiri  bahwa kita sanggup menggapai apa yang kita impikan. Jadikan kenangan masa lalu sebagai guru yang terbaik dan mengambil yang postif dari semua hal yang sudah terjadi dan mempersiapkan masa depan dengan lebih baik.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Setiap orang pastinya mempunyai kenangan masa lalu, baik yang ingin dilupakan ataupun yang selalu ingin dikenang, namun semua itu jangan sampai membelenggu hidupmu. ‘’ Lepaskan dirimu dari kenangan masa lalu yang membelenggu dirimu dan melangkahlah dengan optimisme untuk menyongsong masa depan lebih baik yang sudah menantimu ‘’ Kita harus mengikhlaskan semua masa lalu kita  dan ‘’ jadikan masa lalu sebagai pengalaman yang terbaik, jika ada yang baik perlu di kenang  tetapi  yang pahit harus ditinggalkan dan menjadi pembelajaran untuk melangkah menuju masa depan yang penuh harapan ‘’ Amin…  

‘’ Jadikan masa lalu sebagai pengalaman yang terbaik, jika ada  yang  baik perlu dikenang  tetapi  yang pahit harus ditinggalkan dan menjadi pembelajaran untuk melangkah menuju masa depan yang penuh harapan ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung