Masalah…? Siapa Takut…!!

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Beberapa Waktu yang lalu saya ketemu dengan teman saya ( sebut saja DA ) yang stress menghadapi masalah dalam pekerjaan. Sebetulnya DA baru saja naik jabatan sebagai Manager Operasional dari jabatannya sebelumnya sebagai Supervisor. DA memimpin cabang yang kinerja penjualannya belum baik dan ada beberapa tagihan yang macet walaupun itu terjadi sebelum DA ada dicabang tersebut. Dalam setiap rapat DA selalu mendapat teguran dan dimarahi oleh atasannya, karena penjualan yang tidak sesuai target dan ada tagihan ke customer yang kurang lancar. DA sering harus memberi pinjaman dahulu  untuk menutup dari uang pribadinya agar piutangnya terlihat lancar dan bagus karena hal tersebut tersebut sudah lazim  dalam perusahaannya dan diminta juga oleh atasannya. Padahal jumlahnya cukup besar untuk ukuran DA.

Kondisi tersebut membuat DA Stress dan tertekan  sehingga berniat untuk keluar dari pekerjaannya. Mendengar hal itu saya meminta DA untuk bercerita terus sambil saya minta DA untuk memegang dan mengangkat gelas berisi air yang ada dimeja dan jangan dilepas  sampai dia tidak kuat lagi memegangnya. Sambil bercerita mengenai masalahnya  DA tetap memegang gelas  , 15 menit berlalu DA tetap memegang gelas dan mulai mengeluh untuk  meletakkan gelas yang dipegang tetapi saya tetap minta gelas itu untuk tetap dipegang. Akhirnya setelah 30 menit DA tidak tahan dan meletakkan gelas yang dipegang kemeja  dan bertanya ke saya, apa maksudnya harus memegang Gelas.

Saya menjelaskan kepada DA demikian : Gelas tersebut sebetulnya tidak berat setiap orang bisa memegang dan mengangkatnya bahkan anak kecilpun bisa, tetapi masalahnya adalah bukan pada gelasnya, tetapi adalah berapa lama DA memegang gelas itu. Jika dipegang dan diangkat selama 1 menit atau 5 menit tidak akan ada effeknya, tetapi jika tetap dipegang selama 1 jam maka tangan akan terasa sakit dan jika dipegang seharian, maka tangan akan terasa kaku dan mati rasa, padahal berat gelasnya tidak berubah, tapi makin lama terasa makin berat.

Iilustrasi gelas yang dipegang dan diangkat teman saya DA adalah berbicara  tentang persoalan dan masalah jika dipikirkan hanya sebentar tidak akan menjadi beban. Mulai memikirkannya lebih lama maka akan terasa berat dan jika berlarut –larut memikirkannya serta menjadi beban bahkan sampai mengesampingkan hal-hal lain yang positip dan terjebak hanya pada masalah yang dihadapi sampai membuat stress dan khawatir berlebihan maka masalah tersebut justru akan semakin sulit untuk diselesaikan, karena yang diperlukan adalah bersikap tenang, berpikir jernih, mengurai satu persatu masalah dan bila perlu berkonsultasi dengan orang yang tepat serta berdoa minta pertolongan kepada Tuhan, karena ” ketika masalah dan kesulitan datang bertubi-tubi dalam hidupmu sebetulnya Tuhan ingin menguji sejauh mana keteguhan dan  kekuatan  karakter dan imanmu , karena karakter dan Imanmu tidak akan bertumbuh tanpa melalui proses ujian yang harus dijalani ” karena itu jangan takut menghadapi setiap masalah yang terjadi dalam hidupmu, karena dalam setiap masalah pasti ada jalan keluar dan selalu ada hal yang positif yang akan kita dapat.

Pembaca yang hebat …!! Kebanyakan orang menganggap masalah adalah bencana. Padahal dari datangnya masalah tersebutlah kita semua harus mengerti bahwa Tuhan masih menyayangi kita dan hanya ingin kita lebih memahami hidup dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki. Masalah memang harus kita hadapi dan jangan lari dari masalah , ” Seberat apapun masalahmu jangan jadikan sebagai beban yang begitu berat dan membelenggu hidupmu sehingga membuat strees dan khawatir, jangan meremehkan Tuhan seakan tidak mampu menyelesaikan masalahmu “ apalagi jika sampai melakukan hal yang negative dan mencoba mencari jalan pintas yang tidak benar.

Selama kita hidup masalah akan selalu ada tetapi kita harus mengerti bahwa :

1. Masalah yang Anda hadapi pasti ada jalan keluarnya dan tidak akan melebih kekuatan Anda. Penanda Tuhan masih menyayangi Anda adalah melalui masalah yang dihadapi. Setidaknya dari masalah tersebut Anda berproses untuk menjadi manusia yang lebih bijaksana kelak. Masalah dan solusi itu sebenarnya berjalan bersisian, tergantung bagaimana Anda berusaha mencari jalan keluarnya, yang pasti sudah Tuhan siapkan bahkan sebelum masalah itu terjadi. Ingatlah bahwa Tuhan tidak akan memberi ujian di luar batas kemampuan hambanya. Tuhan hanya ingin menguji mental kita seberapa pantasnya untuk dibilang tangguh.

2. Jangan hanya diam dan menghindar, Anda tidak  akan berkembang. Bergeraklah agar lebih kuat. Diam dan menghindar tidak akan menghasilkan apapun, tidak akan membentuk Anda jadi apa-apa dan tidak menemukan solusi dari masalah. Lakukan apa yang bisa Anda lakukan dan bergerak untuk coba mengurai masalah pasti Tuhan akan membuka jalan. Inilah kesempatan Anda untuk dapat berkembang lebih baik lagi, setidaknya akan selalu ada kebaikan dibalik kenyataan pahit yang Anda hadapi.

3. Jangan pernah merasa tidak mampu karena Anda Punya kelebihan yang membuat bisa bertahan sampai saat ini. Buang jauh-jauh pikiran negative yang hanya akan mengecilkan diri Anda sendiri dan selalu berpikir positip, karena jalan keluar pasti ada dalam setiap masalah , karena selama ini juga ada  masalah dan Anda juga mampu mengatasinya.

4. Jangan mengambil keputusan pada saat emosi karena hal itu bisa jadi pemicu masalah baru. Jangan mengambil keputusan pada saat sedang emosi dan tetap bersikap tenang serta berpikir jernih dan berdoa dulu dalam setiap keputusan yang akan diambil terlebih jika itu hal yang sangat penting.

5. Pikirkanlah jalan keluar tapi jangan terlalu menjadi beban pikiran yang sangat berlebihan. Setiap orang punya cara yang berbeda dalam menyikapi masalah yang terjadi. Jangan masalah kecil di besar-besarkan terlebih jika masalah itu tidak mempengaruhi masa depanmu. tetapi juga jangan menggampangkan masalah. Dengan tetap berpikir tenang dan jernih maka Anda akan dapat memilah masalah dengan benar sesuai dengan prioritas penyelesaiannya.

Selama kita hidup masalah akan selalu ada, tetapi kita semua pasti dimampukan untuk menyelesaikan setiap masalah jika Anda selalu optimis dan tenang dalam menyikapi setiap masalah serta melihat bahwa itu semua adalah proses pendewasaan hidup dan iman Anda dan percayalah bahwa  Tuhan pasti memberi jalan keluar dari setiap masalah yang Anda hadapi. ” Jangan takut dan Jangan minta Tuhan menghilangkan masalah dan kesulitan dalam hidupmu tetapi mintalah Tuhan memberi kekuatan dan jalan keluar, karena masalah dan kesulitan akan membentuk karakter dan imanmu semakin meningkat “ Amin.

” Jangan takut dan Jangan minta Tuhan menghilangkan masalah dan kesulitan dalam hidupmu tetapi mintalah Tuhan memberi kekuatan dan jalan keluar, karena masalah dan kesulitan akan membentuk karakter dan imanmu semakin meningkat “

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,267 Pengunjung