Tenang Dalam Situasi Sulit

0 Comments


Gambar : Dokumentasi pribadi


Semua orang pasti membutuhkan ketenangan dalam menjalani hidup ini, namun di hari-hari ini ketenangan itu seolah-olah semakin menjauh dari kehidupan manusia. Bagaimana bisa hidup tenang kalau setiap hari mendengar dan melihat berita-berita yang menakutkan dan mencemaskan mengenai ‘’ Virus Corona ‘’ yang menghiasi berbagai media yang ada diberbagai belahan dunia. Walaupun jauh-jauh hari sebelumya berbagai virus pernah melanda di berbagai negara seperti : Ebola, SARS, MERS, H7N9 dan HIV yang lebih berbahaya dari Virus Corona, tetapi kehebohannya tidak melebihi berita mengenai Virus Corona karena penyebarannya yang begitu cepat, lebih dari 150 negara yang sudah terkena dan  menimbulkan korban jiwa begitu besar dan mengguncangkan perekonomian suatu Negara.

Saat Virus Corona/Covid -19 pertama kali muncul di Wuhan, China, akhir tahun 2019 mungkin ada sejumlah pejabat negara yang berpikiran bahwa negara mereka bisa lolos dari penyakit tersebut, termasuk di Indonesia. Tetapi dengan berjalannya waktu, sekarang semua negara termasuk Indonesia harus betul-betul serius mengatasi penyebaran Covid-19 agar tidak semakin meluas dan tentu saja mencari solusi untuk pengobatannya. Karena penyebarannya yang begitu cepat dan sangat membahayakan masyarakat maka kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa dalam jumlah banyak ( pendidikan, kegiatan ibadah, pekerjaan ) terpaksa harus ditiadakan/ditunda atau dilakukan dirumah. Bahkan semua perjalanan dari dalam dan keluar negeripun harus ditunda atau dibatalkan.

Mencegah agar tidak terkena Covid-19 saja sudah membuat kita semua bingung, cemas, kuatir dan mungkin juga stress, belum lagi dampak-dampak yang lain seperti kenaikan harga alat-alat kesehatan yang terkait dengan hal itu serta harga kebutuhan pokok dll yang juga ikut naik dan berbagai dampak yang lain yang akhirnya  pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari  juga harus meningkat tentu membuat beban masyarakat menjadi semakin berat terutama kalangan masyarakat menengah kebawah.

Pembaca yang hebat…!!! ‘’ Kita perlu bersikap tenang pada saat masalah datang, jika tidak tenang dan hati terus bergejolak, sulit bagi kita untuk membuat tindakan yang tepat. ‘’ Bagaimana kita harus menyikapi permasalahan yang terjadi dan perlu juga dipikirkan dan dicari jalan keluarnya .

Apapun kondisi yang saat ini anda hadapi tidak ada salahnya melakukan langkah-langkah sbb :

1..Tetap tenang dan jangan panik.

Sesulit apapun situasi yang anda hadapi saat ini tetaplah tenang dan jangan panik agar anda bisa berpikir jernih dan tetap waspada dalam menyikapi situasi yang terjadi serta dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dan  bijak. Kita seringkali dikalahkan oleh masalah bukan karena kita terlalu lemah, atau masalahnya tarlalu berat tetapi karena kita panik, gugup, cemas , kuatir dan takut. Dengan bersikap tenang anda akan mendapat kekuatan untuk mengatasi situasi sesulit apapun. Orang yang tenang, pada saat berdoa bukan hanya menyampaikan apa yang menjadi keinginannya kepada Tuhan, tetapi juga mendengar dan mengerti apa yang  menjadi kehendak Tuhan.

2..Lebih mendekatkan diri kepada Tuhan dan banyak berdoa.

Kita harus percaya situasi apapun yang terjadi saat ini atas seijin Tuhan dengan demikian memohon pertolongan Tuhan itu adalah hal yang wajib dan percayalah Tuhan pasti memberi jalan keluar, karena dimana ada masalah pasti ada jalan keluar. Dengan banyak berdoa dan mendekatkan diri Kepada Tuhan membuat diri  kita juga akan tenang dan dapat berpikir jernih.

3.. Tetap bersyukur.

Memang tidak mudah untuk bersyukur dalam situasi yang sulit, tetapi  bersyukur jauh lebih baik dibandingkan anda hanya mengeluh, menggerutu, mencari kesalahan orang lain ataupun stress dengan situasi yang anda hadapi karena akan membuat situasi tidak semakin baik.  Dengan tetap  mengucap syukur atas situasi sulit yang sedang anda hadapi sebetulnya anda meyakini bahwa Tuhan pasti akan memberi jalan keluar  dan bahkan akan ada sesuatu yang baik/indah dibalik situasi yang terjadi. Tuhan pasti lebih senang anda bersyukur daripada hanya mengeluh atau menggerutu dan pasti memberi jalan keluar.

4..Mengambil hikmah/sisi yang positip dibalik setiap kesulitan yang terjadi.

Dibalik setiap kesulitan yang anda hadapi pasti ada hikmah/sisi positip yang bisa diambil oleh sebab itu mengevaluasi diri dan mengambil sisi positip serta melakukan perbaikan-perbaikan dalam setiap tindakan yang akan dilakukan, perlu terus diupayakan.

5..Kesulitan / masalah tidak akan melebihi kekuatan Anda.

Yakin dan percayalah kesulitan yang anda hadapi pasti bisa diatasi, karena Tuhan tidak pernah mencobai insan-Nya melebihi kekuatannya. Anda hanya diminta perlu lebih tenang, bersabar, berusaha mencari jalan keluar , berdoa dan berserah sepenuhnya kepada-Nya.

Gambar : Dokumentasi pribadi

Kesulitan dalam hidup ini akan dihadapi semua orang, walaupun kita sudah berusaha untuk menjadi orang yang baik, sudah berusaha melakukan yang terbaik atau sudah berusaha semaksimal mungkin dalam segala hal, kesulitan dalam hidup tetap akan ada. ‘’ Dengan bersikap tenang kita akan dapat mengatasi setiap kesulitan, karena bukan kesulitan yang mengalahkan kita, tetapi karena rasa cemas , panik, kuatir dan ketakutan yang terlalu berlebihan ‘’ Walaupun di tengah berbagai kesulitan yang harus dihadapi kita harus tetap.bersikap tenang. ” Ketenangan bukanlah sebuah keadaan, tetapi sebuah keputusan, walaupun situasinya kelihatan sulit dan menakutkan kita bisa membuat sebuah keputusan untuk tetap berlaku tenang agar dapat mengambil tindakan dengan tepat. “ Selain itu jangan pernah berhenti berharap kepada Tuhan, karena sesulit apapun masalah yang kita hadapi Tuhan pasti akan memberi jalan keluar serta kekuatan agar tetap bisa tetap bertahan di dalam menghadapi setiap kesulitan yang terjadi. Karena kesulitan itu akan membuat kita lebih tahan uji, kuat, lebih sabar dan lebih dekat kepada Tuhan. Amin…

‘’ Dengan bersikap tenang kita akan dapat mengatasi setiap kesulitan, karena bukan kesulitan yang mengalahkan kita, tetapi karena rasa cemas , panik, kuatir dan ketakutan yang terlalu berlebihan ‘’

( F. Kristiono )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Posts

About

Inspiring Says atau dalam Bahasa Indonesia berarti
“perkataan yang menginspirasi”
adalah suatu web yang berisi cerita bermakna yang memiliki tujuan untuk menginspirasi pembacanya untuk selalu memiliki sikap dan pandangan yang positif dalam menjalani kehidupan.

Selamat membaca.

Regards,
F. Kristiono

Statistik Pengunjung

  • 30,305 Pengunjung