Ketika Kehidupan Menjatuhkanmu

4 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Siapa dari kita yang tidak pernah merasakan tekanan hidup..? Apapun status social seseorang , profesi dan bagaimanapun tingkat kemapanan hidup , tetapi yang namanya tantangan hidup dan tekanan hidup pasti akan kita rasakan. Bahkan ada kalanya kita akan berada pada situasi dimana kita merasa tidak dapat lagi berbuat apa-apa untuk menyelesaikan masalah yang ada dan hidup terasa sangat berat sekali sehingga tidak tahu lagi harus berbuat apa. Semua jalan sudah dicoba tapi sepertinya belum ada jalan keluar.

Saya mempunyai seorang teman yang mengalami tekanan hidup yang sangat berat dalam hidupnya sehingga semangat hidupnya betul-betul runtuh dan hidup terasa berat sekali. Masalah berat yang dihadapinya adalah ketika satu-satunya anak  perempuan ( 7 thn ) yang sangat disayangi dan yang paling bungsu dari empat bersaudara divonis menderita terkena kanker darah. Anak yang begitu ceria, lucu dan menjadi penghibur bagi keluarga, dalam usia yang masih sangat muda harus terkena penyakit yang begitu berat, sungguh begitu berat pendertiaan yang dialaminya.

Teman saya dan keluarganya tentunya sangat terpukul, karena selama ini tidak ada gejala yang memperlihatkan anak yang sangat disayangi terkena kenker darah. Awalnya hanya karena sakit panas yang tidak kunjung sembuh dan setelah diperiksa dengan intens ternyata di vonis terkena kanker darah dan harus menjalani operasi cangkok sumsum tulang belakang dan setelah itu untuk jangka panjang harus menjalani kemoterapi belasan kali. Orang tua mana yang siap dengan kondisi itu.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Waktu saya mendengar cerita itu saya juga ikut sedih dan berusaha memberi penghiburan dan kekuatan, tetapi memang tidak mudah untuk teman saya bisa bangkit dan menerima kenyataan itu. Teman saya berkata ‘’ orang yang tidak mengalami memang bisa menghibur dan berusaha menguatkan tetapi kalau dia sendiri yang mengalami seperti yang saya rasakan belum tentu juga dia akan kuat menghadapinya ‘’ Mendengar ungkapan teman saya tersebut saya terdiam sejenak dan membiarkan dia merasa tenang.

Setelah teman saya cukup tenang saya berkata ‘’ Saya bisa merasakan bahwa kamu sangat sedih dan berat sekali menghadapi itu dan saya hanya bisa memberi nasehat , berdoalah dengan sungguh-sungguh serta mintalah kekuatan dari Tuhan agar diberi kekuatan dan kemampuan untuk mengatasi masalah yang saat ini menimpamu, karena hanya Dialah  satu-satunya yang akan memampukan dan memberi kekuatan kepadamu ‘’  Saya sampaikan kepada teman saya, saya tidak hanya sekedar memberi saran, tetapi saya juga pernah mengalami masalah yang tidak jauh berbeda denganmu bahkan lebih berat.

Saya ceritakan kepada teman saya bahwa orang yang saya kasihi dan yang melahirkan anak-anak saya dipanggil Tuhan pada Tahun 2013 karena sakit Kanker. Tidak hanya sampai disitu , pada  tanggal 20 Januari 2019, anak laki-laki satu-satunya yang sangat saya cintai dipanggil Tuhan dalam usia yang masih sangat muda ( 18 tahun + 4 bulan ) karena kecelakaan lalu lintas, padahal 1 jam sebelumnya saya baru saja berkomunikasi dengannya melalui whatsapp. Kalau sampai saat ini saya masih semangat bekerja dan tetap optimis dalam menjalani hidup ini, itu semua hanya karena ‘’ KEKUATAN DARI TUHAN  ‘’  dan itulah yang selalu saya minta dalam setiap doa saya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Pembaca yang hebat…!! Ketika kehidupan menjatuhkanmu ‘’ kita bisa memilih mau bangkit atau tidak. ” Hidup adalah perjalanan bukan pelarian, ketika ada masalah jalanilah dan jangan berlari, karena lari dari masalah tidak akan menyelesaikan masalah justru akan menimbulkan masalah baru “ Berlari dari kenyataan hidup ini tidak menyelesaikan masalah justru akan menimbulkan masalah yang baru. Oleh sebab itu apapun yang sedang anda hadapi saat ini, baik sakit penyakit, masalah keluarga, kondisi keuangan yang berat ,  masalah dalam pekerjaan, pendidikan dsb. Anda  harus yakin dan percaya bahwa semua  itu pasti sanggup Anda hadapi.

” Ketika hidupmu terasa berat jangan pernah menyerah untuk menghadapinya karena  kesulitan dan permasalahan dalam hidupmu akan membentuk karakter dan imanmu menjadi lebih kuat dan tahan uji “ Kalau saat ini Anda sedang menghadapi masalah yang berat dan seolah datang bertubi-tubi, tidak ada salahnya Anda melakukan langkah-langkah sbb :

1.Berdoa dan minta pertolongan Tuhan. Ketika Anda sudah berusaha dengan segala cara untuk mengatasi masalah yang terjadi tetapi tidak kunjung ada jalan keluar berdoalah dengan sungguh-sungguh kepada Tuhan dan sampaikan semua masalahmu kepada Tuhan mohon kekuatan dari-Nya dan jangan malu untuk mengakui bahwa kita adalah manusia yang lemah dengan segala keterbatasan

2. Jangan pernah lari dari permasalahan yang Anda hadapi. Apapun permasalahan yang Anda alami saat ini, hadapilah dan jangan lari karena setiap masalah yang terjadi pasti Tuhan sudah menyiapkan jalan keluar dan kalau diperlukan konsultasi datanglah pada orang yang dapat dipercaya dan orang yang tepat.

3. Tetaplah tenang dalam menghadapi masalah yang Anda hadapi. Bersikap tenang dan tidak larut dalam emosi sangat diperlukan dalam setiap masalah, seberat apapun masalah yang Anda hadapi. Dengan bersikap tenang Anda akan dapat berpikir jernih sehingga dapat mengambil langkah yang tepat dan dapat membawa ketenangan juga untuk orang-orang disekitar Anda.

4. Yakin dan percayalah bahwa Tuhan tidak pernah mencobai umat-Nya melebihi kekuatannya. Walapun mungkin masalah yang Anda hadapi hasil akhirnya tidak sesuai harapan Anda tetapi percayalah kalau semua itu Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup Anda  pasti ada maksud Tuhan dibalik semua itu, walaupun Anda mungkin tidak siap menerimanya tetapi percayalah bahwa itulah yang terbaik bagi Anda. Berusaha belajar mengerti rencana Tuhan dalam hidup Anda dan tetap beryukur dalam segala keadaan   

Gambar : Dokumentasi pribadi

Kehidupan manusia tidak akan terlepas dari berbagai  peristiwa, rintangan, tantangan, pengalaman dan kesempatan. Semua itu adalah pelajaran hidup dari setiap insan ciptaan-Nya agar menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari. Pengalaman hidup adalah guru yang terbaik yang akan mengajarkan banyak hal dalam hidup ini sehingga semakin hari kita akan semakin bijak dalam menjalani kehidupan. Tetaplah selalu berpikir positip dan optimis dalam melangkah dan menjalani kehidupan ini karena kita adalah pemenang-pemenang kehidupan. Amin..

” Hidup adalah perjalanan bukan pelarian, ketika ada masalah jalanilah dan jangan berlari, karena lari dari masalah tidak akan menyelesaikan masalah justru akan menimbulkan masalah baru “

( F. Kristiono )

4 Replies to “Ketika Kehidupan Menjatuhkanmu”

  1. Semoga tulisan ini menguatkan saya dan keluarga saya utk sll berserah pada Tuhan apapun yg tjd. Aamiin.trmksh inspirasinya🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung