Semangat Laba-laba

0 Comments


Gambar dari : Dokumentasi Pribadi


Saya sangat menyenangi pekerjaan berkebun. Setiap hari, baik pagi atau sore, saya selalu menyempatkan waktu untuk selalu melihat-lihat tanaman yang saya tanam baik dihalaman depan rumah maupun dihalaman belakang dan terutama tanaman anggrek, karena memang anggrek merupakan tanaman favorite istri saya dan akhirnya juga menular ke saya juga. Setiap pagi atau sore, saya selalu sempatkan menyirami dengan air semua tanaman, baik yang ada di halaman depan atau belakang rumah.

Setiap saya menyiram tanaman selalu saya lihat ada laba-laba yang menggelantung di sarangnya diantara tanaman yang ada. Ketika saya menyiram tanaman dengan selang air, otomatis laba-laba itu juga terkena air sehingga sarangnya kadang rusak. Tetapi saya perhatikan laba-laba tersebut tetap bertahan ditempatnya dan memperbaiki sarangnya kembali. Suatu ketika saya iseng dengan sengaja menyiram laba-laba dan sarangnya dengan tujuan agar laba-laba tersebut pergi dari sarangnya. Tetapi sungguh diluar dugaan saya, walaupun sarangnya rusak dan laba-laba tersebut beberapa kali terjatuh dari sarangnya, laba-laba tersebut tetap kembali ke sarangnya dan beberapa waktu kemudian laba-laba tersebut memperbaiki kembali sarangnya.

Suatu hari hujan turun dengan dengan derasnya dan angin bertiup sangat kencang sehingga merusak sarang laba-laba tersebut dan laba-laba tersebut pergi dari sarangnya karena sudah tidak bisa ditempati. Tetapi sungguh luar biasa, beberapa hari kemudian si laba-laba sudah kembali ketempat semula dengan sarangnya yang baru dan dibuat lebih lebar, lebih kuat dan si laba-laba menempati kembali sarangnya yang baru. Si laba-laba dengan sabar berdiam di sarangnya sambil menunggu binatang-binatang kecil seperti lalat, nyamuk, serangga dan binatang-binatang kecil terjerat di sarangnya untuk menjadi santapan yang lezat bagi si laba-laba.

Pembaca yang hebat..!! jika kita semua punya semangat dan tekad yang kuat seperti laba-laba tersebut, niscaya kita pasti akan menjadi orang yang sukses dan tahan uji. Laba-laba itu begitu kecil, tetapi memiliki semangat pantang menyerah yang luar biasa! Dalam hal ketabahan dan keuletan, kita semua harus belajar dari semangat laba-laba itu. Laba-laba tersebut tidak mudah menyerah walaupun harus jatuh bangun dan terusir dari sarangnya berkali-kali, tetapi dengan semangat yang luar biasa dia tetap bangkit kembali membangun sarangnya. Si laba-laba tidak peduli hujan badai sekalipun tidak meruntuhkan semangatnya untuk kembali berjuang membangun sarangnya dan mencari makan untuk kehidupannya. Sebagai mahluk ciptaan Tuhan yang lebih sempurna harusnya kita juga mempunyai tekad dan semangat yang melebihi si laba-laba.

Di jaman sekarang dimana persaingan begitu keras, keberhasilan dan kesuksesan seseorang tidak bergantung ke orang lain tetapi bergantung kepada diri sendiri, sejauh mana mempunyai semangat untuk berjuang. Untuk mencapai yang dicita-citakan, kita harus mempunyai kegigihan untuk berjuang dan semangat pantang menyerah. Apapun persoalan yang dihadapi merupakan batu penguji yang harus dipecahkan dan dihadapi dengan penuh keberanian. Kita harus membiasakan diri melihat setiap masalah yang muncul sebagai sesuatu yang wajar dan harus dihadapi, bukan menghindar dari masalah.” Ketabahan seseorang menghadapi masalah dan penderitaan dalam hidupnya, akan meningkatkan kekuatan yang ada didalam dirinya dan akan membuat karakter dan imannya juga berkembang. “

” Sesungguhnya, kualitas kematangan mental seseorang dibangun dari fondasi banyaknya hambatan masalah, kelemahan, dan problem kesulitan yang mampu diatasi. “ Dengan bekal kegigihan, ketabahan dan usaha yang konsisten, kesuksesan yang dipeoleh pasti berkualitas dan membanggakan. Untuk itu kiya harus mempunyai kepribadian dan mental sebagai berikut :

1. Jangan mudah terpengaruh oleh keadaan.

Seberat apapun persoalan yang sedang dihadapi janganlah terpengaruh oleh keadaan, sekalipun itu buruk keadaannya, tetapi percayalah Tuhan akan memberi jalan keluar selama kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh dan berserah kepada-Nya. Doa mampu menutup mata jasmani kita sehingga tak mudah terpengaruh oleh keadaan dan kenyataan pahit yang sedang terjadi dalam hidup kita, karena semua masalah yang kita hadapi adalah proses untuk membentuk karakter dan mental kita menjadi kuat dan tanggguh dalam segala keadaan. Tuhan tidak pernah menguji umatnya melebihi kekuatannya.          

2. Jangan bediam diri.

Tatkala menghadapi persoalan, janganlah bersikap pasif atau berdiam diri saja. Bertindak dan berdoalah kepada Tuhan, mohon pertolongan dan petunjuk dari Tuhan agar ada jalan keluar dari setiap kesulitan yang dihadapi. Tuhan tidak tertarik dengan masalah kita, tetapi Tuhan sangat tertarik pada iman kita. Tindakan iman kita, dapat menarik perhatian Tuhan kepada kita.  “Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati” Untuk itu kita harus punya prinsip “ora et labora” berdoa minta pertolongan Tuhan dan bersikap aktif/bekerja untuk mengatasi masalah yang kita hadapi.

3. Jangan berhenti berjuang.

Jangan pernah berhenti berjuang untuk menggapai yang dicita-citakan dan siap selalu mengatasi masalah yang harus dihadapi. Sikap yang pantang menyerah dan tidak berhenti untuk berjuang merupakan sebuah jalan yang akan membawa kita kepada perbuatan iman untuk menerima pertolongan dari Tuhan. Jangan pernah berhenti untuk berjuang menggapai yang diinginkan dan jangan mudah menyerah, sebab  Tuhan sangat menghargai orang  yang pantang menyerah. Apapun yang sedang kita alami saat ini, jangan menyerah, tetap berharap pada pertolongan Tuhan. Karena Dia tidak akan meninggalkan orang  yang selalu berharap kepada-Nya.

Selama kita masih hidup didunia ini maka masalah akan selalu ada, masalah itu baru tidak ada jika kita sudah meninggalkan dunia ini, jadi masalah adalah bagian dari hidup manusia sejak dia lahir sampai menjadi tua dan sampai berakhir hidupnya. Masalah harus diselesaikan, jangan didiamkan apalagi lari dari masalah, karena tidak akan menghasilkan apapun, tidak akan membentuk anda jadi apa-apa dan tidak menemukan solusinya. Selama kita masih memiliki semangat untuk berjuang dalam menjalani hidup maka sebesar apapun masalah yang harus dihadapi pasti akan ada jalan keluarnya.‘’ Jangan pernah padamkan semangatmu, karena semangat itu seperti api yang menghidupkan, seperti air yang menyegarkan dan seperti angin yang menggerakkan, semangat akan menghasilkan kemauan untuk kita bergerak meraih harapan. ‘ Jangan kalah dengan keadaan, jangan lemah karena masalah, tetaplah berusaha dan berserahlah pada Tuhan dan berjuang terus sampai batas maksimal kemampuanmu dan bukan menyerah ‘’ Masalah apapun yang terjadi akan mendatangkan kebaikan, jika kita mampu melihatnya dengan cara pandang yang benar dan meresponnya dengan sikap yang benar juga ‘’

” Kualitas karakter seseorang akan teruji melalui berbagai peristiwa dalam hidupnya, baik melalui keberhasilan, kemewahan dan kelimpahan maupun melalui tantangan, kesulitan dan penderitaan yang dialami. “ Jika kita konsisten melakukan ke 3 hal tersebut diatas dan selalu berserah dan berharap pada Tuhan percayalah kesuksesan, keberhasilan akan menanti kita dan sebesar apapun masalah atau kesulitan yang dihadapi pasti akan dapat terselesaikan dengan baik. Amin…..

” Kualitas karakter seseorang akan teruji melalui berbagai peristiwa dalam hidupnya, baik melalui keberhasilan, kemewahan dan kelimpahan maupun melalui tantangan, kesulitan dan penderitaan yang dialami “

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung