Urip Kok Sambat Terus..!!

2 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Urip kok sambat terus Ungkapan yang sering kita dengar dalam bahasa Jawa yang artinya ‘’ Hidup hanya mengeluh terus ‘’. Hal tersebut dibahas pada saat  saya menghadiri bedah buku dengan thema ‘’ Musyawarah Sambat ‘’ oleh Mas Aik , penulis buku “ Nanti Kita Sambat Hari Ini ‘’ di salah satu mall yang ada di kota Sleman – DIY, beberapa waktu yang lalu. Dalam buku tersebut Mas Aik  mengupas tentang persoalan hidup sehari-hari yang terjadi di masyarakat indonesia dengan bahasa yang ringan , penuh canda  dan sangat  menghibur ‘’ Buku  yang sudah terjual puluhan ribu dan diterbitkan oleh Penerbit Buku Mojok, isinya  secara tidak langsung mewakili sebagian besar  masyarakat Indonesia dengan keluhan-keluhannya karena berbagai persoalan hidup yang dihadapi. Mulai dari masalah sekolah, di kampus, di kantor, dalam hubungan asmara dsb ditulis dengan gaya bahasa masa kini dan sebagian tulisan menggunakan bahasa jawa sehari-hari yang mudah dimengerti karena ada terjemahannya dihalaman depan.

Waktu membaca buku tersebut  saya sering tertawa sendiri karena buku tersebut sangat menghibur dan dengan jujur  mengupas perilaku masyarakat Indonesia pada umumnya dalam menghadapi masalah yang dihadapi dengan berbagai keluhannya. “ Urip kok sambat terus ‘’ itu yang terjadi  pada waktu bertemu dengan teman, saudara atau keluarga pada saat mengeluhkan masalah yang dihadapinya, misal : katanya sih teman tapi pas ujian mau nyontek pura-pura tuli, Nunggunya Dosen ber jam-jam ketemunya cuma sak nyukan ( hanya sebentar ), kerja bagus nggak diapresiasi kerja salah diomeli ,  masuk kerja disuruh on time pulang kerja boro-boro on time, Gaji nggak seberapa lembur nggak kira-kira , habis gajian kok uang sudah cepat habis, punya anak buah kok kurang inisiatif, punya pimpinan bisanya hanya nyuruh-nyuruh  saja,  tanya terus tapi ra tuku-tuku (tidak beli ), harga-harga naik terus padahal gaji nggak naik-naik, Udah diajak ke sana-kesini tapi akhire yo ora di rabi ( tidak dinikahi ), susahnya sama aku nikahnya sama yang lain..! punya orang tua kok cerewet banget, punya suami/istri cuek banget dan tidak pengertian, anak diberitahu susah banget maunya main terus,, Memang hidup itu pendek sambatnya yang panjaaaaaaaaaaaang……..( Sumber : Buku Nanti Kita Sambat Tentang Hari Ini).

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat…!! Mengeluh tanpa kita sadari sudah menjadi rutinitas dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan bagi beberapa orang mengeluh menjadi suatu kebiasaan dan parahnya lagi kalau menjadi kebanggaan. Dengan mengeluh mungkin orang tersebut  berharap akan mendapatkan simpati dan siapa tahu dapat bantuan, tetapi kalau kita menjumpai orang yang selalu mengeluh terus lama-lama kita akan bosan juga mendengarnya bahkan mungkin menghindarinya. Tapi tanpa kita sadari justru kitapun melakukannya hal yang sama juga, kita juga seringkali mengeluh dan mengeluh … padahal kebanyakan mengeluh  tidak menyelesaikan masalah justru kita akan kehilangan simpati dan bahkan bisa juga kehilangan teman-teman, Karena itu ” Jangan selalu mengeluh, banyak orang mengalami masalah yang lebih berat tidak sempat mengeluh karena harus berjuang keras untuk bisa hidup, lebih baik belajarlah bersyukur apapun masalahmu. “

Gambar : Penulis dengan Mas Aik

Dalam menjalani kehidupan ini kadang apa yang menjadi harapan tidak sesuai dengan realitas yang ada sehingga banyak diantara kita yang mengeluh bahkan menjadi kecewa, terlebih jika kita sudah berusaha mengatasi masalah yang kita hadapi belum juga menemukan jalan keluar sehingga hidup ini menjadi terasa berat. ” Mengeluh tidak akan menyelesaikan masalah justru akan menghambat doamu, tetapi dengan bersyukur akan membuka jalan untuk penyelesaian masalahmu ”  Mengeluh tentu tidak dilarang tetapi terlalu banyak mengeluh juga tidak baik.  Bagaimana cara mengatasinya agar kita tidak mudah mengeluh , cobalah untuk melakukan hal-hal sbb :

1..Bersyukurlah setiap hari.

Bersyukurlah karena anda masih diberi kesehatan  sampai hari ini, karena  masih banyak orang yang terbaring dirumah sakit  dan harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit oleh sebab itu jagalah selalu kesehatan Anda

Bersyukurlah kalau Anda  masih bekerja dan mendapatkan gaji walaupun belum sesuai harapan Anda karena masih banyak orang yang sampai sekarang belum mendapat pekerjaan dan kesulitan untuk hidup, oleh sebab itu nikmatilah dan cintailah pekerjaan Anda.   

Bersyukurlah kalau Anda punya tempat tinggal, walaupun bukan rumah sendiri karena masih banyak orang yang hidup dijalanan/dipengungsian  dan tidak dapat beristirahat dengan nyaman dan masih membutuhkan bantuan. Sedangkan Anda masih bisa berisitirahat  dengan nyaman.

Bersyukurlah kalau Anda punya suami/istri/anak , walaupun belum sesuai harapan Anda karena masih banyak orang yang belum mendapatkan jodohnya apalagi mempunyai anak.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Bersyukurlah kalau Anda masih mempunyai orang tua walaupun mungkin belum sesuai harapan Anda, karena masih banyak anak-anak yatim piatu yang merindukan punya orang tua yang bisa memeluk, mendidik  dan memberi cinta kepadanya. Oleh sebab itu jagalah dan cintailah orang tua Anda selama masih hidup.

2. Membiasakan diri untuk tidak ikut-ikutan mengeluh.

Walaupun setiap hari Anda seringkali menerima/mendengar berbagai macam keluhan baik dari keluarga, saudara, teman dan sebagainya , tetapi sebaiknya latihlah diri Anda untuk tidak ikut-ikutan mengeluh walaupun mungkin Anda juga punya masalah, apalagi  justru terlibat aktif dan ikut-ikutan mengeluh.

3. Jangan mengeluh pada saat menghadapi masalah tapi hadapilah dan carilah jalan keluarnya.

Daripada Anda mengeluh pada saat menghadapi masalah lebih baik mencari solusi untuk mengatasi masalah yang Anda hadapi. Lebih baik berkonsultasi kepada orang yang tepat agar mendapat solusi dari masalah yang Anda hadapi, dari pada Anda hanya mengeluh  kepada orang-orang yang belum tentu bisa memberi solusi. Berkonsultasi untuk mendapatkan solusi tentu berbeda dengan mengeluh.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Setiap orang dalam hidupnya pasti mempunyai masalah. ” Ketika masalah atau hal buruk menimpa janganlah mengeluh, karena Tuhan pasti mempunyai tujuan dalam setiap masalah dan persoalan yang kita hadapi. “ Hadapilah masalahmu dan jalani dengan tabah, jadilah pribadi yang kuat , berserahlah pada Tuhan dan percayalah Tuhan pasti memberi kekuatan dan jalan keluar dari setiap masalah yang Anda hadapi. Amin..

‘’ Ketika masalah atau hal buruk menimpamu janganlah mengeluh, karena Tuhan pasti mempunyai tujuan dalam setiap masalah dan persoalan yang kita hadapi ‘’

( F. Kristiono )

2 Replies to “Urip Kok Sambat Terus..!!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung