Selama Ada Usaha Pasti Ada Jalan

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Kondisi saat ini dengan pandemi virus corona yang sudah berlangsung berbulan-bulan tentu sangat mengkhawatirkan kita semua, karena yang terdampak tidak hanya masalah kesehatan tetapi juga ke masalah ekonomi dan bisa berimbas juga ke masalah sosial. Kondisi di Indonesia saat ini sudah mengalami masuk dalam krisis ekonomi. Dampak krisis ekonomi tentu saja berdampak juga kepada ekonomi dalam keluarga, karena penghasilan pasti menurun atau berkurang, apalagi untuk mereka yang tidak bekerja tentu akan semakin pusing memikirkan jalan keluarnya, walaupun mungkin ada bantuan dari pemerintah tentu tidak bisa menutupi semua kebutuhan hidup. Untuk itu berbagai cara tentu harus dilakukan agar kehidupan bisa terus berjalan. Semoga saja kita semua bisa mengatasi kesulitan yang terjadi dan  jangan ada kata menyerah  , karena  ‘’ selama ada usaha pasti ada jalan. ‘’

Saya mempunyai teman namanya AD yang sering berdiskusi dengan saya.  AD menyatakan betapa beratnya permasalahan yang dihadapi dengan adanya virus corona. Sebagai karyawan gajinya berkurang karena ada pemotongan dari perusahaan. Sedangkan suaminya yang berjualan di sektor UKM yng dikelola oleh keluarganya tidak menjajakan dagangannya lagi karena tidak banyak customernya yang datang sehingga tidak ada penghasilan lagi. Dengan penghasilan yang berkurang, sedangkan biaya hidupnya justru bertambah dengan adanya biaya untuk pembelian pulsa HP untuk belajar anak-anaknya dirumah tentu sangat memusingkan, tetapi yang saya kagumi dari teman saya AD adalah semangatnya yang terus berusaha dan berupaya untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi karena dia mempunyai prinsip ‘’ selama ada usaha pasti ada jalan ‘’.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Untuk menambah penghasilannya  AD memanfaatkan media sosial untuk menjual berbagai macam produk. Mulai dari masker, pakaian, makanan bahkan sampai hasil pertanian atau perkebunan  dia jajakan melalui media sosial. Suaminyapun tidak mau ketinggalan untuk berjuang mendapatkan penghasilan, mulai dari membuat makanan untuk dititipkan  ke warung angkringan,  menjual hasil panen pohon asemnya, bahkan mengolah sawah orang tuanya. Demikian juga kedua anaknya yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar tidak ketinggalan membantu orang tuanya sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Mereka sekeluarga berjuang bersama agar bisa tetap bertahan ditengah kesulitan ekonomi yang terjadi.

Suatu ketika AD dan suaminya melihat ternyata buah asem dari hasil panen 2 pohonnya yang ada didepan rumahnya masih tersisa cukup banyak, walaupun sempat dijual dan dibagi-bagikan ke tetangga dan teman-temannya.  Melihat buah asem yang menumpuk itu terpikirlah AD dan suaminya untuk mengolah buah asem yang ada untuk dibuat menjadi sirup dari buah asem. Setelah melalui berbagai percobaan akhirnya berhasil diproduksi sirup asem tanpa bahan pengawet dan ditawarkan ke teman-teman AD dan saudara-saudaranya. Ternyata sirup asem yang dibuat banyak peminatnya, bahkan beberapa teman dan saudaranya bersedia menjadi resaler dan membantu menjualkannya. Karena pohon asem dirumahnya selalu berbuah dan tetangga AD banyak yang mempunyai pohon asem , maka AD dan suaminya lebih serius untuk menekuni pembuatan sirup dari buah asem, bahkan mulai berpikir untuk memberi merk dagang untuk sirup hasil produksinya dan meningkatkan kapasitas produksinya.

Gambar : Bersama AD & Suaminya

Setelah berjalan kurang lebih 2 bulan dan ditekuni dengan sungguh-sungguh AD dan suaminya saat ini bisa memproduksi dan menjual dalam 1 bulan 750 botol sirup asem ukuran 225 ml, dengan merk dagang ‘’ Lantaran ‘’. AD juga menampung dan membeli buah asem dari para tetangganya serta memberdayakan teman-teman untuk menjadi resaler sehingga mereka bisa mendapatkan tambahan penghasilan. Selain sirup asem suami AD juga sudah mulai mencoba membuat sirup dari bahan alami yang lain ( jahe, sere dan daun rosella ) dan saat ini sedang dalam uji coba. AD dan suaminya bebagi tugas. Suami AD memproduksi dan mengembangkan produk, AD bertugas memasarkan , membangun merknya serta mengurus legalitasnya produknya jika ingin dipatenkan dan dikembangkan menjadi skala yang lebih besar. Prinsip ‘’ selama ada usaha pasti ada jalan ‘’ dari AD dan suaminya akhirnya bisa menghasilkan sebuah usaha yang menjanjikan tidak hanya untuk AD dan keluarganya tetapi juga bisa memberdayakan dan membawa manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Setiap upaya dan usaha yang dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh pasti akan dibukakan jalan oleh Tuhan dan dalam hal ini teman saya AD sudah membuktikannya. 

Pembaca yang hebat..!! ” Sesulit apapun tantangan dan masalah yang harus dihadapi semua itu akan bisa diatasi  jika masih ada semangat dalam menjalaninya, karena selama ada usaha pasti ada jalan untuk menyelesaikan setiap masalah. “ Kesulitan hidup, tantangan, dan beban berat adalah kondisi yang wajar dan dapat dialami oleh setiap orang. Justru melalui tantangan dan beban hidup itu, Tuhan mau membawa kita naik kelas, bila kita mampu mengatasinya dan keluar sebagai pemenang. Kita harus mempunyai prinsip ‘’ selama ada usaha pasti ada jalan ‘’ dalam menjalani hidup ini . Jangan terlalu mudah menyerah dan putus asa bila hidup kita berjalan tidak sesuai dengan harapan kita. Apapun permasalahan dan kesulitan hidup yang anda alami saat ini pasti akan ada jalan keluarnya jika anda mau terus berupaya dan berusaha, karena Tuhan tidak pernah mencobai umatnya melebihi kekuatannya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

” Penderitaan dan pergumulan hidup yang berat bisa hadir kapan saja dan tanpa bisa diprediksi sebelumnya, tetap jika kita tidak putus asa dan berani menghadapinya serta tetap berserah dan bersandar pada-Nya pasti ada jalan keluar. “ Yang perlu anda lakukan jika menghadapi situasi yang sulit dan berat adalah sbb :

1..Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan banyak berdoa. Kita harus percaya situasi apapun yang terjadi saat ini atas seijin Tuhan dan percayalah pasti ada jalan keluar, karena dimana ada masalah pasti ada jalan keluar. Dengan banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan membuat diri  kita juga akan tenang dan dapat berpikir jernih.

2..Tetap tenang dan jangan panik. Sesulit apapun situasi yang kita hadapi saat ini tetaplah tenang dan jangan panik agar kita bisa berpikir jernih dan tetap waspada dalam menyikapi situasi yang terjadi serta dapat mengambil langkah yang tepat dan  bijak. Kita seringkali dikalahkan oleh masalah bukan karena kita terlalu lemah, atau masalahnya tarlalu berat tetapi karena kita panik, gugup, cemas , kuatir dan takut. Dengan bersikap tenang kita akan mendapat kekuatan untuk mengatasi situasi sesulit apapun. 

3..Konsultasi dengan orang yang anda anggap bisa membantu pemikiran atau memberi jalan keluar. Meminta petunjuk atau berkonsultasi dengan orang yang anda anggap berpengalaman, berwawasan luas dan pintar serta bisa dipercaya sangat diperlukan, jika memang anda merasa belum ada jalan keluar dari permasalahan atau kesulitan yang anda hadapi. Masukan dan pandangan orang dari orang lain tetap kita perlukan terlebih dalam kondisi yang tidak mudah. 

4..Berusaha untuk tetap produktif. Kita harus tetap berusaha bagaimana caranya agar tetap produktif ( menghasilkan uang ) dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, misal : berjualan makanan atau produk-produk lain melalui media sosial dll, sehingga tetap ada penghasilan atau penghasilan tambahan. Perhatikan juga kondisi yang yang ada disekitar barangkali bisa menciptakan peluang usaha yang menghasilkan uang dan menjanjikan.

5..Tetap optimis. Yakinlah dalam setiap masalah pasti ada jalan keluar, karena masalah selalu beriringan dengan solusi jadi kita harus yakin dan optimis kita bisa mengatasi masalah atau kesulitan apapun yang saat ini terjadi, karena masalah adalah hal yang biasa. Selama kita hidup pasti ada masalah dan selama ini setiap ada masalah kita juga mampu menyelesaikannya. Jadi seberat apapun masalah kita pasti bisa mengatasinya, karena Tuhan tidak pernah menguji insannya melebihi batas kemampuannya.

6..Tetap bersyukur. Memang tidak mudah untuk bersyukur dalam situasi yang sulit, tetapi  bersyukur jauh lebih baik dibandingkan kita hanya mengeluh, menggerutu, mencari kesalahan orang lain ataupun stress dengan situasi yang  dihadapi karena akan membuat situasi tidak semakin baik.  Dengan tetap  mengucap syukur sebetulnya kita meyakini bahwa Tuhan pasti akan memberi jalan keluar.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Selama kita hidup dan dimanapun kita berada maka kesulitan akan selalu ada, tetapi ’’ Sebesar apapun kesulitan dan permasalahan yang harus dihadapi jangan ada kata menyerah , karena selama ada usaha dan upaya pasti ada jalan untuk mengatasi setiap kesulitan dan masalah yang terjadi ‘’. Kesulitan itu akan membuat Anda lebih tahan uji, kuat, lebih sabar dan lebih dekat kepada Tuhan. Amin…

’’ Sebesar apapun kesulitan dan permasalahan yang harus dihadapi jangan ada kata menyerah , karena selama ada usaha dan upaya pasti ada jalan untuk mengatasi setiap kesulitan dan masalah  yang terjadi ‘’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,326 Pengunjung