Nikmatnya kopi Mas Joe

2 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Beberapa waktu yang lalu saya pergi ke salah satu mall di kota Sleman DIY untuk melihat melihat-lihat pameran yang ada di Atrium mall tersebut. Ternyata waktu itu sedang ada pameran kopi dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Karena akhir-akhir ini saya mulai menyukai minum kopi masuklah saya ke salah satu stand kopi yang ada. Saya tertarik masuk kesalah satu stand kopi dari kota Wonosobo yang menjual berbagai produk kopi dari gunung-gunung yang ada di sekitar kota Wonosbo dan dilayani oleh petugas yang waktu itu berjaga di stand tersebut yaitu mas Zoeni Eko Arfian yang akrab dipanggil Joe ( 30 thn ) dan berbincang-bincang cukup lama.

Mas Joe adalah lulusan Fakultas Pertanian UNS  dan sejak tahun 2009 membina petani kopi yang berasal dari gunung Sindoro, Sumbing, Perahu, Bismo dan Dieng yang saat itu tertekan dengan tengkulak yang mengatur harga kopi sehingga petani kopi tidak bisa menikmati harga yang layak.  Kepada para petani kopi mas Joe melakukan pembinaan yang meliputi teknik budidaya, proses pengolahan serta pemasaran dan hasilnya saat ini harga kopi dari para petani dijual dengan harga di kisaran Rp. 85.000 sd 95.000/kg dari harga sebelumnya  Rp. 15.000/kg. Bahkan produk kopi dari Gunung Bismo  dengan merek ‘’Tambi’’ masuk 10 besar nasional di tahun 2018 dan 2019 karena kenikmatannya dan imbasnya tentu sangat positip bagi para petani kopi di daerah tersebut.

Selain melakukan pembinaan kepada para petani kopi Mas Joe juga membuka kelas kopi dan pelatihan untuk Barista Roasting secara rutin 1 tahun 2 kali secara gratis kepada para pemula, selain itu juga membuka kedai kopi dengan merk ‘’ Marchas Koffie ‘’ di kota Wonsobo sejak bulan September 2017. Dari berkenalan dengan mas Joe akhirnya saya juga mengerti berbagai macam jenis kopi, apa manfaatnya bagi kesehatan, bagaimana cara mengolah minuman kopi yang benar bahkan cara menikmatinya. Bahkan secara khusus saya juga dibuatkan minuman kopi yang dijualnya dari berbagai varian dan di ajari secara langsung bagaimana mengolahnya dan  bisa langsung saya minum dan sungguh nikmat rasanya kopi buatan mas Joe. Saya sungguh mendapatkan pengalaman yang sangat berharga sekali dan membuat saya semakin menyukai minuman kopi. Akhirnya saya juga membeli berbagai jenis varian kopi yang dijual oleh mas Joe.

Pembaca yang hebat…!!  Ada istilah ‘’ pembeli adalah raja ‘’ tetapi pada kenyataanya banyak diantara kita sebagai penjual memperlakukan pembeli belum selayaknya, apalagi menganggapnya sebagai raja yang harus dilayani dengan special. Tetapi dari pengalaman menjadi customer mas Joe saya betul- betul merasakan bahwa ‘’ pembeli adalah raja ‘’ karena saya mendapatkan pelayanan yang special dan bahkan melebihi yang saya harapkan. Mas Joe betul-betul memenangkan hati pelanggannya. Sehingga sayapun tidak merasa berat untuk membeli produk dari mas Joe cukup banyak. Bahkanjika  suatu saat jika saya butuh kopi dari Wonosobo pasti saya akan menghubungi mas Joe.

Pembaca yang hebat…!! Jika ada perusahaan mempunyai karyawan seperti mas Joe saya percaya pasti para customernya akan loyal dan otomatis membuat brand dari perusahaan juga akan meningkat, karena mas Joe sudah memenangkan hati  pelanggannya ( Win customer’s hearts ) dan membuat puas pelanggannya ( Customer delight ) bahkan  pelanggannya mendapatkan pelayanan melebih apa yang diharapkan . Dengan demikian apa yang menjadi target perusahaan pasti akan tercapai karena mempunyai karyawan yang betul-betul sesuai dengan harapan customer.

Di era persaingan bisnis yang begitu keras saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa kepuasan pelanggan merupakan hal yang terpenting untuk menunjang bisnis kita, karena kepuasan pelanggan berperan penting untuk meningkatkan omset perusahaan dan otomatis akan berpengaruh juga terhadap kelangsungan hidup dari perusahaan itu sendiri. Kepuasan pelanggan akan membuat bisnis bisa berlangsung lama atau kandas di tengah jalan. Oleh sebab itu  pelayanan yang maksimal dalam suatu perusahaan kepada para pelanggannya adalah hal yang mutlak dan wajib untuk dilakukan.

Jika customer mendapatkan kepuasan dari produk / jasa yang ditawarkan maka kemungkinan besar customer akan terus datang dari waktu ke waktu dan tidak menutup kemungkinan customer tersebut akan becerita kepada relasi, sahabat, keluarga dsb, dengan demikian akan mendatangkan pelanggan baru , tetapi sebaliknya jika customer tidak puas atas produk / jasa yang diberikan maka tinggal tunggu waktu saja produk atau jasa yang ditawarkan akan ditinggalkan customernya.

Dari kisah tersebut diatas ada beberapa hal yang penting untuk kita renungkan jika kita ingin memuaskan pelanggan dan mendapatkan customer yang loyal ;

  1. Penguasaan produk/jasa yang ditawarkan merupakan hal yang sangat penting.
  2. Komunikasi yang baik secara personal dan berusahalah untuk mengenal pelanggan Anda.
  3. Berikan perhatian khusus kepada pelanggan Anda terlebih jika itu adalah pelanggan potensial
  4. Ciptakan hubungan yang baik dan saling menguntungkan satu sama lain ( simbiosis mutualisme ) karena customer sekarang sudah semakin cerdas.
  5. Ucapan terima kasih kepada pelanggan Anda dan bila perlu sampaikan bahwa Anda senang berkenalan dengannya  dan menantikan kunjungan berikutnya.

Tentu masih banyak lagi teknik-teknik untuk menciptakan kepuasan pelanggan dan mendapatkan customer yang loyal. Tetapi dari semua itu yang paling penting adalah kita harus selalu menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan dengan demikian komunikasi akan berjalan dengan baik  dan jika ada masalah dapat diselesaikan dengan segera. Semoga bermanfaat.

‘’ Kepuasan pelanggan akan membuat bisnis bisa berlangsung lama atau kandas di tengah jalan ‘’

( F. Kristiono )

2 Replies to “Nikmatnya kopi Mas Joe”

  1. Sepakat mas, harga tidak menjadi masalah bagi sebagian orang bila hatinya sudah terpuaskan, artikel ini bila dpt diterapkan maka tidak menutup kemungkinan pembeli menjadi loyal, terima kasih banyak mas atas sharingnya 🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung