Tanggung Jawab itu Dilaksanakan bukan dikatakan..!!

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Apakah anda mempunya teman yang setiap diberi tugas atau pekerjaan oleh pimpinannya dengan tegas mengatakan ‘’ Siap dilaksanakan !! ‘, atau mungkin dalam komunikasi di WA group di  pekerjaan, pada saat pimpinan menyampaikan sesuatu yang berupa penugasan atau perintah tidak lama kemudian karyawan yang terkait langsung pada berkomentar : siap…., siap dilaksanakan, siap ditindak lanjuti …., siap dijalankan…dan berbagai komentar lainnya yang intinya karyawan yang diberi penugasan siap menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinannya. Karena setiap penugasan dari pimpinan tentu semua karyawan akan mengatakan siap menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, tetapi apakah setelah itu perintah atau instruksi dari atasan benar-benar dilaksanakan itu soal lain.

Dahulu saya mempunyai teman kerja sebut saja AR, yang selalu mengatakan dengan tegas ‘’ Siap dilaksanakan ‘’ jika diberti tugas dan tanggung jawab oleh pimpinan. Setiap saya mendengar perkataan AR dalam hati saya tertawa sendiri, karena saya tahu AR seringkali justru tidak dengan segera melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan, kalaupun menjalankan tugas seringkali juga tidak tuntas , tidak sesuai target yang diharapkan, bahkan harus selalu diingatkan terus menerus oleh pimpinan baru tugas itu dilaksanakan walaupun akhirnya tidak sesuai dengan target yang diharapkan. Melihat perilaku AR dengan bercanda saya sering berkata ‘’ tanggung jawab itu dilaksanakan bukan dikatakan ‘’. Mendengar perkataan saya AR biasanya  tertawa dengan lepas tanpa pernah merasa bersalah dan cuek saja. Kalau Anda punya anak buah atau rekan kerja yang seperti itu, pasti menjengkelkan bukan…!!!

Pembaca yang hebat…!!! Setiap orang pasti punya tanggung jawab apapun profesinya, baik sebagai anak,orang tua, istri, suami, karyawan, pejabat pemerintahan dan sebagainya. Tanggung jawab merupakan ciri manusia yang beradab (berbudaya). Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya tanggung jawab itu sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, bahwa masing-masing orang pasti akan memikul tanggung jawabnya masing-masing. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk tindakan tanggung jawab tersebut. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu: 1. Dari sisi yang berbuat, 2.dari sisi  kepentingan pihak lain.  “ Orang yang bertanggung jawab tidak memakai banyak alasan dalam menyelesaikan tugasnya, tetapi oang yang tidak bertanggung jawab, akan memakai banyak alasan jika tidak mampu melaksanakan tugasnya ‘’

‘’ Dalam setiap aspek kehidupan kita, disadari atau tidak  setiap sikap dan tindakan yang kita lakukan ada tanggung jawab yang harus dipikul ‘’ Kalau saat ini Anda seorang ayah, akan bertanggung jawab untuk menafkahi keluarga agar senantiasa berkecukupan dalam memenuhi kebutuhan hidup semua anggota keluarga dan menjadi teladan dalam memimpin rumah tangga. Kalau Anda seorang ibu tentu akan berusaha yang terbaik untuk mengelola rumah tangganya agar seluruh anggota keluarganya dapat berkegiatan  dan bertumbuh kembang dengan baik. Kalau Anda menjadi anak tentu harus selalu berusaha melakukan tanggung jawabnya untuk belajar dengan sungguh-sungguh dalam menempuh pendidikannya, bekerja serta berbakti pada orang tuanya.

Kalau Anda seorang karyawan tentu akan berusaha menjadi karyawan yang dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik sesuai harapan perusahaan. Jika Anda seorang pimpinan diharapkan menjadi pemimpin yang bijaksana dan dapat menjalankan tugas perusahaan dengan benar serta bertanggung jawab untuk membawa kemajuan bagi perusahaan dan kesejahteraan bagi karyawan. Jika Anda seorang pejabat di pemerintahan tentu diharapkan dapat menjalankan amanah yang diberikan oleh masyarakat dan Negara agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam melayani masyarakat dengan baik serta menjalankan tugas-tugas pemerintahan dengan benar, jujur dan adil agar terwujud pemerintahan yang bersih dan membawa kemakmuran dan kesejahteraan untuk masyarakatnya. Jadi Apapun profesinya dan jabatannya sebagai orang yang punya tanggung jawab ” situasi apapun yang terjadi tidak akan membuat orang yang  punya tanggung jawab akan menyerah dengan keadaan, ia akan tetap melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dan benar sampai batas maksimal kemampuannya “

Kalau Anda seorang aparat Negara tentu mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menciptakan  rasa aman dalam masyarakat dan negara serta menjadi pelindung dan pengayom bagi seluruh masyarakat. Kalau Anda seorang tokoh masyarakat ( rohaniawan, politisi, pengusaha, kalangan intelektual, Artis, seniman dan berbagai profesi lain ) tentu juga mempunyai tanggung jawab dan peran yang penting agar dapat memberi contoh dan teladan dalam hidup bermasyarakat serta memberi sumbangsih sesuai dengan bidang dan keilmuan masing-masing dimanapun anda tinggal dan bertugas sehingga kehadiran Anda  betul-betul dibutuhkan masyarakat dan dapat membawa dampak dan manfaat yang positip bagi masyarakat serta membawa kemajuan bagi bangsa dan Negara.

Tuhan menciptakan insan-Nya  dan memberikan talenta sesuai dengan keahlian dan bidangnya masing-masing dengan tujuan yang baik dan tentu tidak hanya untuk kepentingan  diri sendiri atau kelompoknya saja sehingga pada saat tugas kita didunia ini sudah selesai kita dapat mempertanggung jawabkan apa yang sudah kita lakukan di dunia ini dihadapan-Nya, apakah sesudah sesuai dengan kehendak-Nya. Untuk itu marilah kita mengevaluasi diri, apakah kita termasuk orang yang sudah bertanggung jawab. ‘’ Orang yang bertanggung jawab tidak hanya siap melaksanakan tanggung jawabnya, tetapi alan melaksanakan tugas yang dipercayakan kepadanya. ‘’ Secara umum ciri-ciri orang yang mempunyai tanggung jawab adalah sbb :

  1. Mempunyai sikap yang jujur
  2. Bersikap dan berperilaku tidak merugikan orang lain.
  3. Berhati-hati dalam memutuskan dan melakukan sesuatu.
  4. Mempunyai sikap rela berkorban.
  5. Dapat mengendalikan diri.
  6. Selalu berperilaku sesuai dengan norma yang berlaku.
  7. Berani membuat komitmen dan kemudian menindak lanjutinya.
  8. Bersedia menerima resiko atas segala perbuatannya.
  9. Bersedia meminta maaf jika melakukan kesalahan.
  10. Mampu membedakan mana yang benar dan yang salah.
  11. Menghargai perbedaan.

Ketika kita akhirnya harus bertanggung jawab untuk setiap aspek kehidupan kita, disadari atau tidak  sikap dan tindakan yang kita lakukan ada tanggung jawab yang harus dipikul  yaitu : 1. Tanggung jawab terhadap Tuhan 2. Tanggung jawab terhadap diri sendiri, 3. Tanggung Jawab terhadap keluarga,  4. Tanggung jawab terhadap masyarakat, 5. Tanggung jawab kepada bangsa / negara. Semoga kita semua menjadi pribadi yang tidak hanya bisa berkata tentang tanggung jawab tetapi juga bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik yang sudah diberikan kepada kita, Amin…

‘’ Dalam setiap aspek kehidupan kita, disadari atau tidak  setiap sikap dan tindakan yang kita lakukan ada tanggung jawab yang harus dipikul ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung