Ungkapkan dan Nyatakan Kasih Anda

6 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Bulan Februari kerap disebut dengan bulan kasih sayang karena pada tanggal 14 Februari dirayakan oleh banyak orang sebagai hari Valentine. Konon dibulan ini saat yang tepat untuk mengungkapkan rasa sayang kita kepada orang-orang terdekat. Bulan Februari juga saat yang  ditunggu-tunggu oleh para muda/mudi, karena itulah saat yang dianggap paling tepat untuk mengungkapkan rasa kasih/cintanya kepada orang yang disayanginya. Baik dengan cara untuk bertukar coklat, kartu atau bunga tanda cinta dan kasih sayang kita.

Momen hari Valentine untuk mengungkapkan rasa kasih, tidak hanya terjadi pada kaum muda saja. Mereka yang sudah dewasa bahkan yang sudah berkeluarga pun, menggunakan momen hari Valentine untuk mengungkapkan rasa sayang mereka kepada pasangannya. Mereka beranggapan hari Valentine adalah saat yang paling tepat untuk menyatakan rasa sayangnya, sehingga mereka berlomba-lomba untuk menyatakannya pada hari tersebut. Walaupun mungkin pada hari-hari sebelumnya mereka tidak terlalu peduli dengan pasangan mereka. Akibatnya, banyak orang yang biasanya tidak romantis menjadi sangat romantis pada saat hari Valentine tiba.

Rangkaian bunga mawar warna merah atau pink dan juga coklat dengan berbagai variasi merupakan bingkisan yang menjadi favorit kalangan muda/mudi. Mereka yang sudah berumah tanggapun tidak mau ketinggalan untuk memberikan bingkisan yang spesial bagi pasangannya, termasuk memberikan hadiah-hadiah yang mahal  harganya, karena ada anggapan “semakin mahal hadiahnya, semakin besar kasih sayang yang diberikan”. Akibatnya banyak orang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk menunjukkan kasih sayang mereka.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Sebetulnya hadiah materi bukan segala-galanya untuk mengungkapkan rasa kasih kita, tetapi ada 4 hal penting yang bisa kita berikan kepada kekasih atau pasangan kita :

  1. Pikirkan untuk memberi sikap yang baik, bukan hanya memberi materi. Karena sikap yang baik akan membuat pasangan kita bersuka cita.
  2. Usahakan memberikan hubungan yang lebih dalam. Berikan proritas pada pasangan kita untuk dapat membina hubungan yang lebih dalam, jujur dan serius.
  3. Memberi waktu lebih banyak. Selama masih ada kesempatan mari kita berikan waktu lebih banyak kepada pasangan kita. Jangan sampai kesempatan itu hilang dan terbuang dengan sia-sia dan akhirnya membawa penyesalan dikemudian hari.
  4. Memahami kekurangan dan kelebihannya. Dengan memahami kekurangan dan kelebihan pasangan kita, maka pintu maaf akan selalu terbuka untuk setiap kesalahannya dan menghargai atas segala upaya dan kebaikannya yang dilakukannya. 
Gambar : Dokumentasi pribadi

Tidak ada yang salah mengungkapkan kasih di hari Valentine, tetapi ungkapan sayang dan kasih kepada pasangan sangat baik dilakukan tidak hanya pada saat hari Valentine saja tetapi lakukan itu dalam keseharian. ” Ungkapkan dan nyatakan rasa kasihmu pada pasanganmu dalam sikap dan tindakan, maka kamu akan mendapatkan cinta, kebahagiaan dan kedamaian dalam keluargamu. “ Demikian juga kepada keluarga yang lain ungkapan kasih dan sayang perlu diwujudkan dalam menjalani kehidupan berluarga. Sebagai orang beriman, kasih itu sendiri harus dipancarkan setiap hari, tidak harus menunggu bulan Februari atau bulan-bulan yang lain. Sebagaimana dunia ini memerlukan matahari yang memancarkan sinarnya setiap hari, Martin Luther mengatakan dalam sebuah kutipan “Iman seperti terang, harus selalu sederhana dan lurus, sedangkan kasih seperti kehangatan harus memancar kesegala arah dan menyusup kesegala kebutuhan saudara-saudara kita.”

Nyatakanlah sikap mengasihi dalam kehidupan kita sehari-hari. Di dalam keluarga, di lingkungan tempat anda tinggal, di pekerjaan , di komunitas Anda bergaul, dan dimanapun Anda berada. Nyatakanlah kasih dalam sikap dan perbuatan, dan rasakanlah ada kebahagiaan yang selalu ada dalam jiwa dan hati Anda. Karena mengasihi adalah hal yang paling utama dalam kehidupan ini. ” Nyatakanlah kasih dalam sikap serta perbuatan dan rasakan ada kebahagiaan dan kedamaian dalam hati dan jiwamu “  Mari !! Saatnya untuk kita saling mengasihi sehingga hidup kita dapat menjadi berkat dan dan teladan bagi orang-orang sekitar kita. Amin.

” Nyatakanlah kasih dalam sikap serta perbuatan dan rasakan ada kebahagiaan dan kedamaian dalam hati dan jiwamu “

( F. Kristiono )

6 Replies to “Ungkapkan dan Nyatakan Kasih Anda”

  1. syukur pak, Tiap pagi sy biasakan dengan memberi kalimat pertama kepada pasangan dengan kalimat sayang seperti : “kamu cantik sekali pagi ini” dll…😁🙏

    1. Bagus mas Uki, ungkapan pujian memang harus selalu kita lakukan untuk pasangan kita karena dialah yg akan selalu menemanai kita sampai masa tua kita. 👍👍

  2. Valentine ga harus selalu soal bunga dan coklat. Tapi valentine adalah wujud kasih yg dinyatakan setiap hari. 😍😍😍

  3. Pertama kali liat tulisan ini waktu wawancara kerja di depo gramedia. Tulisan yang sangat menyentuh dan menginspirasi. “Kalau ada beberapa hal yang sederhana dan mudah kita lakukan setiap saat, tapi kadang kita lupa atau bahkan bikin kita gengsi untuk melakukannya”.

    Terima kasih pak, untuk energi positif yang tersalurkan lewat tulisan ini 👍👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung