Jalani Saja Prosesnya

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Pendidikan ialah salah satu tahapan menggapai kesuksesan untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang harapan untuk menuju kehidupan yang lebih baik tentu lebih terjamin, maka tidaklah mengherankan semua orang tua tentu berharap bisa membekali anak-anaknya dengan pendidikan yang terbaik dengan memasukkan kesekolah ataupun perguruan tinggi yang terbaik walapun harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Itu semua dilakukan dengan harapan agar kelak masa depan anak bisa terjamin dengan mendapatkan pendidikan yang terbaik dan bila perlu mendapatkan pendidikan setinggi mungkin. Walaupun pendidikan bukan satu-satunya ukuran kesuksesan seseorang tetapi dengan bekal pendidikan yang baik maka peluang kerja dan peluang usaha bisa terbuka lebih lebar dengan pendidikan yang baik.

Pendidikan tidak harus selalu melalui sekolah formal pada umumnya , tetapi pendidikan bisa juga didapat pada lingkungan sekitar, teman, melalui seminar atau training dan juga melalui tempaan hidup yang harus dijalani. Tidak semua mereka yang meraih sukses mempunyai gelar yang tinggi, tetapi banyak juga orang yang sukses walaupun tidak berpendidikan tinggi, bahkan ada juga yang sukses walaupun tidak bisa merasakan bangku sekolah, tetapi hidupnya  sukses karena perjuangannya yang luar biasa dalam menggapai kehidupan yang lebih baik. Tentu saja dibutuhkan proses yang tidak mudah dalam menjalani hidupnya dibandingkan mereka yang berpendidikan tinggi. Tetapi pada dasarnya apapun cita-cita yang ingin diraih untuk meraih suatu kesuksesan pasti membutuhkan proses yang harus dijalani, karena itu apapun yang terjadi ‘’ jalani saja prosesnya ‘’ agar kesuksesan bisa tercapai.

Anak saya yang ke 2 mempunyai target menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi ditempuh dalam waktu 4 tahun. Dengan keseriusannya semua mata kuliah untuk menempuh pendidikan Sarjana ( S1 ) bisa diselesaikan dalam waktu 3,5 tahun dengan hasil yang memuaskan demikian juga pada waktu Kuliah Kerja Lapangan ( KKL ) dapat diselesaikan dengan baik. Tiba saatnya harus membuat skripsi dan meyelesaikannya diharapkan dalam waktu 6 bulan atau 1 semester sudah selesai sampai dengan ujian pendadaran sehingga target menyelesaikan pendidikan S1 dapat ditempuh sesuai dengan targetnya selesai dalam waktu 4 tahun.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Ternyata pada kenyataannya target menyelesaikan pembuatan skripsi sampai dengan ujian akhir tidak seseuai yang diharapkan. Banyak proses yang harus dilalui dan berbagai kendala yang harus dihadapi.  Untuk mengajukan draf skripsi saja sampai ditolak 3 kali, belum lagi komunikasi dengan dosen pembimbingnya kurang lancar dikarenakan dosen pembimbingnya mengikuti acara seminar di luar negeri hampir sebulan sehingga susah sekali untuk berkomunikasi. Setelah kembali ke Indonesia juga tidak bisa berkomunikasi secara langsung karena ada pandemi covid 19. Komunikasi dan bimbingan harus dilakukan lewat email karena tidak bersedia lewat video call zoom itupun responnya cukup lama. Belum lagi daftar pustaka atau buku referensi yang tidak mudah dicari karena perpustakaan di kampus tidak buka dan masih banyak lagi kendala-kendala yang terjadi.

Pada saat saya berdiskusi dengan anak saya , dia menyampaikan bahwa target meyelesaikan pendidikannya selesai dalam 4 tahun tidak bisa tercapai karena banyak sekali hambatan dan proses yang harus dilalui. Mendengar hal itu saya menjawab ‘’ jalani saja prosesnya  karena memang itu yang harus dihadapi, yang penting tetap semangat, optimis dan jangan mudah menyerah serta tetap mempunyai target yang terukur sehingga tetap fokus dan sungguh-sungguh untuk dapat segera menyelesaikan skripsinya walaupun harus menghadapi berbagai hambatan, karena untuk menggapai cita-cita memang harus melalui jalan yang tidak mudah dan penuh berbagai rintangan dan tantangan, tetapi yakin dan percayalah bahwa semua itu pasti bisa dihadapi, tetaplah untuk selalu berjuang karena sebuah usaha tidak akan pernah mengkhianati keberhasilan.’’ Mendengar hal itu anak saya menjawab bahwa dia yakin dan optimis tidak lama lagi skripsinya pasti akan dapat diselesaikan.

Pembaca yang hebat..!! Untuk meraih apa yang di cita-citakan diperlukan sikap optimistis dalam menjalani kehidupan ini serta tidak mudah menyerah dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup. ‘’ Kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan merupakan pembentukan pola kehidupan yang akan menentukan masa depan kita,  karena itu  biasakanlah menghadapi kehidupan ini dengan optimis dan jalani prosesnya dengan kesabaran, ikhlas dan penuh rasa syukur ‘’ untuk itu apapun masalah yang terjadi   ‘’ Jalani saja prosesnya ‘’  karena di balik proses kehidupan yang sulit dan berat pasti ada kebaikan yang luar biasa, pasti ada rencana yang indah dibalik semua itu dan yakinlah bahwa semua itu akan indah pada waktunya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Untuk menggapai cita-cita atau harapan yang diinginkan tentu saja tidak didapatkan dengan instan, pasti butuh perjuangan yang tidak mudah dan melalui jalan yang berliku dan setiap orang akan mengalami proses pembentukan yang tidak selalu sama. Agar kita bisa melewati semua proses yang harus dihadapi maka kita harus mempunyai sikap mental sbb :

1.. Sabar dan Ikhlas.

Untuk mencapai suatu keberhasilan tidak ada yang serba instan, bahkan kadang harus melalui jalan yang panjang dan berliku, untuk itu kita harus tetap ikhlas dan sabar dalam menjalaninya , apapun kondisi yang dihadapi tetaplah bersabar. Jadikanlah kesabaran itu sebagai teman sejatimu  dalam mengatasi semua tantangan dan rintangan yang harus dihadapi

2..Yakin dan Optimis 

Apapun masalah yang terjadi hadapi dan jalani dengan keyakinan dan optimisme maka kita pasti mampu mengatasinya. Keyakinan dan optimisme akan memberi kekuatan iman, pikiran dan fisik kita untuk dapat mengatasi masalah sesulit apapun dalam hidup ini, karena setiap masalah dan kesulitan yang kita hadapi tidak akan melebihi kekuatan kita. Kalau Tuhan ijinkan masalah terjadi dalam diri kita, tentu Tuhan sudah tahu bahwa kita pasti akan mampu mengatasinya.

3.. Jangan mudah mengeluh dan menyerah.

Setiap masalah yang terjadi pasti ada maksud yang baik dibalik semua itu, oleh sebab itu jangan mudah mengeluh, apalagi putus asa dan menyerah seolah tidak ada jalan keluar. Jangan meremehkan Tuhan seakan tidak bisa menyelesaikan masalahmu, yang diperlukan adalah tetap berjuang semaksimal mungkin dan serahkan semua itu pada Tuhan. 

4..Jalani prosesnya dan berserah pada Tuhan

‘’ Jalani saja prosesnya ‘’ apapun masalah yang harus dihadapi, karena dengan semua proses yang harus dilalui akan membentuk karakter dan iman semakin meningkat serta membuat kita mengerti bahwa dalam menggapai  cita-cita tidak ada yang instan dan semua butuh proses yang panjang, berliku dan ada hambatan dan tantangan yang harus dilalui. Berjuanglah dan berupaya dengan sekuat tenaga dan serahkanlah semuanya kepada Tuhan.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, semua orang pasti menginginkan untuk bisa meraih semua impiannya, namun pasti ada hambatan dan tantangan yang harus dihadapi, karena ‘’ untuk meraih cita-cita dan harapan tidak ada yang instan, akan selalu ada proses panjang yang harus dijalani, karena itu nikmati dan syukuri setiap proses yang harus dijalani maka semua akan indah pada waktunya ‘’  Jangan mudah mengeluh tetapi  harus mempunyai kesabaran, keyakinan dan optimisme bahwa dengan perjuangan dan usaha yang keras serta dengan selalu berdoa dan  memohon pertolongan kepada Tuhan pasti impian dan cita-cita yang diharapkan akan dapat tercapai, karena ” setiap kejadian dalam hidup ini adalah proses yang harus dihadapi untuk mendewasakan kita, karena itu jangan takut  dan bijaklah dalam bersikap, pasti semua itu akan indah pada waktunya ” Amin…

” setiap kejadian dalam hidup ini adalah proses yang harus dihadapi untuk mendewasakan kita, karena itu jangan takut  dan bijaklah dalam bersikap, pasti semua itu akan indah pada waktunya

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,031 Pengunjung