Kekuatan Ucapan Terima Kasih

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Setiap 2 atau 3 hari sekali ada petugas pemungut sampah yang terdiri dari 1orang  sopir dan 2 orang yang bertugas mengambil sampah di setiap rumah diperumahan tempat saya tinggal. Walaupun usia mereka sudah tidak muda lagi tetapi saya melihat mereka dengan konsisten mengambil sampah di setiap rumah. Saya pribadi tidak mengenal mereka karena jarang bertemu tetapi istri saya sering kali bertemu dengan mereka dan kadang bercakap dengan mereka disela-sela mereka mengambil sampah di rumah saya.

Semua sampah baik sampah rumah tangga maupun sampah-sampah daun-daunan dan kadang sampah dari ranting-ranting pohon dari tanaman di rumah saya selalu mereka angkut dan dimasukkan dalam truk sampah yang mereka bawa. Tetapi anehnya tetangga didepan rumah saya selalu mengeluh karena sampah daun-daunan dan ranting dari tanaman mereka tidak pernah diambil oleh petugas pemungut sampah, sehingga tetangga saya harus membuang sendiri sampah daun-daunan dan ranting-ranting dari tanaman mereka ketempat pembuangan sampah khusus daun-daunan dan ranting-ranting pohon yang ada di perumahan.

Waktu saya bertanya ke pada istri saya  ‘’ kenapa sampah daun-daunan dan ranting – ranting dari tanaman yang dari rumah selalu diambil oleh petugas pemungut sampah sedangkan sampah daun-daunan dan ranting-ranting tetangga didepan rumah tidak pernah diambil oleh petugas sampah…?’’ istri saya berkata ‘’  setiap saya bertemu dengan petugas pemungut sampah saya selalu mengucapkan terima kasih kepada mereka  mungkin itu yang menyebabkan sampah daun-daunan dan ranting-ranting dari tanaman kita selalu diambil oleh petugas pemungut sampah sedangkan tetangga didepan rumah kita tidak pernah mengucapkan terima kasih kepada petugas pemungut sampah mungkin karena menganggap bahwa  memang itu sudah menjadi tugasnya mereka sehingga ucapan terima kasih tidak terucap dari tetangga didepan rumah kita ‘’ Demikian ucapan dari istri saya.

Mendengar hal itu saya baru paham , ternyata ‘’ Ucapan  terima kasih terbukti manfaatnya dan membawa dampak yang sangat positip jika kita sampaikan kepada siapapun yang  membantu kita dalam hal apapun. “ Siapapun orangnya dengan berbagai profesi dan latar belakag apapun baik itu sebagai pemungut sampah, tukang becak, sopir, karyawan, pimpinan, pejabat bahkan setiap orang dalam keluarga kita baik itu suami, istri, anak dan orang tua kita pun pasti senang kalau mendengar ucapan terima kasih dari siapapun. Bahkan siapapun orangnya pasti senang dan emnanggapi dengan positip setiap ucapan terima kasih.

Pembaca yang hebat…!!  ” Jadikan ucapan terima kasih menjadi gaya hidup kita setiap hari dan tebarkan selalu benih-benih kebaikan dalam menjalani hidup ini sehingga menjadi virus yang positif yang akan menular kepada orang-orang disekitar kita “ Ucapan terima kasih sebetulnya sangat mudah untuk kita ucapkan tetapi seringkali lupa kita lakukan atau tidak kita lakukan dengan berbagai alasan, padahal ucapan terima mengandung makna yang yang amat mendalam dalam sebuah komunikasi . Semua orang tentu sudah mengerti makna ucapan terima kasih.  Walaupun hanya merupakan dua kata yang sederhana tetapi merupakan kekuatan yang luar biasa yang bisa mengikat kedua pihak baik yang memberi maupun menerima.  Ucapan terima kasih merupakan hal yang  tak pernah terpisahkan dalam keseharian kita yang berhubungan dengan rasa syukur yang otomatis kita ucapkan ketika menerima sesuatu. Entah itu berupa pemberian barang, bantuan, pelayanan dan lain sebagainya dan , maka jadikanlah kebiasaan baik ini sebagai karakter dalam diri kita.

Bila kita telaah lebih dalam maka banyak sekali makna dan hikmah yang bia kita petik dari ucapan terima kasih diantaranya :

  • Ucapan terima kasih merupakan bentuk aprsiasi yang paling mudah dilakukan setelah kita menerima interkasi kebaikan.
  • Ucapan terima kasih akan membuat orang yang menerimanya  bahagia dan merasa dihargai atas apa yang sudah dilakukannya.
  • Ucapan terima kasih akan membuat orang lebih mudah mengingat kita.
  • Ucapan terima kasih dengan hati tulus akan membuat kita untuk selalu peka dan peduli kepada orang lain.
  • Ucapan terima kasih akan membentuk moral dan karakter kita menjadi berkembang lebih baik.

” Terima kasih, dua kata yang jika diucapkan dengan hati yang tulus akan memberikan dampak yang luar biasa, serta membentuk kita menjadi pribadi yang rendah hati dan mempunyai karakter yang baik “ Setelah kita mengetahui begitu besar dampak ucapan terima kasih jika kita ucapkan dengan tulus dan ikhlas tidak ada salahnya untuk ucapan terima kasih menjadi gaya hidup yang bisa kita terapkan sehari-hari dalam kita bermasyarakat, karena selain sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang sudah membantu dan berjasa kepada kita ucapan terima kasih juga membawa pengaruh yang positif. Setelah kita megetahui hal tersebut mari kita  mengevaluasi diri kita mungkin selama ini kita lupa atau belum terpikir untuk mengucapkan terima kasih kepada mereka yang sudah melakukan kebaikan untuk kita dan tidak ada salahnya untuk kita dapat memulai mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Tuhan Yang Maha Kasih atas segala berkah  yangsudah kita terima ( berkah kesehatan, rejeki,vkeluarga yang baik dan segalanya yang kita terima dari Dia ).
  2. Orang Tua kita yang selama ini sudah merawat, mendidik dan membesarkan kita dengan segala jerih payahnya yang sampai kapankun kita sulit untuk membalasnya.
  3. Keluarga ( Suami/Istri/anak ) kita yang selama ini sudah mendampingi / mendukung dan memberikan yang terbaik untuk kita.
  4. Saudara atau kerabat kita yang selama ini juga sudah banyak membantu kita
  5. Atasan/bawahan kita yang selama ini sudah menjaain kerja sama yang baik dengan kita
  6. Pelanggan/relasi kita yang sudah membeli produk/jasa yang kita berikan
  7. Orang-orang yang beriteraksi dengan kita dan sudah melakukan kebaikan untuk kita.

” Kekuatan ucapan terima kasih terbukti manfaatnya dan membawa dampak yang sangat positif jika kita ucapkan dengan tulus kepada siapapun yang membantu dan berbuat baik kepada kita dalam hal apapun ‘’ karena itu jadikan ucapan terima kasih menjadi gaya hidup kita dalam menjalani hidup ini sehingga menjadi virus yang positip yang akan menular kepada orang-orang disekitar kita sehingga kita bisa menjalani hidup ini dengan damai dan bahagia, amin…

‘’ Kekuatan ucapan terima kasih terbukti manfaatnya dan membawa dampak yang sangat positif jika kita ucapkan dengan tulus kepada siapapun yang membantu dan berbuat baik kepada kita dalam hal apapun ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung