Perkuat Daya Tahan Diri Anda

2 Comments


Gambar : Dokumentasi Pribadi


Ada suatu jenis binatang yang mempunyai daya tahan tubuh yang prima, yaitu tikus kangguru yang hidup di hutan  Amerika  Selatan. Binatang ini bisa hidup tanpa minum.  Ia bisa tinggal di tempat yang kering dan di bagian paling panas yang disebut Lembah Kematian. Begitu juga dengan unta. Unta dapat hidup tanpa setetes airpun selama 20 hari, bahkan ada juga yang bisa bertahan sampai 30 hari. Selain itu unta tahan terhadap cuaca panas dan dingin. Menurut para ahli, rahasianya terletak pada kemampuan unta untuk mengatur suhu tubuhnya. Bila cuaca panas, ia menaikkan suhu tubuhnya beberapa derajat. Bila cuaca dingin, ia menurunkan suhu tubuhnya beberapa derajat. Unta yang sehat ternyata dapat mengangkat beban 250 kg dan menempuh jarak 50 km dalam sehari. 

Pembaca yang hebat..!! binatang-binatang tersebut diatas mempunyai daya tahan yang kuat karena mereka terbiasa dengan kesulitan-kesulitan yang dihadapi karena kondisi alam yang begitu keras sehingga metabolisme tubuhnya menyesuaikan dengan kondisi tersebut.  Demikian juga dengan kita sebagai mahluk Tuhan yang sempurna, kita semua harus melatih kehidupan kita agar dapat bertahan dalam berbagai situasi yang tidak mudah, karena saat ini  dunia bergerak begitu cepat dan kondisi persaingan yang semakin keras . Dalam situasi dan kondisi demikian  kita semua perlu memperkuat daya tahan diri kita agar dapat bertahan dan dapat mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Orang yang memiliki daya tahan yang kuat merekalah yang dapat bertahan serta menjadi pemenang dan bukan pecundang. Kenapa…? Karena ada sesuatu yang kuat di dalam dirinya. Sekalipun didera masalah bertubi-tubi, dia tidak mudah putus asa dan tetap bertahan . Sementara orang yang tidak memiliki daya tahan yang kuat, jika dibelit persoalan, mungkin langsung kecewa , menyerah dan pasrah . Orang seperti ini akan menjadi pecundang dan bukan pemenang. ” Orang yang memiliki daya tahan yang kuat , melihat permasalahan sebagai anak tangga menuju kemajuan, jika terbentur oleh suatu masalah dia tidak lari  tetapi akan menghadapinya dan  melihatnya sebagai tantangan untuk melatih diri menuju ke tingkat yang lebih tinggi “ Jika ada orang yang sudah biasa menghadapi masalah dan bisa melewati masalah, dengan sendirinya dia punya pengalaman menangani/mengatasi masalah. Orang yang sudah terbiasa mengatasi masalah, dengan sendirinya daya tahannya makin bertambah. Jadi, kesulitan atau masalah merupakan sebuah latihan baginya, sebuah ujian yang sangat penting.

Dalam menjalani hidup yang penuh dengan berbagai masalah dan kesulitan yang harus dihadapi sangat perlu untuk ntuk mempekuat daya tahan diri kota maka maka yang harus yang harus dilakukan adalah : 

1. Berani menghadapi kesulitan / tantangan. Orang yang berani menghadapi kesulitan dan tantangan pasti mempunyai daya tahan yang kuat. Karena sesungguhnya kualitas kematangan seseorang dibangun dari fondasi banyaknya hambatan dan masalah serta   kesulitan hidup  yang dihadapi , dengan demikian akan membentuk karakter dan mentalnya menjadi  tangguh dan tahan uji dalam segala situasi.

Gambar : Dokumentasi pribadi

2. Terbuka menerima kritikan dan masukan. Kritikan dan masukan diperlukan untuk membuat diri Anda  menjadi orang yang rendah hati dan tidak sombong serta tidak malu untuk  mau terus belajar kepada orang-orang yang mempunyai pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak dibandingkan Anda. Lebih baik lagi jika Anda mau belajar dan menerima masukan/kritikan  dari orang-orang  yang memang sudah teruji dan terbukti kemampuan atau kualitasnya.

3. Berani bertindak dan melangkah. Jangan pernah takut bertindak atau melangkah untuk mencapai tujuan atau cita-cita yang anda harapkan, sekalipun untuk itu Anda harus mengalami jatuh bangun dan kegagalan berkali-kali. Jangan pernah berhenti berjuang untuk menggapai yang anda cita-citakan . Sikap yang pantang menyerah dan tidak berhenti untuk berjuang merupakan sebuah jalan yang akan membawa Anda kepada perbuatan iman untuk menerima pertolongan dari Tuhan, sebab  Tuhan sangat menghargai orang  yang pantang menyerah.  Apapun yang  sedang Anda alami saat ini, jangan menyerah,  tetap berharap pada  pertolongan Tuhan. Karena Dia  tidak akan meninggalkan orang  yang selalu berharap kepadaNya.

4. Milikilah semangat pantang menyerah. Hidup adalah perjuangan, ketika seseorang sudah tidak memiliki semangat untuk berjuang, maka bisa dipastikan orang itu akan menjadi pecundang dan hanya bisa menyalahkan keadaan, diri sendiri dan orang lain. ” Sesulit apapun tantangan dan masalah yang harus dihadapi, jika masih memiliki semangat untuk berjuang, maka semuanya  itu akan bisa diatasi “ karena itu sesulit dan serumit apapun keadaan yang terjadi jangan pernah menyerah dengan keadaan, bangunkan semangat dalam diri dan terus berjuang sampai batas maksimal kemampuan yang dimiliki.

Selain ke 4 hal tersebut diatas yang tidak kalah pentingnya untuk memperkuat daya tahan diri Anda adalah dengan  cara mencintai pekerjaan, mencintai profesi dan mencintai apa yang Anda lakukan dan tentu saja mencintai keluarga dengan demikian secara tidak langsung Anda memperkuat daya tahan dan motivasi diri  Anda. Selain dari itu  yang paling utama dari semuanya  itu adalah menjadikan Tuhan  sebagai central atau yang paling utama dalam hidup Anda, karena Dialah yang akan membimbing dan menyertai dalam setiap jalan kehidupan Anda.

Gambar : Dokumentasi

Dalam menjalani kehidupan ini masalah akan selalu ada dan selama kita masih hidup masalah akan selalu ada, karena itu ” milikilah karakter yang kuat dan teruji, yang tidak pernah menyerah dalam berbagai kesulitan yang dihadapi serta tetap teguh dan mampu bertahan sekalipun diterpa berbagai penderitaan dalam hidup ini “ Masalah dan kesulitan akan selalu ada, tetapi selalu ada jalan dalam setiap masalah dan kesulitan yang harus dihadapi, karena masalah itu selalu beriringan dengan solusi, karena itu jangan pernah putus asa dan jangan pernah menyerah, berjuanglah terus. Orang yang terbiasa menghadapi masalah akan memiliki daya tahan yang kuat dan memiliki karakter yang sudah teruji dalam menjalani hidup ini karena
” Orang yang memiliki daya tahan yang kuat berani menghadapi kesulitan, terbuka menerima kritikan, tidak mudah putus asa serta berani  melangkah dan bertindak sesuai  dengan prinsip yang di yakininya.” Jadi apapun masalah dan kesulitan yang harus dihadapi jalanilah dengan semangat pantang menyerah karena itu akan membuat karakter dan iman kita semakin kuat dan meningkat serta berserah dan berharaplah terus pada Tuhan, karena Dialah yang akan memberi kekuatan dan jalan keluar dalam setiap permasalahan apapun dalam hidup ini, Amin…

” Orang yang memiliki daya tahan yang kuat , melihat permasalahan sebagai anak tangga menuju kemajuan, jika terbentur oleh suatu masalah dia tidak lari  tetapi akan menghadapinya dan  melihatnya sebagai tantangan untuk melatih diri menuju ke tingkat yang lebih tinggi “

( F. Kristiono )

2 Replies to “Perkuat Daya Tahan Diri Anda”

    1. Terima kasih Anonymous selalu setia baca artikel inspiringsays.com, semangat selalu menjalani hidup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung