Milikilah Karakter Pemenang

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Setiap orang tentu ingin menjadi juara ,karena menjadi juara tidak hanya keinginan seorang atlet yang berlomba dalam kejuaraan saja, tetapi menjadi juara atau menjadi yang terbaik  adalah dambaan  setiap orang yang bergerak dalam bidang apa saja. Baik itu seorang pelajar, mahasiswa, atlet, seniman, karyawan dsb. Semua orang pasti ingin menjadi juara atau menjadi yang terbaik dibidangnya tetapi untuk menjadi juara harus mempunyai  karakter pemenang bukan pecundang.  Banyak orang berhasil menjadi juara karena memang dia memiliki ‘’ karakter  pemenang ‘’ . Tanpa memiliki karakter pemenang, sangat sulit bisa menjadi juara.

Saya mempunyai seorang teman yang tamatan SLTA  dan mempunyai jabatan sebagai Sales Supervisor di perusahaan Retail yang ternama di Indonesia. Pada Waktu itu dia bertanya kepada saya ‘’ apakah saya bisa menjadi seorang Manager dengan posisi sekarang sebagai Sales Supervisor dan hanya lulus SLTA ‘’ saya menjawab ‘’ Bisa ..!! ‘’ , tetapi sangat tidak mudah karena banyak saingannya dan harus selalu meningkatkan prestasi dan kompetensinya terus menerus sehingga bisa bersaing dengan yang lainnya dan juga tergantung penilaian pimpinannya terhadapnya.  Mendengar jawaban saya, teman saya menyampaikan kepada saya beberapa hari lagi minta waktu berdiskusi lagi dengan saya.

Seminggu kemudian teman saya datang menemui saya dan mengatakan bahwa sebetulnya dia sudah merintis sebagai Distributor buku dan memasok diperusahaan tempat dia bekerja , tetapi selama ini yang menjalankan perusahaan adalah kakaknya laki-laki yang merangkap profesi juga sebagai seorang pengajar sehingga pengelolaanya tidak maksimal  karena tidak fokus dalam menanganinya. Setelah berdiskusi cukup lama akhirnya teman saya memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan dan serius untuk menekuni bisnis distributor buku dan meminta saya untuk tetap menjadi teman berdiskusi jika ada masalah yang dihadapi dalam mengembangkan usahanya tersebut.

Singkat cerita dengan berjalannya waktu dan berbagai tantangan yang dihadapi dan harus mengalami jatuh bangun dalam mengelola usahanya teman saya tersebut berhasil menjalankan usahanya dengan sukses bahkan sekarang menjadi distributor dan penerbit buku yang cukup besar dengan omset penjualan Milyaran rupiah setiap bulannya dan hampir semua produk yang dijualnya di pasarkan di tempat dia bekerja dulu, bahkan teman saya tersebut menjadi salah satu pemasok terbesar . Sebagai teman saya turut senang dan bangga mempunyai teman yang sukses dan mempunyai ‘’ karakter pemenang ‘’

Pembaca yang hebat …!! setiap kita tentu ingin menjadi pemenang, tetapi untuk mencapai semua itu tentu dibutuhkan proses dan tantangan yang tidak mudah serta tidak ada kata menyerah dalam hidupnya. “ Meskipun berada ditengah kesulitan dan tantangan hidup yang berat, orang yang memiliki karakter pemenang takkan penah menyerah dan putus pengharapan “  karena itu untuk memiliki karakter sebagai pemenang maka orang itu harus :

1..Berkemauan keras

Orang yang berkemauan keras harus mempunyai keinginan untuk meniru/belajar dari keberhasilan orang lain ( dalam arti yang positip ). Belajar dari kiat-kiat sukses orang yang berhasil tersebut

2..Bertekad bulat

Mempunyai tekad yang bulat harus berhasil ! Dan melakukan usaha-usaha yang terus menerus dan pantang menyerah agar terwujud keinginannya.

3..Berani mengambil resiko / kesempatan yang ada.

Setiap kesempatan atau peluang yang ada harus berani untuk mengambil, tentu dengan berbagai pertimbangan yang matang, waalupun mungkin harus mengalami resiko kegagalan. Lebih baik mencoba tetapi gagal daripada tidak pernah melakukan apa-apa. Kegagalan akan membuat kita semakin berhati-hati dan mencoba lagi dengan lebih baik. Kegagalan adalah awal dari keberhasilan.

4..Tidak takut pada penderitaan atau kesulitan dan pantang menyerah

Walaupun menghadapi banyak tantangan, kesulitan dan cobaan, tetapi tetap tegar dan tidak takut menghadapi semuanya itu dan tidak pernah kenal menyerah untuk mencapai apa yang diinginkan.

5..Memotivasi diri sendiri terus menerus.

Orang yang bekerja / berkarya dengan motivasi tinggi akan giat dan penuh gairah, tidak mudah lelah dan tidak mudah putus asa. Perkatakan keinginan kita terus menerus dengan iman dan percalah cepat atau lambat keinginan kita pasti akan tercapai.

Untuk menjadi pemenang atau menjadi yang terbaik terbaik maka kita harus memiliki karakter pemenang. “ Memiliki karakter pemenang, harus berani menghadapi tantangan, kesulitan, berani mengambil resiko dan mau belajar serta tidak ada kata menyerah dalam hidupnya ‘’  dan setiap orang mempunyak kesempatan untuk menjadi pemenang dan jangan takut untuk meraihnya karena setiap orang punya kesempatan untuk menjadi pemenang. “ Seorang pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal dan tidak pernah kalah, tetapi ia mau bangkit dari kegagalan atau kekalahan dan berusaha lebih keras lagi untuk meraih kemenangan ‘‘ Amin…

“ Memiliki karakter pemenang, harus berani menghadapi tantangan, kesulitan, berani mengambil resiko dan mau belajar serta tidak ada kata menyerah dalam hidupnya ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,267 Pengunjung