Kecil Tapi Berharga

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Kecil tapi berharga  merenungkan kalimat tersebut yang terbesit dalam pikiran kita  pastilah itu emas …atau berlian. Memang tidak salah karena emas atau berlian adalah benda yang sangat berharga nilainya bisa juta-an bahkan miliar-an rupiah dan  semua orang pasti menyukainya, terlebih para wanita. Tetapi bukan itu yang saya maksudkan. ‘’ Kecil tapi berharga ‘’ yang ingin saya bahas dalam tulisan saya ini adalah mengenai sikap seseorang , sesuatu yang seolah sederhana atau tidak terlalu penting jika dilakukan dengan hati yang tulus bisa berdampak besar tidak hanya bagi pribadi tetapi juga bagi perusahaan atau korporasi.

Pembaca yang hebat..!! Pernahkah anda bertemu pelayan restoran yang jutek..? Pelayan toko yang cuek..? atau CSO yang asyik mainan HP dan tidak siap dengan tugasnya..? Sebagai customer pada saat anda membutuhkan infromasi dari mereka tetapi anda dibiarkan saja dan tidak diberi salam, dibiarkan kebingungan sendiri, apalagi diberi senyuman yang manis . Kalau anda menghadapi orang seperti itu bagaimana perasaan anda…? pasti jengkel atau sebal !!. Tentu semua orang yang mengalami hal itu akan berpikiran yang sama…” menjengkelkan dan menyebalkan. ‘’

Waktu anda bertanya mengenai sesuatu barang yang dibutuhkan disuatu toko, tetapi jawaban dari pramuniaga atau petugas yang melayani berkata ‘’ barang yang bapak/ibu cari tempatnya ada disana ‘’ dan anda diminta mencarinya sendiri padahal barang-barang yang di display jumlahnya tidak sedikit mungkin ratusan atau ribuan item. Setelah berjuang mecari barang yang dibutuhkan dan berhasil mendapatkan, dilakukan pembayaran  dikasir tetapi tidak ada kata ucapan ‘’ terima kasih ‘’ dari petugas kasir , maka pulanglah anda dengan penuh perasaan ‘’ jengkel , sebel dsb ‘’ dan memutuskan lain kali tidak akan berbelanja ditempat itu lagi karena pelayanannya betul-betul sangat mengecewakan dan jauh dari kepuasan pelanggan.   

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat.!! ‘’ Jangan menyepelekan sesuatu yang kelihatannya kecil, karena untuk menjadi  besar seala sesuatunya selalu dimulai dari yang kecil. “ Illustrasi diatas mungkin pernah anda alami . Sesuatu yang  mudah  dilakukan oleh para petugas yang ada ( pramuniaga, kasir, CSO dsb ) yaitu ’ salam, senyum , terima kasih dan kata maaf , jika ada kekurangan dalam pelayanan ‘’ tetapi tidak dilakukan oleh mereka padahal jika itu dipraktekkan akan membawa manfaat yang besar dimanapun kita berada.‘’ Salam, senyum, terima kasih , maaf  dan  tolong ’’ suatu kata yang kelihatannya sepele ‘’ kecil tapi berharga’’ tapi sering kita lupakan, untuk itu kita semua mungkin perlu tahu kenapa kita harus sering menyatakan hal tersebut dan perlu untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari karena sbb  :

1.Salam.

Dengan mengucapkan  ‘’ salam ’’ ( selamat pagi,  hallo …, apa kabarnya dsb ) dapat mencairkan suasana yang beku. Mungkin tanpa sadar  anda pernah membuat orang kecewa tetapi dengan memberi salam akan mencairkan suasana yang sebelumnya terasa kaku. Dalam suasana seperti itu, kadang kita bingung untuk memulai berhubungan kembali. Dengan mengucapkan salam akan menjadi jembatan penghubung bagi terjalinnya kembali komunikasi itu.  Salam yang datang dari hati, mampu menggugah jiwa yang mendengarnya.  Dalam berhubungan dengan pelanggan salam pembuka seperti diatas juga sangat bagus dalam membuka komunikasi yang lebih intens kepada pelanggan kita.

Gambar : Dokumentasi pribadi

2. Senyum.

‘’ Senyum ‘’ menghasilkan energy positif yang menular dan mempunyai daya tarik sehingga membuat diri kita lebih nyaman, serta lingkungan sosial disekitar kita lebih rileks dengan demikian akan memudahkan kita membuat koneksi ke orang lain dan mendekatkan jarak yang tadinya mungkin terasa jauh. Bukankah kita lebih nyaman bila berada dalam suatu lingkungan katakanlah, sebuah restoran atau supermarket yang semua karyawannya tersenyum dengan tulus bukan sekedar diwajibkan oleh manajemennya.

3. Terima kasih

Bentuk penghargaan atas upaya seseorang tidak harus berbentuk medali, piala, apalagi uang. Hal paling sederhana, murah, dan mudah yang dapat kita lakukan adalah mengucapkan ‘’ terima kasih ’’ Sekecil apa pun bantuan yang telah ia berikan, hal itu tentu sangat membantu kita di kala kesulitan. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengucapkannya. Orang yang menerima ucapan terima kasih akan bahagia dan merasa dihargai atas apa yang dilakukannya. Ucapan terima kasih yang tulus dan ikhlas akan membuat kita selalu peka dan peduli kepada orang lain.  Jangan lupa berterima kasih kepada orang yang sudah berbuat baik kepada kita , terlebih orang tua kita , pelanggan kita, orang-orang yang banyak membantu kita dan terutama kepada Tuhan atas  segala berkah yang kita terima selama ini.

Gambar : Dokumentasi pribadi

4. Maaf

Kata  ‘’ maaf ‘’ mungkin menjadi kata yang paling sulit diucapkan karena orang cenderung mempunyai ego dan gengsi yang tinggi untuk mengakui jika melakukan kesalahan.Terlebih jika ia merasa lebih tua/senior, lebih tinggi kedudukannya atau lebih tinggi status ekonominya dsb. Padahal dengan meminta maaf bukan berarti kita kalah, justru itu menunjukkan orang yang rendah hati dan berjiwa besar. Kata maaf sebenarnya mengandung banyak manfaat dan  bisa dijadikan sebagai obat dari luka hati , mengurangi stres dan ketegangan dalam sebuah hubungan. Belum lagi efek positif seperti menghilangkan dendam dan sakit hati.

5. Tolong.

Ambilin buku itu dong..!!, bukain pintunya dong..!! lepasin sepatunya dong..!! Kalau anda yang diminta bantuan dengan cara demikian kira-kira apakah anda mau membantu atau justru kesal mendengarmya. Tetapi kenyataannnya hal itu mungkin sering terjadi dan orang sering lupa bahwa meminta bantuan sebetulnya dapat dilakukan dengan cara-cara yang lebih santun dan enak didengar dan itu mudah saja untuk dilakukan cukup dengan menambah satu kata ‘’ tolong ‘’ maka semuanya akan terdengar lebih baik dan tentu lebih sopan.

Ucapan salam, senyum, tolong, maaf dan terima kasih adalah kata yang sederhana dan seolah kecil tak berarti, tapi sangat berharga serta berdampak besar jika disampaikan dengan hati yang tulus ikhlas. ‘’ Tentu akan sangat bagus sekali jika sejak dini anak-anak dapat mengucapkan kata tersebut  sehingga mereka kelak mempunyai karakter dan kepribadian yang unggul. Jangan pernah menyepelekan hal-hal yang kelihatannya kecil terlebih jika itu berharga, karena segala sesuatu yang besar selalu dimulai dari hal yang kecil. ‘’ Tuhan tidak meminta kita melakukan sesuatu yang besar dan luar biasa, lakukanlah hal yang kecil dengan hati yang tulus ikhlas, maka akan mengubah diri kita dan orang lain. “

‘’ Jangan menyepelekan sesuatu yang kelihatannya kecil , karena untuk menjadi besar  segala sesuatunya selalu dimulai dari hal yang kecil ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung