Waktu Tidak Bisa Diputar Kembali

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Jika bicara soal waktu maka dalam sehari ada 24 jam dan semua orang memiliki jatah yang sama untuk menggunakan waktunya , tetapi pada pada umumnya  penggunaannya bisa dibagi ; 8 jam untuk tidur, 8 jam untuk bekerja dan 8 jam untuk melakukan aktifitas-aktifitas yang lain termasuk untuk bersenang-senang. Namun pada kenyataannya seringkali kita lalai dan kurang bijak dalam menggunakan waktu yang tersedia. Padahal  ’ waktu tidak bisa diputar kembali ‘’  dan setiap waktu yang digunakan dengan sia-sia akan terbuang dengan percuma dan tidak akan kembali, termasuk kejadian yang sudah terjadi. Oleh sebab itu pergunakanlah waktu dengan baik dan hati-hati. Karena jika kita salah dalam menggunakan waktu dengan baik maka masa depan kita juga yang dipertaruhkan.

Saya mempunyai seorang teman namanya A lulusan Teknik Sipil perguruan tinggi yang ternama. Dia sudah menikah dan punya 1 anak lelaki yang masih kecil. Sebelumnya A bekerja di salah satu perusahaan Telekomunikasi dan istrinya merawat anak dirumah. Setiap selesai pulang kerja  A selalu bermain game online dan bisa menghabiskan waktu sampai tengah malam. Sebetulnya istri A selalu komplain tetapi tidak dihiraukan oleh A. Akhirnya  istri A membiarkan saja daripada terjadi pertengkaran. Tetapi akhirnya A menjadi kecanduan dan tidak bisa meninggalkan kesenangannya bermain game online. Selesai pulang kerja waktunya dihabiskan hanya untuk bermain game online sampai tidak memperhatikan anak dan istrinya.

Karena waktu bermain game online dirasa tidak cukup maka A berhenti kerja dan mencoba berwiraswasta membuat usaha sablon kaos dan mug serta meminta adiknya yang mengelola usahanya, tetapi A ikut mengawasi sambil bermain game online. Karena Usahanya tidak berkembang dan tidak bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya dengan terpaksa istri A harus bekerja dan anak satu-satunya dititipkan ke orang tua A yang tinggal berbeda kota. Kondisi itu ternyata tidak membuat A sadar dan tetap tidak bisa meninggalkan kecanduannya main game. Orang tua dan istri A sebetulnya tidak bosan-bosannya untuk memberi tahu A agar berhenti dari kebiasaanya yang buruk dan jangan membuang-buang waktu dengan percuma serta mulai memikirkan masa depan keluarganya tetapi  rupanya tidak bisa menyadarkannya untuk meninggalkan kebiasaanya bermain game online.

Kehidupan terus berjalan, sekarang justru istri A yang harus menghidupi keluarganya. Karena sudah tidak dengan sikap suaminya , istri A memilih bekerja di luar kota.  Setelah ditinggalkan istrinya bekerja di luar kota dan anaknya ikut ibunya A baru sadar bahwa selama ini dia sudah salah dengan sikapnya , tetapi sayang penyesalan selalu datang terlambat . ” Waktu tidak bisa diputar kembali ” Selama ini A telah menghabiskan waktunya dengan sia-sia selama bertahun-tahun bahkan sampai keluarganya terpisah demikian juga pendidikan Sarjana Teknik yang diperolehnya dengan menempuh pendidikan ber tahun-tahun tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Sungguh sayang sekali waktu yang harusnya bisa dipergunakan dengan baik untuk keluarga dan untuk bekerja terbuang dengan sia-sia dan tidak membawa manfaat apapun.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat …!! Contoh A hanya satu kasus saja , mungkin masih banyak lagi kasus-kasus lain dengan kondisi yang berbeda, masih banyak orang yang menghabiskan waktu dengan sia-sia dalam hidupnya. Ada istilah ‘’ Time is money atau waktu adalah uang ‘’ artinya waktu itu sangat berharga dan jika digunakan dengan baik dan bijak bisa menghasilkan sesuatu yang berharga dan bermanfaat,  tetapi banyak orang yang menghabiskan waktunya hanya untuk kesenangannya sendiri dan mengorbankan sesuatu yang lebih berharga, bahkan kadang mengorbankan masa depannya dan juga keluarganya sendiri, padahal ‘’ waktu tidak bisa diputar kembali ‘’ dan kita semua tidak tahu sampai kapan waktu kita dalam dunia ini akan berakhir.” Waktu adalah sebuah kesempatan dan proses pembelajaran, karena itu keberhasilan seseorang dalam menggunakan waktu yang ada dengan bijak adalah seberapa besar penghargaan dan kepedulian yang diberikan dalam mengatur dan menggunakan waktu yang dimiliki ” 

Hidup kita ibarat seperti pesawat yang sedang terbang dan tidak dapat terbang mundur. Setiap detik yang baru saja kita lewati adalah masa lalu yang tidak bisa dikembalikan. Setiap apa yang sudah kita lakukan tidak bisa ditarik kembali tetapi effeknya akan kita rasakan selanjutnya. Jika kita melakukan perbuatan yang baik maka kita akan menerima hasil yang baik dikemudian hari, tetapi jika kita melakukan sesuatu yang tidak baik maka kita juga akan menerima ganjarannya. Oleh sebab itu bijak menggunakan waktu yang ada sangat penting sekali dalam menjalani kehidupan ini.” Masa lalu tidak akan bisa kita lupakan, tetapi bisa kita tinggalkan, karena itu jangan terbelenggu oleh masa lalu dan bergeraklah  melangkah menuju masa depan yang penuh harapan ”  

Gambar : Dokumentasi pribadi

Setiap detik dalam hidup kita  sangat berharga dan agar waktu kita tidak terbuang dengan sia-sia tidak ada salahnya untuk selalu mengingat bahwa :

1..Waktu akan cepat berlalu dan tidak bisa diputar kembali. Waktu akan terus berjalan dan tidak akan pernah berhenti apalagi bisa diputar kembali , oleh sebab itu manfaatkan waktu dengan baik dan bijak, jangan menyia-nyiakan setiap peluang dan kesempatan yang ada.

2. Waktu sangat berharga. Ibarat kita sedang ikut lomba lari setiap detik merupakan waktu yang berharga untuk menentukan siapa pemenangnya. Demikian juga dalam hidup ini untuk menjadi seorang pemenang, setiap waktu yang ada harus dimanfaatkan sebaik-baikya, karena apa yang kita lakukan saat ini akan menentukan masa depan kita nanti oleh sebab itu jangan sia-siakan waktu yang ada untuk sesuatu yang tidak berguna dan bermanfaat.

3. Waktu tidak pernah menunggu kapan kita siap. Jika kita ingin pergi menggunakan pesawat terbang , maka kita harus masuk dalam pesawat tepat waktu, karena  pada saat pintu pesawat sudah ditutup maka kita tidak boleh masuk kedalam pesawat apapun alasan keterlambatan kita. Crew pesawat tidak  mau tahu dan tidak akan mau menunggu. Demikian juga waktu , tidak akan menunggu apakah kita siapa atau tidak, waktu akan terus berjalan dan ‘’ waktu tidak bisa diputar kembali ‘’ jadi pergunakanlah waktu yang ada dengan baik dan jangan sampai waktumu terbuang dengan sia-sia.

4. Waktu manusia didunia ini suatu saat akan berakhir dan tidak seorangpun yang tahu. Setiap orang dalam hidup ini sebetulnya hanya menunggu waktu kapan hidup ini akan berakhir dan tidak seorangpun yang tahu. ” Waktu akan terus berjalan dan tidak bisa diputar kembali ” karena itu jadikanlah setiap hari seperti hari terakhir dalam hidupmu sehingga kamu selalu melakukan yang terbaik dalam keseharianmu ” Kita semua berharap pada waktu hidup berakhir kita bisa mempertanggungjawabkan apa yang sudah kita lakukan selama kita hidup. Jika hidup kita baik dan berkenan dihadapan-Nya maka kita akan mengalami kehidupan kekal, tetapi jika selama hidup kita menyia-nyikan waktu yang diberikan untuk hal-hal yang tidak membawa kebaikan maka kita akan menerima penghukuman yang kekal.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Waktu adalah sebuah kesempatan, waktu adalah masa pembelajaran dan pengabdian,  karena waktu adalah masa perkembangan manusia mencari jati dirinya. Keberhasilan seseorang dalam menggunakan waktu yang ada dengan bijak adalah seberapa besar penghargaan dan kepedulian yang diberikan dalam mengatur waktu yang dimiliki. Kita semua bisa belajar menjadi orang yang bijaksana dalam mengatur dan menggunakan waktu yang kita miliki. ‘’ Waktu akan terus berjalan  dan tidak bisa diputar kembali, karena itu pergunakanlah waktumu dengan baik dan bijak karena dari situlah masa depanmu ditentukan ‘’

‘’ Waktu akan terus berjalan  dan tidak bisa diputar kembali, karena itu pergunakanlah waktumu dengan baik dan bijak karena dari situlah masa depanmu ditentukan ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,267 Pengunjung