Kekuatan Doa

7 Comments


Gambar : Dokumentasi Pribadi


Doa adalah nafas kehidupan dari setiap orang yang beriman, walaupun demikian kehidupan doa setiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang berdoa secara rutin dan disiplin dengan menyediakan waktu yang sudah ditentukan, ada yang berdoa sesuai kebutuhan, kalau pas ada masalah saja baru rajin berdoa. Ada juga yang angin-anginan dalam berdoa, artinya kadang rajin dan disiplin dalam meluangkan waktu untuk berdoa tetapi kadang juga malas-malasan dalam berdoa. Doanya tergantung situasi hatinya. Yang menjadi pertanyaan doa seperti apakah yang dijawab Tuhan ? Kekuatan doa seperti apakah yang membuka pintu surga sehingga Tuhan menjawab doanya? Tentu itu hak Tuhan untuk menjawab setiap doa-doa yang dinaikkan kepada-Nya. 

Setiap orang yang berdoa kepada-Nya ada beberapa jawaban :  1. Tuhan bisa menjawab langsung doanya, 2. Tuhan bisa menunda/menunggu waktu yang tepat untuk menjawab doanya 3. Tuhan bisa juga tidak menjawab doanya , karena doa itu tidak berkenan dihadapan-Nya. Tetapi saya percaya doa orang benar, sangat besar kuasanya. Tuhan pasti akan menjawab setiap doa yang dinaikkan dengan sungguh-sungguh dan yang berkenan kepadanya. Karena mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya mendengar kepada permohonan mereka yang minta tolong, yaitu kepada mereka yang mempunyai iman percaya kepada-Nya dan hidup benar dihadapan-Nya. ” Doa akan menghadirkan kuasa Tuhan yang tidak terbatas atas diri kita yang terbatas, karena itu berdoalah selalu, kekuatan doa akan sanggup menembus kemustahilan, karena bagi Tuhan tidak ada yang mustahil “

Gambar : Dokumentasi pribadi

Ada suatu kisah menarik tentang kekuatan doa. Alkisah di Pakistan ada seorang dokter bedah yang sangat terkenal, Dr. Ishan namanya. Suatu ketika Dr. Ishan sedang tergesa-gesa menuju airport. Beliau berencana akan menghadiri Seminar Dunia dalam bidang kedokteran, yang akan membahas penemuan terbesarnya di bidang kedokteran. Setelah perjalanan pesawat sekitar 1 jam, tiba-tiba diumumkan bahwa pesawat sedang mengalami gangguan dan harus mendarat di airport terdekat. Karena pesawat harus diperbaiki selama 16 jam akhirnya Dr. Ishan meneruskan perjalanan dengan menyewa mobil dan diperkirakan memakan waktu sekitar 3 jam. Baru berjalan 5 menit, tiba-tiba cuaca mendung, disusul dengan hujan besar disertai petir yang mengakibatkan jarak pandang sangat pendek. Setelah berlalu hampir 2 jam, mereka tersadar bahwa telah tersesat jauh dari tempat yang akan dituju.              

Gambar : Dokumentasi pribadi

Karena  kelelahan diperjalanan, mereka berhenti di sebuah rumah kecil tidak jauh dari jalan raya. Dihampirilah rumah tersebut dan mengetuk pintunya. Seorang wanita tua keluar menemui dan mempersilahkan mereka masuk. Dr. Ishan masuk dan meminta kepada ibu tersebut agar mau meminjamkan telponnya.  Ibu itu tersenyum dan berkata: “Telpon apa Nak? Apa Anda tidak sadar ada dimana? Disini tidak ada listrik, apalagi telepon. Namun demikian, masuklah silahkan duduk dan istirahat dulu, sebentar saya buatkan teh dan sedikit makanan untuk menyegarkan dan mengembalikan kekuatan Anda.”                              

Sambil menikmati makanan kecil yang dihidangkan sang ibu, Dr. Ishan melihat sang ibu mendekati seorang anak kecil yang terbaring tak bergerak diatas kasur Sang Ibu berdoa untuk anak tersebut dan beberapa kali mengusap air matanya dalam doanya. Dokter Ishan mendatanginya dan berkata: “Anda telah membuat saya kagum dengan keramahan Anda dan ketekunan anda, semoga Tuhan menjawab doa-doa Anda.” Ibu itu berkata: “Anak ini adalah cucu saya, dia yatim piatu. Dia menderita sakit yang tidak bisa disembuhkan oleh dokter-dokter yang ada disini. Mereka berkata kepada saya ada seorang dokter ahli bedah yang akan mampu menyembuhkannya; katanya namanya Dr. Ishan, akan tetapi dia tinggal jauh dari sini, yang tidak memungkinkan saya membawa anak ini ke sana, dan saya khawatir terjadi apa-apa di jalan. Makanya saya berdoa kepada Tuhan agar Tuhan yang mengatur semuanya.”

Dengan terharu Dr. Ishan berkata “ Demi Tuhan, sungguh doa ibu telah membuat pesawat rusak dan harus diperbaiki lama serta membuat hujan petir dan menyesatkan kami, hanya untuk mengantarkan saya ke ibu secara cepat dan tepat.. Saya lah Dr. Ishan, Bu !! Sungguh Tuhan yang Maha Besar dan Maha Kasih telah menjawab doa hamba-Nya yang dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Ini semua adalah rencana Tuhan yang luar biasa dan yang memerintahkan kepada saya untuk mengobati anak ini.”  Akhir cerita, atas pertolongan dan perawatan yang dilakukan Dr. Ishan akhirnya  akhirnya anak yatim yang sakit tersebut sembuh dari sakitnya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat. ” Ujian akan selalu ada dalam hidup ini dan kadang itu diluar yang kita duga, kalau itu terjadi tetaplah tenang dan berusaha mencari solusi serta berdoa pada Tuhan agar diberi kekuatan dan  jalan keluar. ” Rahasia kekuatan dan kuasa doa bukan hanya sekedar permintaan kita didengar oleh Tuhan. Tetapi agar doa yang kita naikan itu mempunyai kekuatan, doa  harus dinaikkan  dengan tekun dan  sungguh-sungguh serta menjalani hidup dengan benar, maka pintu surga akan terbuka dan kuasa Tuhan akan terjadi. Karena  “ Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya ”Oleh sebab itu apapun permasalahan yang kita hadapi saat ini, baik itu masalah rumah tangga, masalah ekonomi, masalah pekerjaan, sakit penyakit , kehilangan orang yang kita cintai, atau masalah apapun juga yang saat ini sedang melanda hidup kita jangan pernah berhenti berdoa, karena doa adalah sarana kita berkomunikasi dengan Tuhan. 

” Berdoa memang tidak akan bisa membuat hilang masalah, tetapi akan memberikan kekuatan dan ketenangan dalam hidup, karena itu jangan pernah berhenti berdoa selama kita masih hidup “ karena selama kita masih hidup masalah akan selalu ada, sebab itu Tuhan mengajarkan kita untuk menyerahkan segala masalah yang kita hadapi kepada-Nya. Sesulit apapun masalah yang dihadapi jangan kuatir Tuhan pasti akan memberi jalan keluar, karena itu, janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Tuhan dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Doa adalah nafas hidup orang yang percaya, oleh sebab itu selama kita masih bernafas jangan pernah sekalipun kita berhenti berdoa. Karena dengan terus berdoa maka kuasa Tuhan akan nyata dalam kehidupan kita. Damai sejahtera Tuhan, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dan Tuhan pasti akan memberikan jalan keluar, mengatasi masalah yang sedang kita alami melebihi yang dapat kita bayangkan. Amin.

” Doa akan menghadirkan kuasa Tuhan yang tidak terbatas atas diri kita yang terbatas, karena itu berdoalah selalu, kekuatan doa akan sanggup menembus kemustahilan, karena bagi Tuhan tidak ada yang mustahil “

( F. Kristiono )

7 Replies to “Kekuatan Doa”

  1. Trimakasih Pak ….
    Kalimat motivasi Bapak telah membuka pikiran saya bahwa do’a baik & benar yg kita panjatkan akan selalu dijawab oleh Allah SWT yg waktunya tak pernah kita duga.
    Sikap sabar,tekun dan jg ikhlas harus selalu terlibat di dalamnya.

    THE POWER OF PRAY

  2. Trimakasih Pak ….
    Kalimat motivasi Bapak telah membuka pikiran saya bahwa do’a baik & benar yg kita panjatkan akan selalu dijawab oleh Allah SWT yg waktunya tak pernah kita duga.
    Sikap sabar,tekun dan jg ikhlas harus selalu terlibat di dalamnya.

    THE POWER OF PRAY

  3. Sabar,tekun dan juga ikhlas harus slalu terlibat dalam memanjatkan do’a itulah nilai sebuah proses dalam pencapaian yg diinginkan.

    THE POWER OF PRAY

  4. Benar Maya, mari kita berdoa dengan hati yg tulus , dengan permohonan yg benar dan tentu dengan tekun dan sabar agar Allah menjawab doa kita..🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung