Kita Mampu Bertahan

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Kondisi saat ini setelah adanya virus corona dan berbagai permasalahan lain yang terjadi akhir-akhir ini dan yang akan berlangsung sampai waktu yang kita semua tidam tahu tentu mengkhawatir kita semua. Banyak aktivitas di masyarakat sampai sekarang belum bisa berjalan dengan normal dan sebagian besar  orang dipaksa untuk lebih banyak  berkegiatan dirumah, mulai dari belajar, bekerja hingga beribadah, bahkan menikmati kegiatan seni dan budaya juga dilakukan secara virtual dan dilihat dari rumah. Area publik seperti mall, pasar, bisokop, tempat-tempat mencari hiburan dan sejenisnya menjadi area berbahaya yang sebisa mungkin dihindari. Bahkan bersalaman dan peluk cium sebagai ungkapan rasa persahabatan dan rasa sayang dianggap hal yang membahayakan. 

Kondisi tersebut diatas tentu diluar prediksi semua orang, bahwa aktivitas sosial yang normalnya membahagiakan kini menjadi membahayakan dan kondisi ini dialami oleh seluruh manusia di muka bumi ini, sungguh tidak pernah terbayangkan. Awalnya hanya masalah kesehatan akhirnya berdampak juga ke masalah ekonomi bahkan bisa berimbas juga ke masalah sosial. Indonesia saat ini sudah mengalami masuk dalam krisis ekonomi. Banyak perusahaan yang sudah merumahkan karyawannya dan yang tidak mempunyai modal yang besar terpaksa harus menutup usahanya. Untuk perusahaan bermodal besar terpaksa harus memotong gaji karyawannya dan kalaupun tetap beroperasi harus merubah pola bisnisnya labih banyak menggunakan sarana media sosial dan semua itu harus dilakukan agar bisa bertahan.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Dampak krisis ekonomi tentu saja berdampak juga kepada ekonomi dalam keluarga, karena penghasilan pasti menurun atau berkurang, apalagi untuk mereka yang tidak bekerja tentu akan semakin pusing memikirkan jalan keluarnya, walaupun mungkin ada bantuan dari pemerintah tentu tidak bisa menutupi kebutuhan semuanya. Untuk bertahan hidup semua cara tentu harus dilakukan  tetapi agar bisa bertahan, tetapi kalau tidak ada jalan keluar bisa juga melakukan hal-hal yang tidak benar, Inilah yang ditakutkan oleh banyak orang. Dari awalnya hanya masalah kesehatan berdampak ke masalah ekonomi akhirnya bisa berimbas ke masalah sosial, semoga hal tersebut tidak terjadi.

Pembaca yang hebat…!! Bagaimana kita ‘’ kita mampu bertahan ‘’ dalam mengatasi situasi yang tidak mudah seperti sekarang ini, dari kondisi normal menjadi abnormal dan menuju ‘’ new normal ‘’ , kondisi tersebut harus kita sikapi dengan bijak agar tidak salah dalam melangkah dan mengambil keputusan agar ‘’ kita mampu bertahan ‘’ dan keluar dari situasi yang sulit ini. Ada beberapa hal yang mungkin bisa kita lakukan :

1..Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan banyak berdoa. Kita harus percaya situasi apapun yang terjadi saat ini atas seijin Tuhan dengan demikian memohon pertolongan Tuhan itu adalah hal yang wajib dan percayalah Tuhan pasti memberi jalan keluar, karena dimana ada masalah pasti ada jalan keluar. Dengan banyak berdoa dan mendekatkan diri Kepada Tuhan membuat diri  kita juga akan tenang dan dapat berpikir jernih.

2..Tetap tenang dan jangan panik. Sesulit apapun situasi yang kita hadapi saat ini tetaplah tenang dan jangan panik agar kita bisa berpikir jernih dan tetap waspada dalam menyikapi situasi yang terjadi serta dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dan  bijak. Kita seringkali dikalahkan oleh masalah bukan karena kita terlalu lemah, atau masalahnya tarlalu berat tetapi karena kita panik, gugup, cemas , kuatir dan takut. Dengan bersikap tenang kita akan mendapat kekuatan untuk mengatasi situasi sesulit apapun. 

Gambar : Dokumentasi pribadi

3..Jaga kesehatan dan tingkatkan imunitas tubuh. Jika tubuh sehat maka kita bisa melakukan banyak hal, oleh sebab itu menjaga kesehatan adalah prioritas utama dengan cara menjaga pola makan, pola pikir dan cara hidup yang sehat dan tentu saja dengan berolah raga agar imunitas tubuh tetap terjaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit atau tertular virus corona.

4..Lakukan protokol kesehatan dengan benar. Panduan protokol kesehatan tentu kita semua sudah tahu karena sudah banyak informasinya, yang penting dilakukan adalah menjalankannya dengan disiplin dan jangan lengah. Dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan kita tidak hanya menyayangi diri  sendiri tetapi juga melindungi orang-orang yang kita sayangi, baik dirumah, dilingkungan sekitar rumah, ditempat kerja, ditempat kita beribadah dan dimananpun kita berada.

5..Atur Keuangan keluarga dengan Ketat. Dengan kondisi keuangan yang mungkin berbeda seperti sebelumnya karena penghasilan mungkin berkurang, maka setiap uang yang dikeluarkan harus betul-betul diperhitungkan dengan cermat dan disiplin . Utamakan pengeluaran untuk kebutuhan yang mendasar dan yang penting. Kalau perlu buat anggaran rumah tangga  tiap bulan dan jika perlu setahun agar kita bisa kita mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi dan sudah menyiapkannya dengan tepat, karena kita tidak tahu kapan kondisi virus corona akan berakhir. 

6..Berusaha untuk tetap produktif. Kita harus tetap berusaha bagaimana caranya agar tetap produktif ( menghasilkan uang ) dengan tetap memperhatikan protokol kesehehatan, misal : berjualan makanan atau produk-produk lain melalui media sosial dll, sehingga tetap ada penghasilan atau penghasilan tambahan.

7..Tetap bersyukur. Memang tidak mudah untuk bersyukur dalam situasi yang sulit, tetapi  bersyukur jauh lebih baik dibandingkan kita hanya mengeluh, menggerutu, mencari kesalahan orang lain ataupun stress dengan situasi yang  dihadapi karena akan membuat situasi tidak semakin baik.  Dengan tetap  mengucap syukur sebetulnya kita meyakini bahwa Tuhan pasti akan memberi jalan keluar  dan bahkan akan ada sesuatu yang baik/indah dibalik situasi yang terjadi. Tuhan pasti lebih senang kita bersyukur daripada hanya mengeluh atau menggerutu dan pasti memberi jalan keluar.

Gambar : Dokumentasi pribadi

8..Tetap optimis. Yakinlah dalam setiap masalah pasti ada jalan keluar, karena masalah selalu beriringan dengan solusi jadi kita harus yakin dan optimis kita bisa mengatasi masalah atau kesulitan apapun yang saat ini terjadi, karena masalah adalah hal yang biasa. Selama kita hidup pasti ada masalah dan selama ini setiap ada masalah kita juga mampu menyelesaikannya. Jadi seberat apapun masalah kita pasti bisa mengatasinya, karena Tuhan tidak pernah menguji insannya melebihi batas kemampuannya.

Dalam menjalani hidup ini. Selama kita hidup dan dimanapun kita berada maka kesulitan akan selalu ada, tetapi percayalah ‘’ kita mampu bertahan ‘’ selama kita tetap memiliki semangat untuk terus berjuang walaupun diterpa oleh berbagai masalah dan kesulitan yang harus dihadapi dan tetap fokus menggapai apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya. ” Pribadi yang tangguh memiliki motivasi yang kuat dalam dirinya untuk mampu bertahan melewati masa-masa sulit, karena meyakini tujuan yang ditetapkan akan terasa manis jika didapat dengan perjuangan “ oleh sebab itu  ‘’ jangan pernah menyerah dengan kesulitan dan masalah dalam hidup ini, karena kesulitan dan masalah akan meningkatkan karakter dan iman kita menjadi semakin kuat dan selalu bertumbuh. ‘’ Kita harus yakin dan percaya bahwa ‘’ Sebesar apapun kesulitan dan permasalahan yang harus dihadapi, kita akan tetap mampu bertahan dan bisa mengatasinya, jika kita yakin dan optimis bisa menyelesaikannya serta tetap selalu bersyukur dan berserah kepada Tuhan ‘’  Amin… 

‘’ Sebesar apapun kesulitan dan permasalahan yang harus dihadapi, kita akan tetap mampu bertahan dan bisa mengatasinya, jika kita yakin dan optimis bisa menyelesaikannya serta tetap selalu bersyukur dan berserah kepada Tuhan ‘’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung