Hasil Tidak Mengkhianati Usaha

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Hasil tidak mengkhianati usaha  kalimat itu mungkin sudah sering kita dengar. Dalam ungkapan tersebut terdapat dua kata kunci yaitu hasil dan usaha.  ‘’ hasil ‘’  adalah pencapaian dari usaha yang sudah dilakukan sedangkan ‘’ usaha ‘’ merupakan upaya yang dilakukan seseorang dalam merealisasikan keinginannya terhadap sesuatu hal.  Misalkan seorang karyawan bagian penjualan untuk mencapai target  penjualan tertentu yang ingin dicapai , maka dia harus berupaya dengan sekuat tenaga menawarkan produknya agar bisa terjual , sejauh mana usahanya untuk mencapai target penjualan maka hasilnya juga akan sebanding dengan usahanya. Jika usahanya maksimal maka tentu akan tercapai target yang diinginkan, tetapi jika usahanya tidak maksimal maka Hasilnya juga sebanding dengan usahanya. inilah alasan mengapa ada ungkapan  ‘’ hasil tidak mengkhianati usaha ‘’ Ungkapan tersebut bisa menjadi penyemangat kita untuk selalu berusaha dengan maksimal agar mendapat hasil yang terbaik.

‘’ Hasil tidak mengkhianati usaha ‘’ tentu berlaku dalam semua aspek kehidupan, baik di dunia kerja, pendidikan dll. Kita semua pasti tahu kondisi saat ini dengan berbagai tantangan yang semakin tidak mudah,  jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik  tentu harus ada upaya yang maksimal yang harus dilakukan, karena ketika kita berusaha dengan maksimal untuk mendapatkan sesuatu maka hasil yang akan diperoleh akan sebanding dengan usaha yang telah dilakukan. Walaupun dalam perjalanannya akan ada berbagai rintangan dan hambatan itu adalah dinamika yang memang harus dijalani dan untuk menguji keseriusan kita dalam berusaha dan mengharap hasil yang diinginkan. Selama kita tidak menyerah, terus berusaha dan berjuang semaksimal mungkin maka pastilah kita akan mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.  

Didalam dunia kerja kita menyaksikan  ada karyawan yang bekerja dengan  sungguh-sungguh , ada yang bekerja dengan seadanya saja ( kalau diingatkan pimpinan baru bekerja lebih serius, tetapi kalau pimpinan tidak mengingatkan, yang penting bekerja tetapi tidak ada upaya yang sungguh-sungguh untuk mencapai target )  bahkan ada karyawan yang hanya bekerja secara rutinitas saja dan sudah berada pada zona nyaman , yang penting bekerja,  apakah target tercapai atau tidak masa bodoh..!! yang penting setiap bulan tetap gajian. Jika kita mempunyai karyawan yang seperti itu bagaimana…? Menjengkelkan bukan…? Sikap karyawan yang seperti itu tidak membedakan apakah karyawan tersebut berpendidikan tinggi atau tidak, karena itu bukan masalah tinggi rendahnya pendidikan tetapi lebih karena sikap mental. Bukan karena tidak mampu bekerja dengan sungguh-sungguh tetapi lebih karena memang tidak punya kemauan untuk bekerja dengan lebih maksimal. Kondisi itu terjadi dikarenakan memang karyawan tersebut sudah berada pada zona nyaman atau tidak siap menghadapi tantangan baru , atau memang pemalas.

Pembaca  yang hebat..!! pandemi virus corona membuat setiap orang harus bersikap adaptif atau mengikuti perubahan yang terjadi, karena hampir semua bidang menuntut perubahan , baik didunia kerja, pendidikan, sosial masyarakat dsb. Saat ini dibutuhkan pribadi yang bisa bersikap adaptif  agar tidak tergilas oleh perubahan yang terjadi saat ini. Demikian juga sikap adaptif, konsisten dan pantang menyerah sangat dibutuhkan jika ingin mencapai keberhasilan atau kesuksesan. Jika kita menginginkan hasil yang baik, maka perjuangan yang dilakukan itu harus yang terbaik pula. Jika kita  berjuang dengan setengah hati, maka sebuah kesuksesan juga akan datang sangat lamban. Tidak ada ceritanya seorang yang malas memperjuangkan sesuatu namun berhasil meraih kesuksesan. Perjuangan yang maksimal pasti akan membuahkan hasil yang baik.

Semua hal yang ada didunia ini adalah buah keberanian untuk mengawalinya. Begitu pula untuk mencapai suatu keberhasilan harus ada keberanian untuk memperjuangkannya meskipun untuk itu harus melalui tantangan, kesulitan bahkan kegagalan yang harus dihadapi. Pahitnya kehidupan harus dirasakan terlebih dahulu jika kita ingin meraih keberhasilan yang kita dambakan. Kegagalan demi kegagalan mungkin juga harus dilalui dan itu akan menambah banyaknya  pengalaman dan pelajaran hidup yang dimiliki. Dengan pernah mengalami kegagalan, maka akan terbiasa melewati semua rintangan yang ada dan semakin besar pula harapan untuk meraih keberhasilan atau kesuksesan. Karena itu orang yang berada pada zona nyaman sulit untuk mengalami keberhasilan karena tidak mempunyai keberanian mencoba sesuatu yang baru dan tidak siap menghadapi tantangan yang baru karena takut mengalami kegagalan. 

‘’ Hasil tidak mengkhianati usaha ‘’ karena ketika kita berusaha dengan sekuat tenaga, maka kita akan memperoleh hasil yang sebanding dengan upaya atau usaha yang kita lakukan. Kondisi itu bisa terjadi karena beberapa sebab :

1..Tidak ada ceritanya orang yang malas bisa sukses. Baik dalam dunia kerja ataupun dunia pendidikan untuk mencapai keberhasilan pastilah dibutuhkan usaha yang keras dan sikap pantang menyerah untuk meraih keberhasilan. Jika kita berjuang dengan setengah hati dan tidak serius , maka untuk mencapai keberhasilan akan sangat susah dan perlu waktu yang lama dan mungkin kita sudah ketinggalan oleh orang lain atau pesaing kita yang mempunyai usaha yang lebih maksimal.

2..Hukum tabur tuai itu pasti berlaku. Apa yang kita tabur itu yang kita tuai artinya apa yang kita lakukan kita akan menuai hasilnya. Jika kita melakukan segala sesuatu dengan usaha sungguh-sungguh, konsisten dan pantang menyerah dengan rintangan dan tantangan yang dihadapi. maka pasti usaha yang kita lakukan akan menuai keberhasilan. Itu adalah hukum alam dan sudah terbukti.

3..Berani melangkah dan tidak takut gagal. Orang yang berhasil pasti berani melangkah untuk melakukan sesuatu walaupun mungkin mengalami kegagalan, karena keberhasilan adalah akumulasi dari kegagalan-kegagalan yang pernah dialami dan melakukan perbaikan terus-terus sampai mencapai keberhasilan.

4..Keberhasilan itu butuh proses yang panjang. Setiap orang yang berhasil atau sukses pasti memperolehnya tidak dengan instan dan pasti butuh proses yang panjang untuk meraihnya. Kadang harus mengalami jatuh bangun dan bahkan kegagalan terlebih dahulu. Tetapi semua itu akan terasa manis pada saat dapat meraih semua impian yang telah didambakan.

‘’ Kesuksesan atau keberhasilan hari ini tidak tercipta karena kebetulan atau keberuntungan semata, semua itu terjadi karena akumulasi dari usaha yang pernah dilakukan sebelumnya ‘’ karena itu jangan berharap ingin berhasil atau sukses dengan instan apalagi melakukannya dengan setengah hati atau malas-malasan. ‘’ Keberhasilan dan kesuksesan adalah hak semua orang, tetapi untuk mencapainya perlu diperjuangkan sampai batas maksimal kemampuannya dan tidak ada kata menyerah dalam hidupnya ‘’ Ada kalanya orang-orang berada di puncak kesuksesan, dan ada pula yang belum berhasil menggapainya. Hal itu biasa terjadi karena ‘’ setiap orang memiliki waktu keberhasilan yang berbeda, karena itu diperlukan sikap yang  konsisten dan pantang menyerah untuk memperjuangkan apa yang menjadi harapan dan cita-citanya ‘’  

‘’ Sesungguhnya keberhasilan dan kesuksesan seseorang itu dibangun dari fondasi banyaknya hambatan masalah, kesulitan dan tantangan yang mampu diatasi dan diperjuangkan dengan semangat pantang menyerah sampai mencapai tujuan yang diharapkan ‘’ itulah kunci untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan, karena keberhasilan dan kesuksesan itu tidak datang dengan tiba-tiba tetapi perlu diperjuangkan dengan tetesan keringat, pikiran, perasaan dan air mata, tetapi percayalah semua itu akan indah pada waktunya. 

‘’ Sesungguhnya keberhasilan dan kesuksesan seseorang itu dibangun dari fondasi banyaknya hambatan masalah, kesulitan dan tantangan yang mampu diatasi dan diperjuangkan dengan semangat pantang menyerah sampai mencapai tujuan yang diharapkan ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,267 Pengunjung