Bahagia Itu Ada Di Sekitar Kita

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Bahagia siapa orang yang tidak menginginkannya , pasti setiap orang menginginkan hidup bahagia.  Bahkan untuk mendapatkan kebahagiaan berbagai cara akan dilakukan kalau perlu berapapun biaya atau uang  rela dikeluarkan yang penting hatinya bahagia dan hidupnya bahagia. Walaupun setiap orang menginginkan kebahagiaan tetapi definisi bahagia setiap orang tentu berbeda , rasa bahagia seseorang tentu berbeda satu dengan yang lain. Demikian juga definisi kebahagian satu keluarga dengan keluarga yang lain tentu juga berbeda . Kamu dan anggota keluargamu  yang menentukan itu.

Seringkali kita mengukur kebahagiaan dengan kehidupan yang mewah, kesuksesan ataupun hal-hal yang material. Jika kebahagiaan diukur dengan hal  itu maka sungguh menyedihkan sekali, karena mereka yang hidupnya sederhana dan tidak banyak harta tentu sulit untuk mendapatkan kebahagiaan.  Terkadang kita menganggap seseorang yang hidup mewah itu pasti hidupnya bahagia, namum belum tentu juga. Bisa jadi orang yang hidupnya terlihat sempurna justru orang yang penuh dengan kesepian dan kesedihan. Tetapi sebaliknya orang yang hidupnya sederhana hidupnya justru bahagia. Karena ukuran kebahagiaan hidup seseorang tidak selalu dari materi saja.                                                           

Setiap bangun pagi salah satu hal yang saya sukai adalah menikmati udara pagi serta melihat-lihat tanaman yang ada dihalaman depan. Setiap tanaman saya amati satu persatu, terutama tanaman anggrek. Saya perhatikan satu persatu tanaman anggrek yang mulai berbunga dan  yang sudah berbunga  dan kalau ada serangga atau binatang yang memakan kuncup bunganya saya singkirkan dan saya bersihkan. Setelah itu  saya lanjutkan dengan menyiram tanaman yang ada.  Setiap saya menyiram tanaman saya bisa merasakan keluar udara yang sejuk dan segar muncul dari tanaman yang saya siram, mungkin tanaman itu merasa senang setiap pagi diperhatikan dan disirami air. Saya menikmati betul suasana seperti itu setiap pagi dan itu  membuat ada ketenangan batin dan rasa bahagia.

Setelah acara menyiram tanaman selesai dilanjutkan dengan kegiatan memberi makan ikan hias yang saya pelihara di kolam. Setiap saya mendekati kolam, ikan-ikan yang ada di kolam biasanya berenang menghampiri kearah saya dan berkerumun untuk menantikan saya memberikan makanan . Ikan-ikan itu terlihat lincah berenang setiap mendapatkan makanan yang saya lempar ke dalam kolam. Saya memperhatikan satu persatu setiap ikan yang ada sambil membersihkan kolam dari daun-daun yang jatuh ke kolam. Senang dan bahagia hati saya setiap memberi makan ikan dan memperhatikan ikan-ikan yang berenang dengan lincahnya di kolam.

Selesai memberi makan ikan kegiatan berikutnya yaitu memasak bersama istri .  Kegiatan memasak sekarang merupakan hoby baru saya setelah adanya Virus Corona. Sudah hampir 3 bulan ini memasak merupakan kegiatan rutin setiap pagi yang menyenangkan, terlebih setelah berhasil memasak berbagai jenis masakan. Sekarang memasak di pagi hari bersama istri menjadi kebiasan rutin yang menyenangkan, ternyata mengolah berbagai  berbagai jenis  masakan dengan berbagai rasa sesuatu yang mengasyikan. Walaupun hanya masakan rumahan dan tidak mewah tetapi karena dimasak dengan hati yang gembira terasa nikmat dan lezat . Kebahagiaan semakin bertambah jika seluruh anggota keluarga bisa makan bersama dan menikmati dengan gembira masakan yang tersedia.

‘’ Bahagia itu ada di sekitar kita ‘’ itulah yang saya rasakan setiap hari dengan aktifitas yang saya jalani. Saya merasakan bahagia pada saat saya bisa menikmati dan mensyukuri apa yang ada pada saya saat ini , karena bagi saya pribadi ‘’ kebahagiaan bukanlah perkara mendapatkan sesuatu, tetapi kebahagiaan adalah menikmati dan mensyukuri apa yang ada saat ini ‘’ Setiap hari saya merasa bahagia dengan melakukan aktifitas-aktifitas tersebut diatas. Saya merasa bahagia bisa berkebun dirumah bersama istri dan anak-anak saya,  bisa memasak bersama istri, bisa menikmati malam pagi / makan malam bersama keluarga setiap hari serta melakukan berbagai kegiatan dan aktifitas lain bersama keluarga. Pengalaman pernah jauh dari keluarga karena beberapa kali ditugaskan Perusahaan keluar daerah bebeapa tahun membuat saya merasakan betul bahwa jauh dari keluarga sungguh hal tidak mudah untuk dijalani, oleh sebab itu bisa berkumpul dengan keluarga adalah sesuatu yang sangat berharga. Bagi saya ‘’ bisa berkumpul dengan keluarga adalah hal yang sangat membahagiakan dan saya merasa keluarga adalah harta yang paling berharga ‘’         

Pembaca yang hebat…!! ‘’ Bahagia itu ada di sekitar kita ‘’ itulah pengalaman yang saya rasakan. Mungkin anda punya pandangan dan pengalaman yang berbeda dalam hal kebahagiaan, hal itu  bisa dipahami, karena definisi tentang kebahagiaan setiap orang pasti berbeda. Mungkin sebagian orang mengindentikan kebahagiaan dengan segala sesuatu yang berada di luar kita, seperti harta benda yang dimiliki. Rumah yang indah, mobil mewah, jabatan yang bagus, penghasilan yang berlimpah , pasangan hidup dan anak-anak yang tampan dan cantik dsb. Tapi percayalah bahwa itu tidak akan berlangsung seterusnya. Karena  kebahagiaan yang disebabkan hal-hal diluar kita adalah kebahagiaan semu. Kebahagiaan itu akan segera hilang begitu anda berhasil memiliki hal tersebut diatas.  Bahkan anda mungkin akan melirik orang lain yang memiliki barang yang lebih bagus lagi dari yang anda miliki.

Ada kalimat bijak demikian, ”Keinginan-keinginan yang ada pada manusia-lah yang seringkali menjauhkan manusia dari kebahagiaan.” Jadi kebahagian adalah tergantung pada diri kita sendiri, karena   ‘’ Kebahagiaan yang hakiki terletak di dalam pikiranmu dan dirimu sendiri didalam memutuskan untuk bahagia dengan tidak terpengaruh oleh keadaan diluar. “ Coba katakan pada diri sendiri, ”Saya sudah memilih untuk bahagia apa pun yang akan terjadi ” maka anda akan merasa bahagia walaupun tidak memiliki harta yang banyak, walaupun kondisi di luar tidak sesuai dengan keinginan anda. Semua itu tidak akan mengganggu karena anda tidak menempatkan kebahagiaan anda di sana. ” Kebahagiaan itu bukan seberapa banyak harta yang kita miliki, bukan pula seberapa tinggi jabatan kita, bukan pula seberapa banyak orang mengenal kita, tetapi kebahagiaan ada dalam hati yang selalu bersyukur dalam segala situasi “

Jika selama ini ada yang menganggap harta, jabatan dan materi yang menjadi ukuran kebahagian maka cobalah merubah pola pikir seperti itu dan tidak ada salahnya mecoba hal-hal sederhana dibawah ini untuk mendapatkan  kebahagiaan dan ketentraman batin  :

1..Kebahagiaan bukanlah perkara mendapatkan sesuatu.  Hilangkan cara berpikir bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan harus memperoleh sesuatu ( materi, jabatan , pengakuan dari orang dsb ) , karena anda bisa berbahagia jika anda merasa saat ini anda sudah merasa bahagia. Karena kebahagiaan terletak pada pikiran anda.

2. Kebahagiaan adalah jika anda bisa menikmati segala hal yang sudah anda miliki saat ini. Nikmatilah dan gunakanlah apa yang sudah anda miliki saat ini ( rumah, kendaraan, perabotan yang ada dsb ), gunakanlah untuk sesuatu yang baik dan bermanfaat baik untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang disekitar anda.

3. Kebahagiaan adalah jika anda bisa bersyukur dengan situasi dan kondisi apapun yang terjadi. Tetaplah bersyukur baik itu sedang susah apalagi waktu gembira. Orang yang selalu bersyukur tidak akan terpengaruh oleh situasi apapun yang dihadapinya karena dia  percaya segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya diijinkan Tuhan terjadi dalam hidupnya dan pasti ada maksud Tuhan dibalik semua itu.       

4. Kebahagiaan adalah Hidup dekat dengan Tuhan. Jika kehidupan rohani dan iman kita baik serta selalu bertumbuh kita dapat menjalin hubungan yang dekat dengan Tuhan sang pemberi kehidupan, maka hidup kita akan bahagia. Kedekatan itu akan terbangun melalui kegiatan-kegiatan ibadah yang kita lakukan ataupun melalui doa-doa yang kita panjatkan setiap hari kepadaNya.

‘’ Bahagia itu ada di sekitar kita‘’  karena   ‘’ kebahagiaan bukanlah perkara mendapatkan sesuatu, tetapi kebahagiaan adalah menikmati dan mensyukuri apa yang ada saat ini ‘’ Jika hal tersebut bisa dilakukan niscaya hidup ini akan terasa damai dan bahagia, Silahkan anda mencobanya dan nikmatilah kebahagiaan itu.

‘’ kebahagiaan bukanlah perkara mendapatkan sesuatu, tetapi kebahagiaan adalah  menikmati dan mensyukuri apa yang ada saat ini ‘’       

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,326 Pengunjung