Jangan Fokus Hanya Pada Masalah

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Siapa dalam menjalani hidup ini tidak pernah menghadapi masalah…? Pasti semua orang selama masih hidup akan selalu mempunyai masalah, karena masalah bisa datang setiap saat dan bisa terjadi pada siapa saja. Masalah adalah sesuatu yang meyimpang dari apa yang kita harapkan dan tentu saja perlu diselesaikan agar tidak berkepanjangan, tetapi tentu saja setiap orang mempunyai cara yang berbeda dalam menyikapinya. Orang yang terbiasa hidup mandiri dan penuh perjuangan dalam menjalani hidup ini tentu akan berbeda dalam menyikapi masalah yang menimpanya dengan orang yang terbiasa hidup dengan kemanjaan dan semuanya serba tersedia, tanpa bersusah payah untuk mendapatkan apa yang diinginkannya.

Masalah akan selalu ada dalam hidup ini oleh sebab itu ‘’ jangan fokus hanya pada masalah ‘’ sehingga membuat kita terbelenggu oleh masalah dan hidup penuh dengan kekhawatiran, stress bahkan sampai putus asa. Masalah apapun yang menimpa hidup kita ‘’ jangan fokus hanya pada masalah ‘’ tetapi ‘’ fokuslah pada solusi mengatasi masalah ‘’ dan semua itu bisa dilakukan jika kita bersikap tenang, tidak khawatir , berpikir positif dan tetap optimis dalam menghadapinya, karena setiap masalah pasti ada solusinya dan apapun masalah yang terjadi dalam hidup ini tidak akan pernah melebihi kekuatan kita.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Saya mempunyai seorang teman yang mempunyai masalah yang berat dalam hidupnya. Akibat pandemic virus corona suaminya tidak lagi bekerja karena usahanya memproduksi dan berjualan pakaian, tas, handycraft dll  tidak lagi bisa diharapkan karena sangat sedikit sekali customer yang berbelanja bahkan sering tidak ada customer yang membeli produknya sehingga lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Demikian juga teman saya penghasilannya juga berkurang karena sebagai karyawan gajinya dipotong oleh perusahaan tempat dia bekerja dari awal adanya virus corona dan masih berlangsung sampai sekarang. Karena suami tidak bekerja dan penghasilannya berkurang sedangkan biaya hidup terus berjalan tentu membuat teman saya sangat tertekan dengan masalah yang dihadapinya.

Setiap kali saya bertemu dengan teman saya tersebut, dia selalu berkeluh kesah dengan saya dan bingung  menghadapi masalah yang dihadapinya. Saya memberi masukan kepadanya ‘’ jangan fokus hanya pada masalah ‘’ yang terjadi, tetapi cobalah  ‘’ tetap tenang , tetap optimis dan fokus bagaimana mencari solusinya ‘’. Saya memberi masukan-masukan yang diperlukan dan memintanya untuk membicarakan dengan suaminya. Beberapa waktu kemudian saya bertemu dengan teman saya dan dengan gembira dia bercerita  bahwa dia sudah menemukan solusi dalam menghadapi masalah yang dihadapinya. Dia bercerita  bahwa selain tetap bekerja, dia dan suaminya berjualan secara online semua produk yang diproduksi suami dan keluarganya. Selain itu suaminya yang juga membuat  minuman/sirup kesehatan yang dijual secara online dan dijual melalui resaler dan teman-temannya,  ternyata hasilnya sangat menjanjikan dan bisa menyelesaikan masalah keuangan yang dihadapinya. Mendengar hal itu tentu saya sangat senang mendengarnya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat..!! Kesulitan hidup, tantangan, masalah apapun yang terjadi adalah kondisi yang wajar dan dapat dialami oleh setiap orang. Justru melalui tantangan dan masalah yang terjadi  Tuhan mau membawa kita naik kelas, bila kita mampu mengatasinya dan keluar sebagai pemenang. Apapun masalah yang anda hadapi ‘’ jangan fokus hanya pada masalah ‘’ tetapi ‘’ fokuslah pada solusi dari masalah yang dihadapi ‘’ karena apapun masalah yang anda hadapi pasti ada solusinya, karena dalam setiap masalah selalu bersisian dengan solusi. Yang membuat masalah seolah tidak ada jalan keluar karena kita tidak tenang, khawatir dan stress. Apapun masalah yang anda hadapi  Tuhan pasti memberi jalan keluar dan solusi dari permasalahan yang dihadapi jika kita mau datang dan memohon pertolongan-Nya.   

Ketika terjadi masalah ada orang yang dengan cepat mencari jalan keluar, tetapi ada juga yang butuh waktu cukup lama untuk move on. Reaksinya bisa beragam; kaget, mengeluh, bersedih, kecewa, memberontak dsb. Selama menunjukkan sikap yang negative berarti ia belum fokus kepada solusi. Setiap orang tentu bebas memilih fokus pada masalah atau solusi, tetapi pada akhirnya yang dicari adalah solusi. Selain fokus pada solusi, kita juga perlu memahami awal mula sesuatu yang jadi akar masalah. Tanpa tahu awal mula sesuatu masalah, tentunya cenderung sulit melangkah ke depan untuk menemukan solusi. Titik awal itu adalah keputusan yang tepat. Ketika kita mengambil keputusan apapun pasti kita harus pertimbangkan juga segala sesuatu yang mungkin terjadi kemudian karena semua pilihan itu ada dampaknya, dengan begitu kita jadi terhindar dari kesalahan yang sama.

‘’Jika pikiran kita hanya fokus pada masalah, maka masalah yang kecil akan menjadi besar, karena itu fokuslah pada solusi yang harus dilakukan bukan pada masalahnya “ karena itu membiasakan diri fokus mencari solusi adalah mindset yang harus kita kembangkan dalam setiap masalah yang terjadi. Apa ciri-ciri mindset fokus pada solusi :

1..Berpikir positif.

Apapun masalah yang terjadi tetaplah berpikir positif karena dalam setiap masalah pasti ada sesuatu yang baik dibalik semua itu. Dengan berpikir positif sebetulnya sebagian masalah sudah bisa teratasi, karena seseorang yang berpikiran positif akan bertindak solutif dan dia percaya  pasti akan ada solusi dalam menyelesaikan masalah yang terjadi, sebaliknya dengan berpikir negative maka segala sesutau seolah tidak ada jalan keluar. 

2..Analisa Sumber Masalah.

Dalam setiap masalah pasti ada sumbernya, untuk itu anda harus menganalisa sumber masalahnya, dengan demikian bisa diambil solusi yang paling tepat dalam menyelesaikan masalah yang ada. Jika sudah ketemu akar masalahnya segeralah ambil tindakan untuk menyelesaikannya tentu saja dengan sudah memikirkan betul langkah-langkah yang harus dilakukan dan sudah mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang terjadi.

3.. Jangan hanya diam tetapi cepatlah bertindak. 

Jangan terlalu lama berdiam diri , apalagi menghindari masalah, segeralah bertindak dan mengambil sikap atas permasalahan yang terjadi , karena jika anda bertindak cepat maka permasalahan juga akan cepat diatasi, tetapi sikap tenang tetap diperlukan. Tindakan yang anda lakukan bisa mulai dari mencari-cari informasi, atau bertanya pada orang yang lebih ahli. pasti Tuhan akan membuka jalan. Inilah kesempatan anda untuk dapat berkembang lebih baik lagi, setidaknya akan selalu ada kebaikan dibalik kenyataan pahit yang anda hadapi. Masalah tak akan ditemukan solusinya jika hanya dipikirkan tanpa adanya tindakan. 

4.. Berpikir kreatif.

Masalah yang terjadi kadang tidak hanya memiliki satu penyelesaian, namun ada banyak cara yang digunakan , untuk itu kita harus berpikir kreatif dalam menyelesaikan masalah dan jangan terpancang hanya pada satu cara saja. Lakukan berbagai explorasi terhadap berbagai kemungkinan yang bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut sampai menemukan solusi yang paling tepat. Berpikirlah out of the box. Dengan adanya berbagai cara atau inovasi yang dilakukan tidak menutup kemungkinan adanya inovasi yang baru.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Masalah akan selalu ada dalam hidup ini, tetapi  ‘’ jangan fokus hanya pada masalah , tetapi fokuslah pada solusi menyelesaikan masalah agar tidak terbelenggu oleh masalah yang menimpa kita , karena dalam setiap masalah pasti ada solusinya ‘’.  Sebesar dan seberat apapun masalah yang harus dihadapi kita harus tetap berpikir positif dan tetap optimis dalam menjalani hidup ini.  ‘’ Kadang kita terlalu fokus pada masalah sehingga membuat hidup tertekan dan terasa berat, tetapi kita melupakan ada banyak hal positif yang sudah terjadi dan membuat kita harus tetap bersyukur ‘’. Kita harus yakin dan percaya bahwa dalam setiap masalah pasti ada solusi dan jalan keluar, karena itu marilah kita selalu berpikir positif dan optimis dalam menghadapi apapun masalah yang terjadi dalam hidup ini. Amin…

‘’ jangan fokus hanya pada masalah , tetapi fokuslah pada solusi menyelesaikan masalah agar tidak terbelenggu oleh masalah yang menimpa kita , karena dalam setiap masalah pasti ada solusinya ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung