Sukses Tidak Datang Begitu Saja

0 Comments


Gambar : Google Movie


Sebagian besar masyarakat di Indonesia pasti mengenal Ciputra, pengusaha nasional yang sukses dalam bisnis dan kehidupan pribadinya. Bermula dari Seorang bocah sederhana dari dusun kecil bernama Bumbulan dan kemudian dusun Popaya di pelosok Sulawesi Utara terus tumbuh menjadi seorang Ciputra yang Anda kenal hari ini. Disaat kanak-kanak dititipkan pada kerabat di Gorontalo pada saat berusia 7 tahun untuk dapat  bersekolah dan mendapat perlakuan yang keras dan akhirnya kembali kepangkuan keluarganya, tetapi akhirnya akhirnya harus   menjumpai keadaan ayahnya wafat menyedihkan didalam jeruji penjara penjajah Jepang saat itu dan tanpa bisa melihat jenasahnya.

Trauma masa kecil dan tuntutan harus menjadi laki-laki yang kokoh karena harus melindungi ibu dan saudara-saudaranya membentuk semangat dan motivasinya untuk melakukan yang terbaik dalam hidupnya. Untuk bertahan hidup Ciputra harus berburu berbagai binatang liar, babi, rusa, anoa, dengan berlari bertelanjang kaki didalam hutan agar keluarganya bisa makan. Sejak pagi hingga petang menggarap kebun  dan harus membagi waktu untuk bersekolah dengan berjalan kaki sejauh 14 Km pulang pergi tanpa alas kaki melalui jalan desa yang berlumpur dalam sehari, tidak membuatnya patah semangat dan berharap hari esok ada perubahan.

Karena impian yang besar untuk bangkit dari kemiskinan Ciputra mencambuk diri untuk berprestasi dan bercita-cita sekolah sampai tinggi, karena ia tahu seseorang yang miskin sekalipun bisa berada di satu meja dengan orang-orang terhormat bila ia pintar dan berpendidikan, sekolah setidaknya akan membuat Ciputra layak berada ditengah-tengah orang yang dihargai. Ketika akhirnya lulus sebagai arsitek dari ITB, hasrat untuk menjadi developer tak terbendung lagi dan berkarya ingin menciptakan sesuatu yang bermakna. Ciputra ingin membangun banyak kota baru dengan seluruh fasilitasnya untuk kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat. Sejak membangun Jaya Group, kemudian Metrpolitan Group, dan Ciputra Group dengan puluhan anak perusahaannya.  Ciputra akhirnya berhasil menjadi pebisnis yang sukses di tanah air.

Tidak hanya sukses dalam bisnis , keluarganya pun juga  menjalani kehidupan dengan baik dan sukses dan mereka semua berusaha hidup dengan benar sesuai dengan tuntunan keyakinan yang dipilihnya. Satu hal yang diyakini oleh Ciputra bahwa hidup ini adalah seperti sekolah kehidupan yang tidak akan pernah ada tamatnya sampai kita menutup mata. Semua orang tidak pernah akan tahu apa yang akan terjadi pada hari esok. Pada akhirnya bahwa kehidupan ini bukan tentang setinggi apa yang bisa kita capai , tapi semampu apa kita bisa mengisi hidup ini dengan sesuatu yang berarti dan memiliki nilai. Kita mungkin bisa jatuh bukan berarti hidup kita gagal. Yang terpenting bagaimana kita bisa memacu diri untuk terus menerus berusaha dan mengisi hidup dengan sesuatu yang berarti. Menghargai karunia-Nya dengan dengan bekerja baik, berpikir baik dan bercita-cita baik. Hidup adalah pertarungan tiada henti dan diatas segalanya adalahTuhan yang mengatur segalanya

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat…!! ,” Kesuksesan tidak datang dengan mudah, akan selalu ada rintangan dan tantangan, tetapi bukan rintangan yang menghalangi kita, pikiran kitalah yang terkadang membatasi kita untuk meraih kesuksesan “ Suatu pelajaran berharga, bahwa kesuksesan tidak mendatangi Anda. Andalah yang harus menemui-nya. Terserah anda sendiri apakah mau membuka pintu diri Anda untuk suatu kesempatan. Kesempatan emas yang Anda cari-cari berada di dalam diri Anda sendiri. Tidak tergantung pada lingkungan Anda, atau keberuntungan, atau pertolongan orang lain. Semua itu ada di dalam diri Anda sendiri. Anda bisa memulai dimanapun Anda berada . Rumput di kejauhan mungkin tampak lebih hijau, namun kesempatan itu tepat berada dimana anda berada. Ketika kesempatan itu muncul, ambillah keuntungan darinya.

Ada 4  rahasia yang tak terungkap dari orang sukses. Dan jika kita mengikuti rahasia ini, kita dapat menghasilkan hasil yang luar biasa yang sama persis seperti setiap orang yang berhasil melakukannya. Dengan kata lain, kita dapat meniru keberhasilan orang lain.

1. Sebagai ciptaan Tuhan kita harus menempatkan Tuhan yang pertama. Serahkan apa yang Anda kerjakan kepada Tuhan dan minta akan bantuan Tuhan dalam, hikmat, dana, dll. Anda harus percaya Tuhan yang menciptakan kita itu mampu dan ingin menolong kita.

2. Fokus pada apa yang kita inginkan dalam kehidupan sehari-hari.  Orang-orang sukses selalu berpikir dan fokus tentang mimpi mereka dan tujuan mereka dan mereka berpikir tentang bagaimana mereka dapat mencapai tujuan mereka. Di sisi lain, orang biasa berpikir tentang apa yang mereka tidak inginkan dan apa yang mereka khawatirkan. Bila Anda mengubah pemikiran Anda, Anda mengubah dunia luar Anda. Jika Anda melakukan ini, Anda akan mengaktifkan Hukum Ketertarikan untuk membantu Anda untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan.

3.   Menggunakan seluruh potensi maksimum yang Anda miliki & mencintai apa yang Anda lakukan. Ketika Anda melakukan sesuatu dengan perasaan senang, maka Anda akan  melakukannya dengan yang terbaik.  Inilah sebabnya mengapa orang sukses adalah yang terbaik di bidang mereka, karena mereka memiliki semangat yang kuat untuk apa yang mereka lakukan.  Anda harus melakukan hal yang sama.

4.   Memastikan bahwa Anda melakukan sesuatu setiap hari sehingga Anda akan menghasilkan  apa yang Anda inginkan dan membuat kemajuan menuju tujuan Anda. Kebanyakan orang tidak melakukan apa-apa tentang apa yang mereka inginkan. Mereka hanya mengatakan bahwa mereka INGIN memulai bisnis, tapi setelah mereka kembali ke rumah, mereka hanya menonton televisi dan tidur. Sukses tidak akan datang kepada Anda secara otomatis.  Anda perlu bertindak (Take Action) dan melakukan sesuatu setiap hari untuk menciptakan hasil yang Anda inginkan.Jadi, mulai sekarang dan seterusnya pastikan Anda konsisten untuk Take Action and Miracle Happen.

Gambar : Dokumentasi pribadi

” Sukses tidak selalu diukur dari posisi yang berhasil diraih, tetapi dari bagaimana menghadapi tantangan, kesulitan dan permasalahan yang dihadapi untuk mencapai kesuksesan itu. “ Selama kita memiliki antusiasme yang kuat, percayalah bahwa segala hal adalah mungkin! Tidak ada yang tidak mungkin! Terlebih lagi bagi kita orang percaya. Karena bagi Tuhan tidak ada hal yang mustahil? Segala hal menjadi mustahil atau tidak, tergantung dari diri kita sendiri. Tergantung bagaimana cara kita memandang, bagaimana kita memaksimalkan potensi yang ada, dan bagaimana kita memiliki jiwa yang besar. Apakah hari ini Anda mengalami kesulitan, masalah dan tantangan dalam pekerjaan Anda? Yakinlah bahwa Anda selalu memiliki kemampuan yang lebih dari cukup untuk mengatasi semuanya itu bersama dengan Tuhan.

Sumber referensi : Ciputra The Enterpreneur, Albertiene Endah , GPU

” Kesuksesan tidak datang dengan mudah, akan selalu ada rintangan dan tantangan, tetapi bukan rintangan yang menghalangi kita, pikiran kitalah yang terkadang membatasi kita untuk meraih kesuksesan “

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,326 Pengunjung