Manfaat Ucapan Terima Kasih

2 Comments


Gambar : Dokumentasi Pribadi


Beberapa waktu yang lalu banyak berita di media online tentang Presiden Joko Widodo dalam upacara peringatan menyambut HUT ke 74 kemerdekaan Negara kita di istana Merdeka Jakarta ( Sabtu 17/8/2019) saat Presiden Joko Widodo melakukan hal yang tak biasa. Setelah prosesi upacara selesai, Presiden langsung turun dari mimbar kehormatan dan menghampiri komandan upacara yang masih berada di tengah lapangan. Komandan Upacara Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo pun tampak terkejut saat menyadari Presiden Jokowi berjalan ke arahnya. Ia langsung buru-buru memasukkan pedang yang ia pegang ke dalam sarung dan hormat ke Presiden Jokowi. Presiden Jokowi lalu menyalami dan mengucapkan terima kasih kepada Kolonel Laut Hariyo dan menepuk lengannya. Aksi Jokowi itu membuat para tamu undangan bertepuk tangan. Apa yang dilakukan Presiden Joko Widodo mendapat banyak pujian di masyarakat. Kolonel Laut ( P ) Hariyo tentu sangat senang dan bangga mendapatkan apresiasi langsung  dari Presiden Joko widodo.

Terima kasih suatu kata yang sederhana jika diucapkan sangat bermakna dan membawa dampak yang sangat positip. Ucapan terima kasih menjadi bagian tak terpisahkan dalam komunikasi, bila menjadi kebiasaan dan selalu diucapkan dengan tulus, akan semakin memperkaya batin kita. Istri saya setiap hari selalu mengucapkan kata terima kasih ditujukan kepada Sopir Ojek Online yang setiap hari mengantar anak saya kesekolah. Siapapun sopir ojek onlinenya. Demikian juga ucapan terima kasih selalu diucapkan istri saya  ke Bapak yang mengambil sampah setiap istri saya ketemu dengan bapak yang mengambil sampah. Hasil dari ucapan terima kasih yang selalu dilakukan istri saya ,  maka sampah-sampah yang berasal dari daun-daun dan ranting-ranting pohon dan tanaman yang sebelumnya tidak pernah dibawa oleh Bapak yang mengambil sampah sekarang selalu dibawa. Padahal sebelumnya hanya sampah rumah tangga saja yang diambil, sehingga saya harus membuang sendiri daun-daun atau ranting-ranting dari tanaman Dirumah. Itulah hebatnya ucapan terima kasih.

Pembaca yang hebat…!! Ucapan terima kasih  merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang sudah membantu dan  berjasa kepada kita dan jika itu dijadikan kebiasaan akan membawa pengaruh yang positif  “ Waktu kita masih kecil orang tua kita telah mengajarkan untuk berterima kasih ketika mendapatkan sesuatu dari orang lain atau setelah kita mendapat bantuan orang lain. Itu benar-benar sikap positif yang patut kita pertahankan. Sayangnya, semakin kita beranjak dewasa, sikap tersebut mulai hilang. Bahkan sebagian dari kita melupakan kata “Terima Kasih”. Kita menjadi lebih egois. Tidak ada lagi terima kasih. Dalam banyak kasus, kita seolah menggangap semua kebaikan orang lain merupakan sesuatu yang sepele. Tapi tahukah Anda, seandainya kita tetap mempertahankan sikap positif untuk mengucapkan terima kasih seperti saat kita masih kecil, kita akan mendapatkan manfaat yang besar.

Jadi, jika Anda ingin memotivasi bawahan Anda atau orang lain, mulailah dengan mengucapkan terima kasih . Jika ingin punya pelanggan yang setia ucapkan selalu terima kasih kepada para pelanggan Anda. Demikian juga dalam lingkungan keluarga Anda. Terima kasih kepada Orang tua ( ayah/Ibu ) yang telah merawat dan membesarkan dengan cinta dan pengorbanan yang luar biasa. Berterima kasih kepada Suami atau istri yang menjalankan kewajibannya dan melayani dengan penuh cinta setiap hari. dan berterima kasih kepada semua orang yang berjasa kepada Anda. Ucapan terima kasih merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada orang lain. Dan jika kita menghargai orang-orang di sekitar kita, maka hal yang sama pun akan mereka lakukan kepada kita. Karena semua kebaikan kita akan kembali kepada kita sendiri. Sekecil apapun bentuk kebaikan tersebut. Kita akan senang mendengarkan ucapan terima kasih dari orang lain atas kebaikan yang kita berikan. Hanya jika kita mulai membiasakan mengucapkan terima kasih terlebih dahulu kepada orang lain.

Jika ucapan terima kasih dijadikan kebiasaan oleh setiap orang, maka dunia ini akan penuh warna akan penghargaan atas ucapan terima kasih tersebut. Apa manfaat manfaat mengucapkan terima kasih kepada orang lain :

1..Membuat orang merasa dihargai. Ucapan terima kasih akan membuat orang merasa dihargai atas bantuan yang ia berikan. Itu juga akan membuat orang merasa senang membantu orang lain. Ucapan terima kasih merupakan bentuk apresiasi yang paling mudah dilakukan setelah kita menerima interaksi kebaikan. Ucapan ini dapat membuat orang lain tersenyum bahagia karena sudah memberikan sesuatu kepada kita.

2..Memotivasi orang untuk berbuat kebaikan. Ucapan teima kasih kepada seseorang terlebih jika itu dilakukan dengan tulus dan terus menerus akan memotivasi  orang lain untuk melakukan hal yang sama dan mengajarkan mereka untuk selalu melakukan kebaikan.

3..Merupakan bentuk pengetahuan dan kerendahan hati. Kita benar-benar memahami bahwa manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dan tidak bisa hidup sendiri . Dan rasa kerendahan hati tersebut adalah dengan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang tersebut.

4..Mengurangi masalah. Setiap orang akan merasa tidak senang dan bahkan marah jika bantuan yang ia berikan tidak dihargai sama sekali oleh orang tersebut. Dengan mengucapkan terima kasih, seseorang akan merasa dihargai atas kebaikannya sehingga mengurangi timbulnya masalah.

5..Menyenangkan hati orang.  Setiap orang akan merasa senang jika dapat berbuat baik kepada orang lain, apalagi ditambah dengan ucapan terima kasih dari orang yang sudah dibantu orang itu akan lebih merasa senang dari sebelumnya. Sehingga akan membuat selalu berusaha untuk berbuat kebaikan.

 ‘’ Kekuatan ucapan  terima kasih terbukti manfaatnya dan membawa dampak yang sangat positif jika kita ucapan dengan tulus kepada siapapun yang  membantu dan berbuat baik kepada kita dalam hal apapun “ Mari selalu ucapkan terima kasih kepada siapapun yang sudah berjasa atau berbuat baik kepada kita dan Terutama kepada Tuhan Yang Maha Kasih yang sudah memberikan berbagai nikmat dan kebaikan yang sudah kita terima. Amin….

Ucapan terima kasih  merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan kepada mereka yang sudah membantu dan  berjasa kepada kita dan jika itu dijadikan kebiasaan akan membawa pengaruh yang positif  “

( F. Kristiono )

2 Replies to “Manfaat Ucapan Terima Kasih”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,349 Pengunjung