Ketika Harapan Tidak Sesuai Kenyataan

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Setiap orang tentu mempunyai harapan dan tentu saja berharap apa yang diinginkan tersebut dapat sesuai dengan kenyataan. Ada yang berharap lulus pendidikan tepat waktu, mendapatkan pekerjaan sesuai dengan cita-citanya, mendapat jabatan yang diinginkan, mendapatkan pasangan hidup sesuai mpiannya,  berharap setelah menikah kemudian mempunyai anak, yang menderita sakit berharap untuk dapat sembuh, bahkan ada yang berharap mujizat untuk kesembuhan penyakit yang sudah divonis  sulit untuk sembuh dan masih banyak berbagai harapan-harapan lain.

Tentu sangat berbahagia sekali kalau apa yang diharapkan sesuai dengan kenyataan atau dapat terwujud, tetapi sebaliknya kalau harapan yang diinginkan tidak terwujud  bagaimana….? Apakah kita harus sedih…., marah…, tidak terima…, stress…., putus asa …., bahkan apakah sampai harus mengakhiri hidup. Sebagai orang yang beriman kita harus menyadari bahwa tidak semua apa yang kita harapkan harus selalu terwujud. Setiap orang  punya jalan hidup yang berbeda – beda dan tidak selalu sama satu dengan yang lain. Jalan hidup setiap orang sudah digariskan Tuhan, untuk itu belajar selalu mengetahui rencana Tuhan dalam hidup kita sangat penting sekali agar ketika apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan kita dapat menerima dengan ikhlas dan tetap bersyukur dalam segala keadaan.

Belum lama ini saya datang kerumah seorang teman yang sedang berduka karena kehilangan anak yang sangat disayanginya . Anaknya yang paling bungsu yang masih berusia 7 tahun, cantik, lucu dan yang menjadi penghibur bagi keluarga karena keceriaannya dan sikapnya yang menggemaskan dipanggil Tuhan karena sakit yang dideritanya. Berawal dari sakit panas yang tidak kunjung sembuh dan ternyata setelah diperiksa dengan intens oleh Dokter yang menangani di vonis terkena leukemia ( kanker darah stadium IV ). Orang tua mana yang tidak hancur hatinya melihat anak yang tercinta , masih  belia dan murni hatinya menderita sakit yang begitu berat. Saya sendiri sebagai teman dan juga orang tua yang mempunya anak , sangat bisa merasakan kesedihan teman saya tersebut.

Sebelum dipanggil Tuhan, selama 6 bulan menjalani perawatan keluar masuk rumah sakit dan menjalani kemoteraphi 2 kali serta menjalani transfusi darah sebanyak 35 pack sungguh penderitaan yang tidak ringan dipikul oleh anak sekecil itu. Demikian juga orang tua dan keluarganya tentu tidak tega melihatnya. Tetapi sungguh luar biasa cara Tuhan berkarya dalam kehidupan anak itu, saya sendiri menyaksikan pada saat menengok di rumah sakit, anak teman saya itu tidak mengeluh sama sekali didalam penderitaannya , bahkan  keceriaannya dan kelucuannya tidak hilang karena sakit yang dideritanya . Didalam sakitnya si anak selalu menghibur keluarganya dengan tingkahnya yang lucu, sungguh anak itu seperti ‘’ Malaikat kecil ‘’ yang  Tuhan hadirkan dalam hidup keluarga teman saya tersebut.

Malaikat kecil itu sungguh luar biasa , ditengah penderitaannya bahkan beberapa kali darah mengucur deras dari hidungnya dan mulutnya mulai kesulitan untuk menguyah makanan  Malaikat kecil itu tetap ceria dan tidak seperti orang sakit serta tetap menghibur keluarganya dengan tingkahnya yang lucu serta tidak menunjukkan diri seperti orang yang sedang sakit. Hari terakhir sebelum dipanggil Tuhan, Malaikat kecil itu hanya merasakan kesakitan sebentar dan setelah itu dengan wajah tersenyum dipanggil Tuhan di tengah-tengah keluarga yang mengasihinya. Selamat jalan Malaikat kecil,  Tuhan sangat menyayangimu dan ingin engkau dekat dengaNya di Surga yang damai dan lepas dari segala penderitaan.  Semoga ayah, ibu , saudaramu dan semua keluargamu melepasmu dengan ikhlas dan  tetap bersyukur karena malaikat kecil itu sudah kembali dan berbahagia dengan sang Pencipta dan  kenangan indah bersamamu tidak akan pernah terlupakan selamanya.

Pembaca yang hebat…!!  ” Ketika harapan yang kita inginkan tidaksesuai kenyataan janganlah kecewa, tetaplah bersyukur serta belajarlah mengerti rencana Tuhan atas hidupmu dan tetap percaya kepada-Nya “ Ketika  harapan tidak sesuai kenyataan ‘’ janganlah menyerah dan putus asa bahkan mengambil jalan pintas yang tidak benar. Kita semua tentu boleh berharap tetapi yang tidak boleh kita lupakan adalah Tuhanlah yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita. Jadi  ‘’ ketika harapan tidak sesuai kenyataan ‘’ tetaplah percaya bahwa itu semua adalah yang terbaik untuk kita. Saya pribadi sangat mempercayai Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik untuk insan ciptaanNya yang hanya bersandar dan berharap padaNya. Walaupun seolah diawal semuanya tidak baik atau pahit bagi kita tetapi pasti ada maksud Tuhan dibalik semua itu.

Mungkin saat ini kondisi yang Anda alami terasa begitu berat dan ketika harapan Anda tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi ada baiknya kita melakukan hal-hal sbb :

1..Tetap bersyukur dan percaya kepada Tuhan bahwa ada rencana Tuhan yang indah dibalik semua yang terjadi. Walapun harapan Anda belum sesuai kenyataan jangan pernah menyalahkan Tuhan dan orang lain serta belajarlah untuk untuk tetap berysukur walaupun itu tidak mudah dan percayalah Tuhan tidak pernah mencobai umatNya melebihi kekuatannya. Anda hanya perlu bersabar menunggu waktu Tuhan dan belajar memahami dan mengerti rencana Tuhan dalam hidup Anda.

2..Jangan pernah meninggalkan Tuhan dan mencari jalan keluar yang keliru. Walaupun harapan Anda belum sesuai kenyataan , bahkan apabila seolah semua jalan tertutup, jangan pernah meninggalkan Tuhan  apa lagi melakukan hal-hal  yang tidak dibenarkan  dan menghalalkan segala cara agar harapan Anda dapat terwujud. Kekuatan manusia memang terbatas tetapi cara Tuhan dalam menolong Anda tidak bisa dibatasi oleh akal pikiran manusia.

3..Introspeksi diri, bersikap tenang, mengambil hikmah dari semua yang terjadi dan berpikir positip serta libatkan Tuhan dalam setiap permasalahan yang sedang Anda hadapi. Itu perlu dilakukan agar Anda dapat menata kembali hidup Anda dan  bisa mengatasi masalah apapun yang terjadi  dengan bijak serta tidak mengambil langkah yang keliru. Anda harus percaya walaupun harapan Anda belum menjadi kenyataan  pasti ada sesuatu yang baik yang Tuhan rencanakan untuk hidup Anda.

‘’ Kita tidak bisa menuntut Tuhan untuk selalu memenuhi  harapan kita ,  tetapi belajarlah untuk mengerti rencana Tuhan dalam hidup ini, karena Tuhan pasti tahu  yang terbaik untuk kita. ‘’ Oleh sebab itu sebagai manusia yang mempunyai akal dan pikiran kita tidak boleh memaksakan diri agar semua harapan kita harus terpenuhi. Bersikap tidak emosional dan bijak dalam melihat situasi apapun yang terjadi merupakan hal yang sangat penting dalam menjalani hidup ini. Walaupun mungkin harapan Anda saat ini belum sesuai kenyataan , tetapi Tuhan pasti tahu yang terbaik. Anda hanya perlu bersabar menunggu waktu Tuhan dan belajar memahami dan mengerti rencana Tuhan dalam hidup Anda.

‘’ Kita tidak bisa menuntut Tuhan untuk selalu memenuhi  harapan kita , tetapi kita harus percaya bahwa Tuhan pasti memberikan yang terbaik untuk kita ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung