Ditolak Bukan Berarti Gagal

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Ditolak, satu kata yang tidak diinginkan semua orang, karena masih banyak orang beranggapan bahwa di tolak itu menyakitkan, ditolak berarti gagal, ditolak seolah tidak ada harapan dan berbagai pengertian lainnya , tetapi satu hal yang saya yakini bahwa ‘’ ditolak bukan berarti gagal ‘’ karena yang namanya ditolak adalah sesuatu yang biasa dan semua orang pasti pernah mengalami ditolak. Seorang  yang mencari kerja lamaran kerjanya ditolak, salesman ditolak ketika menawarkan produknya, seorang pria ditolak cintanya oleh seorang gadis, seorang penulis ditolak naskahnya oleh perusahaan penerbitan buku dan sebagainya. Jadi sebetulnya ditolak adalah hal yang biasa dan bisa dialami semua orang.

Saya pribadi dahulu pernah beberapa kali ditolak waktu melamar pekerjaan di beberapa perusahaan tetapi tetap nekad terus membuat lamaran kerja sampai akhirnya mendapatkan pekerjaan. Waktu menjadi salesman alat-alat elektronik berkali-kali produk yang saya tawarkan ditolak walaupun sudah mengadakan demo dan presentasi berjam-jam dan berbicara berbuih-buih, yah…ditolak juga, tetapi akhirnya pernah berhasil juga. Yang namanya menjalin hubungan cinta beberapa kali dan gagal sudah biasa, karena mungkin belum jodoh saja, tapi kalau sudah waktunya dan sudah jodoh akhirnya menikah juga, jadi yang namanya ditolak bagi saya pribadi sudah biasa dan tetap tidak membuat saya menyerah. Bagaimana dengan anda…? sudah berapa kali ditolak…? Kalau belum pernah ditolak justru aneh.

Pembaca yang hebat…!! Ditolak adalah sesuatu hal yang biasa , dengan ditolak bukan berarti anda gagal, karena tokoh-tokoh hebatpun juga pernah ditolak, bahkan berkali-kali ditolak tetapi akhirnya mereka berhasil juga menjadi orang yang sukses,  karena sebuah penolakan adalah bagian dari kesuksesan yang tertunda. Dibawah ini ada beberapa contoh tokoh besar yang mengalami penolakan tetapi akhirnya menjadi orang yang sukses sbb :

1..Kolonel Sanders pemilik resep menggoreng ayam KFC, pada waktu menawarkan resep cara menggoreng ayam versi KFC kepada calon investor mengalami penolakan sampai 1.009 kali tetapi tidak patah arang dan tidak pernah menyerah , hasilnya sekarang ini KFC sudah mendunia.

2..Jack Canfield dan Mark Victor Hansen penyusun Buku ‘’ Chicken Soup For The Soul ‘’ ditolak oleh 33 penerbit buku pada waktu menawarkan naskah tentang kisah nyata yang disusun oleh mereka berdua, karena menganggap jika diterbitkan tidak akan laku. Kini buku tersebut telah terjual lebih dari 100 juta kopi diseluruh dunia.

3..Sylvester Stalone pemeran film Rocky , bintang film laga yang mendunia. Untuk mendapatkan peran pertamanya sebagai bintang film harus meminta audisi lebih dari 1000 agensi dan selalu mengalami penolakan berkali-kali bahkan dari agensi yang sama, tetapi ia tidak pernah putus asa dan sampai akhirnya ia berhasil membintangi film Rocky yang melegenda. Bahkan diusia 73 tahun ( 06 Juli 1946 ) tetap menjalani perannya sebagai aktor laga, film terbarunya adalah , ‘’ Rambo : Last Blood ‘’ sampai dengan bulan Oktober 2019 filmnya masih diputar diberbagai jaringan bioskop di Indonesia.

4..Larry Page dan Sergey Brin , dua sekawan pendiri GOOGLE, mahasiswa Pasca Sarjana Doktoral Stanford University di California , Amerika Serikat pernah menawarkan perusahaan mereka untuk dijual seharga USD 1 Juta pada perusahaan pencari seperti AltaVista, Yahoo! Dan Excite , namun penawaran itu ditolak. Terbukti sekarang GOOGLE adalah perusahaan mesin telusur yang terbesar didunia. Bahkan sekarang produk yang ditawarkan semakin beragam seperti : Gmail, YouTube, Google Drive, Google Hangouts , Google Maps, Google Photos dsb.

Masih banyak lagi contoh-contoh orang yang sukses , walaupun awalnya usaha mereka berkali-kali ditolak  bahkan sampai ada yang ribuan kali ditolak tetapi mereka semua adalah orang-orang yang pantang menyerah. Mereka membuktikan bahwa penolakan bukanlah akhir dari segalanya. Ditolak 1 kali, 10 kali, 100 kali bahkan 1000 kali bukan berarti akan mengalami penolakan selamanya. Mental seorang pemenang tidak akan pernah menyerah dengan kata ditolak. Penolakan bagi mereka adalah hal yang biasa dan mereka tetap berjuang dan fokus dengan tujuan mereka. ” Ditolak bukan berarti gagal, jadikanlah penolakan sebagai batu pijakan untuk proses perbaikan dan pembelajaran agar menjadi lebih baik dan tetaplah fokus pada tujuan hidup yang ingin dicapai “

Sudah berapa kali Anda ditolak pada saat mencari kerja…? Sudah berapa kali Anda ditolak pada saat menawarkan produk yang Anda tawarkan…? Sudah berapa kali proposal penawaran kegiatan / event Anda ditolak…? Sudah berapa kali Anda menyatakan cinta dan ditolak…? Cobalah terus dan jangan pernah berhenti menyerah karena suatu saat nanti apa yang Anda harapkan pasti akan diterima. Ditolak bukanlah akhir dari segalanya tetapi  adalah kesuksesan yang tertunda. ” Tidak pernah gagal itu hebat, tetapi mampu bangkit dengan cepat ketika mengalami kegagalan itu jauh lebih hebat “

Jika Anda mengalami penolakan apa yang harus Anda lakukan..? tidak ada salahnya Anda melakukan hal-hal sbb :

  1. Hadapilah dengan tenang dan jangan emosi, rendah diri atau putus asa.
  2. Jangan membuang waktu untuk mengurusi rasa tertolak Anda dan tetaplah fokus pada tujuan hidup yang ingin dicapai.
  3. Jangan peduli dengan tanggapan yang negatif dari orang-orang disekitar Anda
  4. Evaluasi diri perlu Anda lakukan apa yang menyebabkan Anda ditolak.
  5. Lakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan
  6. Jadikanlah penolakan sebagai sarana  pembelajaran terus menerus untuk menuju kearah yang lebih baik.

Ditolak bukan berarti gagal dan seolah semuanya harus beralhir. ”  Gagal adalah hal yang biasa, jadikan kegagalan sebagai sarana perbaikan dan pembelajaran untuk menjadi lebih baik dan tetap berjuang untuk mencoba lagi, karena kegagalan adalah awal dari keberhasilan ”  Karakter seorang pemenang tidak akan pernah menyerah jika ditolak dan akan terus mencoba sampai berhasil. Saya percaya Andapun mempunyai karakter pemenang dan bukan pecundang. Tuhan sangat menghargai insan ciptaan-Nya yang mau terus berjuang dan tidak pernah menyerah untuk meraih apa yang mereka harapkan dan jika mau terus berjuang tanpa pernah menyerah maka apa yang menjadi harapan pasti akan tercapai dan semua itu akan  indah pada waktunya nanti. Amin…

” Ditolak bukan berarti gagal, jadikanlah penolakan sebagai batu pijakan untuk proses perbaikan dan pembelajaran agar menjadi lebih baik dan tetaplah fokus pada tujuan hidup yang ingin dicapai “

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung